Punya anak yang memiliki hubungan dekat dengan orangtua tentu menyenangkan. Apalagi, kalau anak bisa menganggap orang tuanya sebagai teman curhat. Hubungan seperti itu sudah pasti sangat erat. Namun, kalau kamu belum memiliki hubungan yang erat dengan anak, jangan bersedih.

Berikut ini ada 7 kebiasaan yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua untuk mempererat hubungan kamu dengan anak

1. Makan bersama

Credit: Tabloid Bintang

Penelitian menunjukkan bahwa makan bersama anak bisa meningkatkan dampak positif dalam hal perkembangan anak. Misalnya, kebiasaan makan dan kesehatan yang lebih baik, kekuatan mental, emosional, kemampuan social serta kemampuan akademik yang bisa lebih baik.

Kalau kamu tidak punya waktu untuk makan malam bersama anak, kamu bisa coba untuk mencari waktu lain. Kamu bisa makan bersama anak ketika sarapan, sebelum berangkat bekerja. Dan ini tidak butuh waktu yang terlalu lama. Kuncinya adalah buat momen makan bersama keluarga jadi menyenangkan, serta jangan lupa untuk ngobrol bersama anak ketika sedang makan bersama.

2. Bicara tentang pengalaman hari ini

Credit: Parenting.co.id

Seperti waktu makan, menjelang tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada anak. Kamu bisa memulai dengan pertanyaan ‘ada hal seru apa hari ini?’. Kemudian, kamu bisa bergantian membagikan pengalaman hari ini, termasuk apa saja masalah yang ada dan cara menyelesaikannya.

Selain untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak, dengan berbagi pengalaman, orang tua juga bisa menunjukkan kepada anak nilai- nilai kehidupan.

3. Bermain bersama

Credit: Parenting Orami

Salah satu cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada anak adalah melakukan hal yang menyenangkan bersama. Misalnya, bermain sepeda atau bermain bola. Kalau anak- anak sedang malas keluar rumah, kamu bisa bermain board game seperti ular tangga dan monopoli.

4. Berpelukan

Credit: Hello Sehat

Berpelukan adalah cara yang ampuh untuk mempererat hubungan orang tua dan anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa berpelukan dapat mengurangi risiko terkena penyakit. Jadi, biarkan si kecil tahu bahwa kamu menyayangi mereka dengan memeluknya setiap hari.

5. Sama- sama menghargai

Terkadang, anak- anak memang bersikap menjengkelkan. Tetapi hal ini wajar, karena mereka juga masih anak- anak. Jadi, ketika si kecil melakukan kesalahan, disiplinkan dia dengan cara yang tenang dan tegas, bukan dengan membentak. Berteriak, membentak, atau bahkan memberikan hukuman fisik dapat memperburuk hubungan antara orang tua dan anak. Selain itu, contohkan kepada anak untuk menggunakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

6. Biarkan anak membantu

Credit: Grid.id

Anak- anak sangat senang membantu. Jadi, dengan memberikan tugas kepada anak, mereka akan lebih merasa bertanggungjawab dan merasa dihargai. Setelah mereka menyelesaikan pekerjaan, berikanlah pujian. Hal ini tidak hanya akan membuat orang tua lebih dekat dengan anak, tapi juga mendidik mereka untuk menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.

7. Tunjukkan rasa sayang setiap hari

Credit: Liputan6

Lakukan hal- hal kecil yang menunjukkan rasa sayangmu kepada anak- anak. Misalnya, dengan merencanakan liburan di akhir pekan. Kamu juga bisa menunjukkan rasa kasih sayang kepada anak dengan memberikan perhatian penuh ketika anak berbicara.

Selain ketujuh cara diatas, kamu juga harus membangun komunikasi yang baik dengan anak. Bahkan, kamu juga bisa menjadi tempat untuk berkonsultasi anak, ketika mereka sedang menghadapi masalah tertentu.

 

Featured Image - Hello Sehat