Selama pandemi, diketahui sebagian besar pekerja masa PPKM berlangsung. Memang, bekerja di rumah bisa mengurangi risiko paparan virus ketika bepergian keluar rumah, namun sayangnya kegiatan ini juga memiliki sisi negatif, seperti menjadi penyebab overwork, lho.

Tanpa disadari, tidak adanya batasan waktu bekerja dan beristirahat selama WFH membuatmu sering bekerja terlalu lama. Disebut juga sebagai overwork, kondisi ini dapat menyebabkan kesehatan tubuh menurun, serta menimbulkan rasa jenuh, ya. Apakah kamu setuju akan hal tersebut?

Mendorong potensi diri sampai maksimal memang merupakan hal yang baik, namun bekerja berlebihan juga bukanlah hal yang sehat, lho. Ingatlah bahwa setiap kegiatan perlu dilakukan secukupnya saja – karena, apa pun yang berlebihan bukanlah hal baik.

Ketika kamu overwork biasanya akan merasakan stres, yang dapat ditandai dengan berbagai gejala, nih. Apa saja? Setidaknya, ada 6 ciri-ciri yang perlu diperhatikan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini, Enervoners!

 

 

#1 – Susah Tidur

Credit Image - klikdokter.com

Apakah belakangan waktu terakhir kamu jadi sulit tidur akibat bekerja berlebihan? Wah, ini juga termasuk tanda stres akibat overwork yang perlu diperhatikan, nih! Mungkin, hal tersebut disebabkan karena kamu sulit untuk merasa rileks, sebab ketika overwork, biasanya seseorang tak punya waktu untuk melakukan kegiatan relaksasi, serta hanya terpaku pada pekerjaan kantor saja.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tenang ada berbagai cara yang dapat dilakukan, kok. Kamu bisa memulainya dengan cara sederhana, seperti mengunduh aplikasi tracking waktu tidur, latihan meditasi, menjauhkan ponsel sementara waktu, dan memutar musik yang bisa membantumu terlelap.

Jadi, kalau kamu mengalami gejala yang satu ini, yuk segera lakukan cara mengatasinya!

 

#2 – Kesehatan Mental Terganggu

Bekerja berlebihan dapat menimbulkan rasa stres, yang akhirnya berujung pada kondisi kesehatan mental yang terganggu, lho. Apalagi, kalau hal tersebut didukung dengan lingkungan kerja yang toxic – wah, kalau begini, kesehatan mental benar-benar bisa terancam. Sebab, rasa khawatir dan tekanan yang terus datang bisa menjadi trigger-nya.

Namun, bukan berarti kamu boleh melakukan diagnosa sendiri. Jika mengalami hal yang satu ini, segera dapatkan bantuan profesional terdekat, ya. Tindakan pencegahan maupun cara mengatasi perlu dilakukan secara cepat, sebab kesehatan mental juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan fisik.

 

#3 – Imun Tubuh Menurun

Credit Image - halodoc.com

Berkaitan dengan poin sebelumnya, disebutkan bahwa kesehatan mental yang terganggu bisa memengaruhi kondisi kesehatan secara fisik, nih. Misalnya, jika kamu mengalami stres akibat overwork, bukan tidak mungkin sistem kekebalan tubuh bakal menurun, kemudian tubuh menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit.

Jangan disepelekan, selama pandemi, menjaga kesehatan tetap prima merupakan hal yang penting dilakukan, lho. Selain menurunkan imun tubuh, stres akibat overwork juga dapat ditandai dengan kondisi sakit di daerah leher, pundak, dan kepala. Biasanya, sejumlah daerah tersebut terasa kaku dan tegang akibat banyaknya tekanan yang dirasakan.

 

#4 – Tak Nafsu Makan

Belakangan terakhir ini kamu sering bekerja sampai larut, kemudian jadi tidak nafsu makan? Gejala yang satu ini juga patut diwaspadai, lho! Ketika stres selama overwork, rasanya makanan favorit yang dihidangkan pun menjadi tidak menggiurkan, ya? Hal tersebut disebabkan karena nafsu makan juga dipengaruhi oleh pikiran.

Berdasarkan penelitian dari Harvard Heart Letter, disebutkan bahwa ketika mengalami tekanan yang parah, tubuh dapat merespons dengan melawan dan melepaskan adrenalin. Jadinya, tubuh tidak mampu melakukan pencernaan, sebab tubuh tengah berfokus pada upaya penyelamatan diri dari bahaya yang dirasakan.

 

#5 – Perut Mudah Sakit

Credit Image - id.theasianparent.com

Kalau kamu tengah bekerja terus-menerus, bahkan sampai lembur selama WFH, gejala yang satu ini wajib diperhatikan, ya. Pasalnya, rasa stres yang dirasakan juga mampu memengaruhi kondisi kesehatan pencernaan. Dalam hal ini, biasanya perut menjadi lebih mudah sakit. Apakah kamu mengalami gejala tersebut?

Terdapat banyak gejala stres yang dapat dirasakan pada bagian perut, seperti bloating, konstipasi, dan juga indigestion. Hal ini pun disebabkan karena rasa stres akan memengaruhi kinerja usus dalam tubuh. Bahkan, nantinya suasana hati dapat ikut terdampak, lho.

 

#6 – Susah Fokus

Akibat pikiran yang terbagi oleh banyak hal di dunia pekerjaan, kamu jadi tidak punya ruang untuk memikirkan hal lainnya. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin kamu sering melupakan berbagai agenda penting, atau menjadi ceroboh karena lupa menaruh barang pada tempatnya. Singkatnya, kamu bisa menjadi seseorang yang sulit fokus.

Solusi terbaik dari kasus ini adalah tidur yang cukup dan gunakan daily planner. Tubuhmu pasti teriak-teriak minta istirahat, dan untuk membuat keseharianmu lebih terstruktur catatan. Jangan salah, hal ini sangatlah membantu.

Namun, agar pikiran tetap fokus, pastikan kamu juga sudah mendapatkan asupan energi yang cukup, seperti dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

 

Jadi, itulah keenam gejala stres akibat overwork yang mungkin dapat dialami. Jika belakangan waktu terakhir waktu bekerjamu sudah berlebihan, yuk ambil waktu istirahat sejenak – dan lakukan kegiatan relaksasi biar tidak stres, ya!

 

 

Featured Image - cobradental.co.id