Di masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan paru-paru memang menjadi tantangan tersendiri. Sebab, seperti diketahui, setelah sembuh sekalipun. Selain itu, ada pula faktor lainnya, seperti asap kendaraan, polusi udara, dan asap rokok yang dapat mengganggu kesehatan organ vital tersebut.

Jika mengalami gangguan fungsi paru-paru, penderitanya pun harus ekstra menjaga kesheatan, lho. Dalam jurnal F1000 Research tahun 2017, asma, fibrosis paru, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) disinyalir membuat kualitas hidup menurun.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan memerhatikan asupan makanan, seperti melakukan diet kaya nutrisi untuk meminimalisir risiko kerusakan paru-paru. Kebutuhan nutrisi yang tepat dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi buah-buahan, lho.

Lantas, apa saja sih buah yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru? Berikut ini 5 di antaranya, yuk simak selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Tomat

Credit Image - asta.hs-heilbronn.de

Buah pertama yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru, yaitu tomat. Menurut laman WebMD, tomat merupakan sumber likopen yang baik untuk kesehatan paru-paru, lho. Tapi, apa sih itu lipoken? Ini merupakan kandungan yang dapat menjaga fungsi paru-paru, bahkan untuk orang dewasa yang dulu suka merokok.

Fakta ini semakin diperkuat melalui jurnal ilmiah dari The European Respotory Journal yang mengatakan bahwa mengonsumsi tomat secara rutin dapat memperbaiki peradangan saluran napas bagi penderita asma serta mengurangi risiko kematian jika menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

 

#2 – Apel

Tahukah kamu bahwa apel juga termasuk buah yang dapat menjaga kesehatan paru-paru? Bahkan, buah yang satu ini juga sering dikaitkan sebagai salah satu makanan untuk meminimalisir risiko terjadinya kanker paru-paru, dan juga asma.

Dalam ulasan ilmiah yang dilakukan American Society for Nutrition, buah apel dan jusnya memiliki konsentrasi antioksidan, termasuk vitamin C dan flavanoid yang tinggi yang berfungsi untuk meminimalisir risiko kanker paru-paru. Jadi, mulai sekarang, yuk rutin konsumsi buah apel, ya!

 

#3 – Labu Kuning

Credit Image - barbados.loopnews.com

Selanjutnya, ada pula labu kuning yang tak kalah baiknya untuk kesehatan paru-paru. Daging labu yang memiliki warna cerah ternyata mengandung senyawa – yang berperan untuk meningkatkan kesehatan organ yang berkaitan dengan sistem pernapasan, lho.

Menurut ulasan ilmiah dalam Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI), daging labu yang cerah kaya akan karotenoid, termasuk luteinkaroten, serta zeaxanthin. Kandungan-kandungan tersebut mempunya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. 

 

#4 – Blueberry

Selain ketiga buah di atas, bluerberry juga termasuk dalam buah yang dapat membantu menjaga kesehatan patu-paru. Dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan European Journal of Nutrition tahun 2013, blueberry merupakan sumber makanan yang kaya akan malvidinanthocyanincyanidindelphinidin, serta petunidin.

Selain itu, dilansir dari laman Healthline, disebutkan bahwa kandungan anthocyanin dalam bluerberry, merupakan pigmen kuat yang dapat melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif. Wah, apakah kamu sudah tahu manfaat buah yang satu ini?

 

#5 – Buah Bit

Credit Image - fimela.com

Yang terakhir, ada pula buah bit yang punya kandungan senyawa nitrat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Menurut jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmatology tahun 2013, menjelaskan bahwa diet nitrat mempunyai efek yang menjanjikan untuk mengurangi resiko kanker, hipertensi, mengendurkan pembuluh darah, serta mengoptimalkan penyerapan oksigen. 

Selain buahnya, daun buah bit juga mengandung vitamin C, magnesium, antioksidan karotenoid, dan potasium yang bermanfaat baik untuk kesehatan paru-paru. untuk mengonsumsinya, kamu bisa padukan dengan buah-buahan lain, atau diolah menjadi jus, salad, maupun smoothies.

Di samping itu, untuk menjaga kesehatan paru-paru, kamu juga perlu rajin berolahraga, istirahat teratur, serta mendapat asupan vitamin yang cukup, ya. Untuk mencukupi kebutuhannya, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau dapatkan di drug store dan apotek di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima buah yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Yuk, dikonsumsi secara rutin, ya!

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - idntimes.com