Saat ini, hendak menerima vaksin. Memang, melihat jarum suntik di depan mata terkadang membuat nyali menjadi menciut. Nah, kalau kamu termasuk yang masih takut disuntik, informasi di bawah ini tak boleh dilewatkan, lho!

Takut dengan jarum suntik dikenal dengan istilah medis tripanofobia. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang mengalami kenaikan tekanan darah, detak jantung, bahkan pingsan setelah melihat jarum. Kebanyakan yang memilikinya biasanya pernah mengalami trauma dengan penggunaan jarum.

Ketika pengobatan, biasanya orang dengan fobia tersebut diusahakan untuk mendapat obat tanpa melalui suntikan, misalnya memberi obat dari mulut, atau bisa juga topikal – seperti dioleskan ke kulit. Namun sayangnya, tidak semuanya bisa dilakukan dengan cara tersebut, seperti vaksin yang harus disuntikkan langsung ke tubuh.

Untuk kamu yang akan segera mendapatkan vaksinasi, namun masih merasa takut dengan jarum suntik, setidaknya ada 4 tips yang dapat dilakukan, ya. Dilansir dari National Health Service – berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

1. Beri Tahu Kondisimu

Credit Image - health.detik.com

Jika kamu akan segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 – atau tengah berniat menjalani perawatan yang melibatkan jarum suntik, ada baiknya beri tahu fobia yang kamu miliki kepada tim medis, ya. Selain itu, beri tahu juga sejauh mana perawatan yang dilakukan untuk mengatasi rasa takut akan jarum suntik tersebut.

Dengan demikian, tim medis mampu memberikan perawatan dengan cara yang paling tepat – dan tentunya lebih berhati-hati tanpa memicu munculnya gejala fobia yang kamu miliki. Jadi, jangan lupa untuk lakukan langkah yang satu ini, ya!

 

2. Lakukan Applied Tension

Credit Image - liputan6.com

Kalau sudah mendapatkan jadwal vaksinasi – tapi, kamu termasuk yang takut akan jarum suntik dan khawatir gejala fobia bisa muncul. Nah, kamu perlu melakukan applied tension untuk mengatasi hal tersebut. Seperti diketahui, beberapa waktu sebelum disuntik, biasanya kamu akan merasa tegang dan cemas, sehingga tekanan darah kurang stabil.

Applied tension merupakan cara mengatasi takut disuntik yang sederhana, yaitu untuk mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal agar dirimu tidak pingsan. Carilah tempat yang nyaman untuk duduk. Kemudian, lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki selama 10 hingga 15 detik.

Setelahnya, perbaiki posisi duduk menjadi lebih tegak selama 20 detik – dan ulangi gerakan untuk melemaskan otot-otot. Kamu bisa melakukan cara ini berulang kali hingga merasa lebih baik, ya. Agar efeknya lebih optimal, lakukan teknik ini secara rutin tiga kali sehari selama satu minggu sebelum penyuntikan dilakukan.

 

3. Melatih Pernapasan

Credit Image - halodoc.com

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa takut akan jarum suntik, yakni dengan melatih pernapasan. Jadi, selain teknik applied tension, kamu juga bisa menerapkan langkah yang satu ini, lho. Untuk melakukannya, kamu perlu duduk dengan nyaman – usahakan posisi punggung tegak, namun tidak kaku. Kemudian, letakkan satu tangan di depan perut.

Setelah itu, mulailah mengambil napas panjang dari dalam hidung, lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut. Kamu bisa melakukan teknik pernapasan yang satu ini hingga 5 kali – atau sampai merasa lebih nyaman.

 

4. Hadapi Ketakutanmu!

Credit Image - dream.co.id

Jika sudah melakukan berbagai cara di atas untuk mengatasi rasa takut akan jarum suntik, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menghadapi ketakutan itu sendiri. Dalam hal ini, kamu bisa meminta bantuan petugas medis – atau orang terdekat untuk menemani.

Tak perlu khawatir, sebab sugesti pikiran bahwa jarum suntik itu sakit, tidak selalu benar, kok. Misalnya, suntikan hanya terasa seperti gigitan semut, atau cubitan tangan. Cara ini memang tidak mudah, namun bila dilakukan secara konsisten, rasa takut bisa kamu kendalikan lebih baik. Jadi, berusahalah untuk tetap tenang, ya!

 

Nah, itulah keempat tips untuk membantu mengatasi rasa takut terhadap jarum suntik. Jika kamu memiliki ketakutan tersebut, yuk coba terapkan 4 cara di atas!

 

 

Featured Image - fit.thequint.com

Source - hellosehat.com