Enervoners, kamu pasti sudah mengetahui bahwa self esteem merupakan salah satu poin terpenting yang dapat membantu perfoma kerja – serta jenjang karir. Meski demikian, sayangnya masih banyak pekerja yang merasa memiliki harga diri rendah, bahkan terkadang menjadi kurang percaya diri. Jangan diremehkan, hal ini bisa merusak produktivitas, lho.

Self esteem merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana kamu menyukai – dan menghargai diri sendiri. Kata yang satu ini juga sering disebut sebagai bentuk penghargaan diri yang didasari oleh rasa aman, identitas, serta kompetensi diri.

Penghargaan diri tersebut akan memengaruhi cara berpikir dan bertindak, nih. Bahkan, hal yang satu ini juga bisa memengaruhi motivasi diri dan kesuksesan kamu dalam jenjang karir yang tengah dijalani.

Ketika self esteem sedang rendah, maka bukan tidak mungkin kamu menjadi lebih sering menunda pekerjaan – karena, merasa tidak kompeten dalam melakukannya. Bukan hanya soal karir saja, namun harga diri yang cenderung rendah bisa berdampak pada kesehatan mental juga.

Selain itu, ada 4 alasan lainnya mengapa kamu tidak boleh menganggap remeh self esteem, apalagi yang berkaitan dengan dunia kerja. Lantas, apa saja alasan tersebut?

Yuk, segera simak ulasannya di bawah ini!

 

 

#1 – Produktivitas Menurun

Credit Image - foruminvestorbekasi.org

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa rendahnya self esteem – alias harga diri juga bisa berdampak pada produktivitas harianmu, lho. Hati-hati, kalau dibiarkan, hal tersebut pun bisa mengganggu performa kerja, serta karir yang sudah dibangun dengan susah payah. Jadi, bisa dikatakan bahwa produktivitas sangat bergantung terhadap self esteem yang dimiliki, ya.

Jika sedang rendah, maka otomatis produktivitas akan menurun. Kalau sudah begini, kualitas dan hasil pekerjaan yang dihasilkan pun cenderung rendah juga, lho. Selain itu, bukan tidak mungkin kamu akan lebih sering menunda pekerjaan – atau disebut juga sebagai procrastinator. Tentu saja, hal ini akan berdampak buruk pada performa pekerjaan secara keseluruhan.

Untuk itu, kalau merasa self esteem sedang rendah, segera cari cara untuk mengatasinya, agar produktivitas tidak terganggu!

 

#2 – Lebih Pesimis

Credit Image - grid.id

Tidak hanya menurunnya produktivitas, namun self esteem yang rendah juga bisa menyebabkan kamu menjadi seseorang yang lebih pesimis, lho. Lantas, apakah kamu sedang mengalami kondisi yang satu ini? Yuk, jangan dibiarkan berlarut-larut, ya.

Dilansir dari WebMD, disebutkan bahwa orang dengan penghargaan diri yang rendah juga akan lebih sensitif terhadap kritik. Sebab, orang tersebut akan melihat kritik sebagai sesuatu yang menegaskan kekurangannya – bukanlah sesuatu hal yang bisa dijadikan sebagai media perbaikan diri. Akibatnya, kritik pun sering dianggap sebagai sebuah penghambat.

 

#3 – Takut Akan Tantangan

Credit Image - forbes.com

Alasan lain mengapa self esteem tidak boleh dianggap remeh, yaitu kamu justru bisa takut akan berbagai tantangan. Padahal, menghadapi tantangan baru merupakan salah satu cara terbaik untuk belajar mengenai hal-hal baru, lho. Seseorang dengan self esteem yang rendah enggan mencoba tantangan, karena merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.

Alih-alih mencoba hal baru, seseorang yang memiliki rasa percaya diri rendah akan lebih senang berada di zona nyaman. Pasalnya, ia pun sering merasa akan gagal, ketika harus mencoba berbagai hal yang baru. Rasa takut tersebut akan membuatmu sulit mengembangkan diri, termasuk dalam urusan karir, lho.

Tentunya, kamu tidak ingin kan karir hanya stuck di posisi yang sama terus-menerus?

 

#4 – Memengaruhi Orang di Sekitar

Credit Image - zenefits.com

Rendahnya self esteem tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, namun juga orang di sekitar kamu, nih. Kurangnya produktivitas, punya rasa pesimis, serta enggan mencoba hal-hal baru dapat memicu orang di sekitar merasakan hal yang sama. Memang terkadang, sesuatu yang tengah dirasakan oleh satu orang, bisa juga dirasakan dengan orang yang ada di sekitarnya, ya.

Rendahnya penghargaan diri tidak hanya akan menghancurkan kepercayaan terhadap diri kamu sendiri saja, namun juga kepercayaan orang lain terhadap dirimu. Misalnya, di tempat kerja, rendahnya self esteem akan memengaruhi produktivitas tim kerja, terutama kalau kamu sering menunda tugas yang seharusnya dikerjakan.

Memiliki rasa penghargaan diri yang rendah memang dapat merugikan berbagai pihak, tidak hanya diri kamu sendiri saja. Untuk menjaga self esteem dianjurkan untuk tetap fokus terhadap diri sendiri – dan juga pekerjaanmu. Selain itu, pahami pula kelebihan dan kekurangan kamu, dan percayalah akan kemampuan yang dimiliki.

Ketika kamu merasa self esteem sedang rendah, cobalah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti menyempatkan diri untuk memberikan reward setelah menyelesaikan satu pekerjaan – atau berhasil mendapatkan satu pencapaian.

Atau, bisa juga dengan melakukan hobi, yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan penghargaan terhadap diri sendiri. Luangkanlah waktu setidaknya di akhir pekan untuk melakukan kegiatan yang disukai, ya.

Namun, agar semuanya bisa berjalan dengan lancar, pastikan juga kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup, seperti dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Dalam hal ini, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

 

Jadi, itulah 4 alasan mengapa kamu tidak boleh menganggap remeh self esteem. Jika rasa penghargaan diri tengah menurun, yuk segera atasi agar produktivitas dan performa kerja tidak terganggu!

 

 

Featured Image - createwritenow.com