Merawat anak tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya saja. Tetapi juga membentuk kepribadian yang baik saat mereka beranjak dewasa. Sayangnya, masih banyak orang tua yang melakukan kesalahan dalam mendidik anak.

Menjadi orang tua memang tidaklah mudah. Kamu harus menghadapi berbagai situasi yang sulit ketika berhadapan dengan si kecil. Selain itu, kamu juga memiliki tanggung jawab untuk membentuk kepribadian anak jadi lebih baik. Untuk menghindari kesalahan dalam mendidik anak, berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari:

1. Tidak menjadi panutan yang baik

Credit: Republika

Orang tua merupakan panutan dan model bagi anak- anak mereka. Jika kamu ingin si kecil bersikap baik, kamu juga harus mencontohkan sikap- sikap yang baik dalam kehidupan sehari- hari. Dan sebaliknya, jika kamu memiliki kelakukan buruk, maka anak pun akan menirunya.

2. Sering mengkritik dan membandingkan

Credit: Hello Sehat

Memberikan kritik berlebihan pada anak merupakan kesalahan mendidik anak yang sering tidak disadari oleh orang tua. Padahal, dampaknya dapat membuat anak jadi bosan mendengarkan kritikanmu dan semakin sulit untuk diatur.

Selain itu, orang tua juga terkadang membandingkan anak dengan anak lainnya. Meski hal ini bertujuan untuk memotivasi anak, namun tindakan ini bisa menghancurkan rasa percaya diri pada anak.

Anak memang perlu dikritik jika ia salah. Namun, sebaiknya gunakan Bahasa yang lebih halus tanpa menyakiti perasaannya. Dan hindari membandingkan ia dengan teman sebayanya. Sebaliknya, berilah anak pujian atas kerja kerasnya serta motivasi agar ia berubah.

3. Terlalu banyak menuntut

Credit: Kumparan

Anak pasti senang jika ia dibanggakan oleh kedua orang tuanya. Sebaliknya, ia akan sedih dan frustasi ketika dirinya tidak sesuai dengan harapan orang tua. Hal ini umumnya terjadi pada orang tua yang memiliki ekspektasi tinggi atas kemampuan anak. Misalnya, mengharapkan anak bisa makan dengan benar saat usia 3 tahun, menuntutnya jadi juara kelas atau memenangkan sebuah perlombaan.

Agar kamu bisa terhindar dari kesalahan ini, hindari bersikap egois. Kamu juga perlu mengetahui batas kemampuan anak dan tidak membuatnya tertekan.

4. Tidak konsisten dan tidak ada batasan

Credit: Hipwee

Cara mendidik anak yang sering kali salah dilakukan adalah tidak konsisten. Kamu terkadang sangat strict dengan peraturan, tapi di lain waktu bersikap tidak peduli sama sekali dengan hal yang dilakukan anak. Cara mendidik seperti ini dapat membingungkan dan menyulitkan anak untuk bersikap.

Apalagi jika kamu tidak menetapkan batasan dan membiarkan anak melakukan apapun yang ia suka. Sikap ini, tentu akan membuat anak tidak mau diatur dan cenderung egois.

5. Adu mulut dengan anak

Credit: Hipwee

Saat dimarahi, anak mungkin membalas ucapanmu. Kamu yang terpancing dan sedang marah biasanya akan menanggapi ucapan tersebut. Alih- alih membuat anak diam, hal ini malah dapat memperkeruh suasana. Dibanding menanggapi perkataannya, lebih baik ucapkan kata penegasan. Kemudian, terapkan cara mendisiplinkan anak yang lebih efektif.

 

Featured Image - boldnewmom.com