Makanan sehat seringkali dianggap tidak enak, padahal masih banyak jenis makanan sehat yang terasa lezat. Mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi tubuh dari ancaman berbagai macam penyakit. Dengan rutin mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat, dapat memberika  nutrisi berbeda- beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu, apa saja makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap hari untuk melengkapi gizi harian tubuhmu? Berikut ulasannya.

Beragam pilihan makanan sehat

Credit: Halodoc

Pada umumnya, makanan sehat sudah mencakup berbagai macam nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi sehari- hari, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Selain sayur, buah juga sangat penting untuk dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, berikut adalah beberapa buah yang popular dan kaya akan nutrisi:

  • Apel. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan lainnya.
  • Jeruk. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.
  • Alpukat. Kaya akan lemak sehat, kalium, dan juga vitamin C.
  • Pisang. Merupakan salah satu sumber kalium.
  • Buah- buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Jenis buah- buahan ini kaya akan antioksidan dan juga serat, serta rendah kalori.

Mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut ini merupakan kelompok makanan sehat utama lain selain sayuran dan buah- buahan, yang harus kamu konsumsi:

  • Daging dan telur

Credit: Tasting Table

Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung banyak nutrisi. Daging sapi tanpa lemak merupakan salah satu sumber protein dan zat besi yang tinggi, dibandingkan dengan daging lainnya. Sedangkan, telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena tinggi akan protein, vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan zat antioksidan.

  • Kacang- kacangan dan biji- bijian

Credit: Healthline

Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan mengandung banyak nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.

  • Ikan dan makanan laut lainnya

Credit: Inspired Taste

Beragam makanan lain terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan ikan laut cenderung memiliki umur yang lebih panjang dan memiliki risiko lebih rendah terserang banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

  • Susu

Credit: Medical News Today

Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Kamu bisa mengonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahannya, seperti keju. Atau susu yang difermentasikan menjadi yogurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Kenali berbagai jenis makanan yang perlu dihindari

Credit: The Jakarta Post

Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, kamu juga sebaiknya mengenali makanan yang harus dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan. Pertama, hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Karena apabila sering dikonsumsi, hal ini dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan juga keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi nilai nutrisinya sedikit. Selain itu, makanan cepat saji juga dapat mendorong porsi makan menjadi berlebihan.

Hindari juga makanan atau minuman tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi makanan ini, sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja.

Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga kesehatan serta meningkatkan kesehatan tubuhmu. Agar tidak mudah bosan, kamu bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat setiap harinya. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehatmu dengan pola hidup yang sehat juga. Yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup, dan rutin olahraga. Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harianmu.

 

Featured Image - Medicalnewstoday