Apakah kamu termasuk yang memiliki masalah lambung sensitif? Wah, kalau begitu, mengonsumsi suplemen vitamin C mungkin merupakan hal yang cukup tricky bagimu.

Bukan tanpa alasan, pasalnya vitamin C mengandung asam yang dapat memicu rasa tidak nyaman pada pencernaan, lho. Tetapi, bukan berarti kamu boleh melewatkan asupan yang satu ini, vitamin C tetap diperlukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin C memiliki peran penting dalam memelihara kekebalan tubuh, sekaligus mengoptimalkan seluruh fungsinya. Jadi, tidak heran kalau kamu dianjurkan rutin memenuhi asupan vitamin C, baik dari sumber makanan, maupun konsumsi suplemen vitamin C yang bagus dan tepat untukmu.

Untuk kamu yang punya masalah tersebut – dan ingin mengonsumsi suplemen vitamin C, jangan khawatir, sebab ada 5 tips yang dapat kamu terapkan agar lambung tetap terasa nyaman ketika meminum suplemen vitamin C.

Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

#1 – Perhatikan Jenis Vitamin C Dalam Suplemen Pilihan

Credit Image - cnnindonesia.com

Sebelum kamu mengonsumsi suplemen vitamin C pilihanmu, ada baiknya perhatikan dahulu jenis vitamin C yang terkandung di dalamnya, ya. Vitamin C datang dalam bentuk murni – atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Adapun berbagai jenis vitamin C, yaitu:

  • Asam askorbat. Jenis vitamin C yang satu ini merupakan bentuk paling murni. Asam askorbat paling mudah untuk diserap oleh tubuh melalui aliran darah.
  • Sodium askorbat. Kemudian, ada pula jenis sodium askorbat – yang dapat meningkatkan kadar sodium di dalam tubuhmu.
  • Kalsium askorbat. Jenis vitamin C ini mengikat asam askorbat ke kalsium – jadi, juga berfungsi untuk menetralkan keasaman. Kalsium askorbat ideal untukmu yang memiliki perut ekstra sensitif.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk memilih suplemen vitamin C dengan kandungan kalsium askorbat – atau dikenal juga sebagai non-acidic vitamin C.

Sebab, suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin C dengan sifat anti-asam lebih aman dan nyaman di lambung, bahkan bisa dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, lho.

 

#2 – Hindari Konsumsi Dengan Makanan Asam

Nah, untuk kamu yang punya masalah lambung sensitif, ada baiknya mengonsumsi suplemen vitamin C tidak dibarengi dengan makanan yang bersifat asam dan pedas, ya. Sebab, mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut dapat memicu kenaikan asam lambung.

Jika ingin mengonsumsi buah yang mengandung asam, seperti kiwi, jeruk, maupun lemon alangkah baiknya tidak dibarengi dengan konsumsi suplemen vitamin C. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih jenis buah yang rendah asam – dan juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti alpukar, pisang, pepaya, dan jambu biji.

Selain itu, meminum suplemen vitamin C usai mengonsumsi makanan pedas juga tidak disarankan, lho. Hal ini bisa memicu perut terasa perih, karena kandungan capcaisin – zat yang ditemukan di dalam makanan pedas dapat memicu lambung menjadi nyeri dan sensitif.

Jadi, perhatikan tips yang satu ini, biar konsumsi suplemen vitamin C tetap terasa nyaman di lambung!

 

#3 – Ketahui Waktu Tepat Untuk Minum Vitamin C

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Selanjutnya, pastikan juga kamu sudah meminum suplemen vitamin C di waktu yang tepat, ya. Dengan demikian, masalah lambung sensitif bisa dihindari, serta manfaat dari vitamin C dapat dirasakan secara maksimal.

Memang, suplemen vitamin C direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum makan – atau dalam keadaan perut kosong. Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tidak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan.

Untuk kamu yang tidak memiliki masalah lambung sensitif, mungkin cara tersebut dapat diterapkan. Lantas, bagaimana kalau yang punya masalah pencernaan? Dalam hal ini, direkomendasikan mengonsumsi suplemen vitamin C bersamaan dengan makanan. Dengan demikian, perut akan tetap terasa nyaman. Dan usahakan untuk minum suplemen vitamin C di jam yang sama setiap harinya, ya.

Biar makin maksimal, konsumsi suplemen vitamin C terbaik pilihanmu sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

Cara tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C oleh tubuh. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai kelebihan asupan vitamin C. Sebab, sisa zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui urin, yang penting, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu, ya.

 

#4 – Konsumsi Bersamaan Dengan Zinc!

Perlu diketahui bahwa vitamin C dan zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Artinya, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, manfaatnya pun dapat lebih terasa, lho. Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vitamin C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc, sehingga suplemen vitamin C terbaik pilihanmu bisa diserap secara maksimal. Nah, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

Atau, bisa juga dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan juga zinc. Pastinya, cara ini lebih mudah dilakukan, terutama bagi kamu yang punya aktivitas padat.

 

#5 – Ini Multivitamin yang Direkomendasikan

Credit Image - enervon.co.id

Apakah kamu masih merasa bingung, kira-kira apa suplemen multivitamin yang aman dikonsumsi bagi pemilik lambung sensitif? Kalau begitu, multivitamin Enervon Active merupakan pilihan yang tepat untukmu, nih!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya bisa mempertahankan imun biar tubuh tak gampang terserang penyakit.

Yang pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Kamu pun tak perlu khawatir tubuh gampang lelah meski punya rutinitas yang padat.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, segera kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa temukan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kelima tips konsumsi suplemen vitamin C buat kamu yang punya masalah lambung sensitif. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tak memnuhi asupan vitamin C, ya. Yuk, terapkan sejumlah kiat di atas!

 

 

Featured Image - cermati.com