Klaster keluarga disebut menjadi salah satu penyebab masih tingginya penularan virus corona. Kondisi yang satu ini dapat disebabkan oleh kegiatan berkunjung ke rumah sanak saudara – atau teman, alias menerima tamu berkunjung ke rumah. Memang terkesan remeh, namun hal ini mesti diwaspadai. Sebab, transmisi virus corona yang terjadi di dalam rumah lebih mudah terjadi, lho.

Kondisi yang satu ini merupakan penularan Covid-19 di dalam rumah. Misalnya, jika ada satu anggota yang terinfeksi, maka ada kemungkinan ia bisa menularkan ke anggota keluarga lainnya. Dengan demikian, penyebaran virus dikhawatirkan terjadi secara masif, bahkan bisa menularkan ke tetangga sekitar rumah.

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus yang mengatur boleh atau tidaknya seseorang bertamu di masa pandemi. Keputusan menerima si tamu juga dapat dikembalikan pada sang tuan rumah. Tetapi, tidak menerima tamu di masa pandemi termasuk salah satu cara memutus mata rantai penularan, lho.

Hal tersulit dari urusan yang satu ini, yaitu ketika seseorang yang hendak bertamu tiba-tiba sudah berada di depan rumah. Rasanya sulit untuk menolak, tapi di sisi lain ada kekhawatiran akan penularan virus. Kalau sudah begini, apa yang bisa dilakukan, ya?

Berikut ini 4 tips yang dapat diterapkan, yuk simak sampai habis ulasannya ya, Enervoners!

 

 

#1 – Beri Tahu Dengan Cara yang Sopan

Credit Image - kompasiana.com

Ada kerabat atau teman yang tiba-tiba sudah sampai di depan rumah untuk bertamu? Untuk menolaknya, kamu bisa menyampaikan alasan yang sebenarnya, kok. Tenang, menolak tamu selama pandemi bukanlah tindakan yang salah. Dalam hal ini, kamu bisa mengatakan kondisi secara jujur.

Katakan kepada tamu bahwa selama masa pandemi ada baiknya kedua belah pihak benar-benar menjaga jarak – atau tidak melakukan kontak langsung dengan orang lainnya. Hal tersebut tentu saja termasuk tidak menerima tamu dahulu, ya.

Sampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Kamu dapat menghubungi melalui telepon maupun chat, menulis pada selembar kertas yang kemudian ditunjukkan di balik jendela, atau cara lain yang menurutmu nyaman untuk dilakukan.

 

#2 – Katakan Bahwa Ini Merupakan Usaha Saling Menjaga

Tidak bertamu atau tidak menerima tamu selama pandemi memang termasuk untuk saling menjaga kesehatan satu sama lain, lho. Jadi, ketika kamu menolak tamu yang sudah berada di depan rumah, katakan alasan mengapa saat ini sebaiknya tidak bertemu terlebih dahulu. Tidak perlu merasa segan, karena hal tersebut demi kebaikan bersama!

Kamu bisa sampaikan kepada tamu bahwa dengan cara ini, sebenarnya sedang saling menjaga, serta mencegah kemungkinan terjadinya penularan virus. Pasalnya, tidak ada yang tahu apakah kondisi tubuh sudah benar-benar sehat – atau justru tidak. Kalau alasan tersebut tidak bisa diterima oleh si tamu, tidak apa-apa, setidaknya kamu sudah berusaha untuk saling menjaga, kan?

 

#3 – Sampaikan Kalau Ada Kelompok yang Rentan Terinfeksi

Credit Image - alodokter.com

Apakah di rumahmu ada kelompok yang rentan akan terinfeksi virus corona, seperti lansia, atau penderita komorbid? Kalau begitu, tindakan menolak tamu merupakan langkah yang tepat, lho. Sebab, bisa saja tamu menjadi carrier virus, kemudian anggota keluarga yang rentan tersebut justru terpapar Covid-19. Hati-hati, kelompok rentan berisiko tinggi alami gejala berat, bahkan ada risiko kematian yang turut mengintai.

Dalam satu rumah, biasanya ada anggota keluarga yang tergolong dalam kelompok rentan. Jadi, mereka semua jelas termasuk orang yang membutuhkan perhatian ekstra. Berikan pengertian kepada tamu bahwa ada kelompok rentan yang harus dijaga.

 

#4 – Menolak Tamu Bukan Memutus Silahurahmi, Kok

Tenang saja, menolak kedatangan tamu selama pandemi Covid-19 bukan berarti memutus tali silaturahmi, kok. Kamu masih tetap bisa melakukan komunikasi dengan kerabat maupun teman via online, baik melalui chat, video call, atau dengan telepon. Cara ini tentunya lebih aman dilakukan, ketimbang harus bertemu langsung.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan hampers. Katakan bahwa sebelum bisa bertemu, kamu akan mengirimkan makanan – atau barang untuk teman dan saudara. Dengan demikian, kesehatan bisa saling terjaga, dan risiko penularan virus dapat diminimalisir.

 

Jadi, itulah keempat tips yang dapat diterapkan untuk menolak kedatangan tamu selama pandemi Covid-19. Namun, jika kamu terpaksa harus menerima tamu tersebut, tetap patuhi prokes dan batasi waktu pertemuan, ya!

 

 

Featured Image - portalmadura.com

Source - instagram.com/@pandemictalks