Apakah kamu masih terus pekerjaan yang menumpuk. Bahkan, tidak jarang kamu menjadi susah untuk fokus, lho.

Selain itu, selama WFH, kamu juga dituntut untuk tetap dapat menyelesaikan pekerjaan, sembari melakukan tugas lainnya, seperti untuk yang sudah berumah tangga – dan memiliki anak, kamu harus bekerja sambil mengajarkan anak mengerjakan PR. Tentunya, hal ini bisa membuat tubuh menjadi capek dan bertenaga, kan?

Tapi tenang, untuk mengatasi situasi sibuk tersebut, kamu bisa melakukan berbagai kebiasaan di pagi hari yang membantu otak tetap fokus seharian – dan pastinya membuatmu makin aktif serta produktif, ya. Setidaknya ada 6 kebiasaan baik yang direkomendasikan, nih.

Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

1. Gunakan Suara Alarm yang Lebih Tenang

Credit Image - serabutan.com

Sebagian darimu pasti menggunakan suara alarm untuk membangunkan kamu di pagi hari, kan? Memang, hal ini tidak salah, kok. Bahkan, bagi banyak orang, alarm dapat membantu kamu agar tidak bangun terlalu siang. Meski demikian, masih banyak orang yang menyetel alarm menggunakan suara yang berisik, atau bahkan mengagetkan.

Jika kamu salah satunya, cobalah untuk mengganti bunyi alarm dengan suara yang lebih tenang. Seorang ahli saraf bernama Patrick K Porter menjelaskan bahwa suara alarm yang mengagetkan dapat berdampak buruk terhadap sistem saraf, lho. Untuk itu, coba ganti suara alarm – atau jika memungkinkan bangunlah tanpa memakai alarm sama sekali.

Hal tersebut dapat membantu otak menjadi lebih fokus dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Jadi, mulai sekarang, kamu bisa mencoba tips yang satu ini, ya!

 

2. Melakukan Meditasi

Untuk meningkatkan kesehatan dan tingkat ketajaman otak, seorang ahli saraf Kristen Willeumier, menyarankan agar melakukan meditasi di pagi hari. Tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama kok, kamu bisa bermeditasi selama beberapa menit saja. Walaupun sederhana, namun nyatanya ini bisa bermanfaat baik untuk tingkat kefokusan otak.

Meditasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan mengurangi kortisol serta epinerfin. Kedua hormon tersebut dapat membantu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan pola pernapasan. Selain itu, meditasi akan menciptakan sinkronasi seluruh bagian otak, sehingga kreativitas dapat meningkat, serta semakin fokus dan perhatian.

 

3. Membaca Buku

Credit Image - wolipop.detik.com

Di hari-hari yang serba cepat dan praktis, kamu pasti sering melupakan hal-hal sederhana yang bisa merangsang pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dilansir dari CNN Indonesia, disarankan untuk membaca di pagi hari. Kebiasaan baik yang satu ini merupakan aktivitas tepat untuk meningkatkan ketajaman otak.

Membaca buku – atau koran di pagi hari tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan diri sebelum memulai hari, tetapi juga dapat membantumu mengatur ulang prioritas, membawamu keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari, dan berdampak baik terhadap kesehatan otak, serta membuatmu makin fokus dalam mengerjakan tugas yang mesti diselesaikan.

 

4. Meminum Segelas Air Putih

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur, ternyata dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh yang menupuk di malam hari. Minum air putih dalam keadaan perut konsong pun juga dapat membuatmu lebih segar sepanjang hari, lho. Hal ini juga penting untuk menghindari dehidrasi, mengingat kamu tidak mendapat asupan cairan sepanjang malam.

Segelas air akan memberikan hidrasi yang diperlukan oleh tubuh. Kemudian, lanjutkan konsumsi air putih dengan tujuh gelas berikutnya sepanjang hari – atau minimal 2 liter. Hindari yang cukup dapat membantu meningkatkan kemampuan fokus dan berpikir yang lebih baik.

 

5. Rutin Berolahraga

Credit Image - suara.com

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh, serta membantu meningkatkan suasana hati. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa memengaruhi kinerja otakmu seharian penuh, lho. Seorang ahli neuropsikologi, Jennifer Wolkin, menyatakan bahwa olahraga mampu mengubah kimia otak dan mirip dengan efek dari anti-depresan.

Hal tersebut menandakan pelepasan beberapa neurotransmitter utama – yang memiliki banyak peranan penting dalam menjaga otak agar tetap tajam, terlebih seiring bertambahnya usia. Bahkan, rutin berolahraga juga dapat membantu memompa aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga mampu mengambil keputusan, dan memiliki memori yang lebih baik.

 

6. Pilih Menu Sarapan Tepat

Yang terakhir, selama bekerja di rumah, kamu juga tetap harus rutin sarapan setiap paginya, ya. Pilihlah menu sarapan yang dapat mendukung kesehatan usus, serta baik untuk menghasilkan energi, seperti makanan kaya akan vitamin B kompleks.

Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, telur, gandum, dan sayuran hijau. Untuk menu sarapan, kamu bisa memadukan oatmeal dengan potongan buah, atau sandwich roti gandum dengantelur, maupun isian selai kacang.

Sejumlah makanan kaya akan vitamin B kompleks tersebut memang dapat membantu membentuk energi untuk tubuh. Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah keenam kebiasaan baik di pagi hari yang dapat membuat otak semakin fokus selama bekerja di rumah. Yuk, mulai diterapkan!

 

 

Featured Image - berkeluarga.id

Source - cnnindonesia.com