Tak bisa dihindari, rasa kurang percaya diri memang kerap menghampiri, apalagi kalau sudah berkaitan dengan urusan pekerjaan. Seperti, kalau kamu termasuk karyawan baru disebuah perusahaan, bukan tidak mungkin merasa kehilangan kepercayaan diri, termasuk dalam proses adaptasi. Apakah kamu setuju akan hal ini?

Selain itu, masih ada beberapa hal lainnya yang dapat menurunkan kepercayaan diri, misalnya lulusan baru yang masih belum memiliki cukup pengalaman bekerja. Di masa awal memulai pekerjaan di kantor, pasti timbul rasa kurang PeDe, ya.

Tapi, tidak menutup kemungkinan kurangnya kepercayaan diri juga dialami oleh karyawan yang sudah kurang produktif.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri di kantor? Kali ini, Enervon akan membagikan 5 tips yang dapat kamu terapkan.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

1. Takut Membuat Kesalahan? Buang Jauh Perasaan Ini!

Credit Image - alodokter.com

Untuk menghilangkan keperayaan diri yang menurun, hal pertama yang bisa dilakukan, yaitu berpikir bahwa kamu tidak perlu takut membuat kesalahan. Ingat, setiap manusia pasti pernah membuat kesalahan, bahkan hal ini manusiawi untuk dialami, kok.

Cara ini semakin penting untuk diterapkan, apalagi bagi karyawan baru. Kamu harus tahu, pegawai lama di kantor juga sama sepertimu, lho, yaitu tetap bisa membuat kesalahan. Ketakutan ini hanya akan menurunkan kepercayaan diri kamu saja. Jadi, stop berpikir bahwa kamulah satu-satunya karyawan yang bakal berbuat kesalahan, ya.

 

2. Melakukan Interaksi Dengan Rekan Kerja

Menghabiskan waktu di kantor tentu akan membuatmu menghabiskan waktu dengan karyawan yang sama. Tidak hanya sehari – atau seminggu, bahkan bisa berbulan-bulan, atau bertahun-tahun lamanya. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri, cobalah beranikan diri melakukan interaksi dengan rekan kerja. Cara ini juga penting untuk mencari teman, lho.

Memiliki teman di kantor dapat membantu mengurangi rasa tidak percaya diri, sebab kamu akan merasa punya dukungan. Yang dimaksud di sini adalah support dari rekan kerja – yang akan membantumu dalam berbagai situasi, misalnya ketika menemukan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu.

 

3. Yuk, Mulai Mencari Tahu

Credit Image - money.kompas.com

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri kantor, terutama bagi karyawan baru, yaitu dengan mulai mencari tahu. Kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada beberapa orang di kantor – hal ini akan membantu memahami kondisi, serta situasi tempat kamu bekerja, lho. Misalnya, tanyakan “bagaimanan sifat atasan kepada karyawannya?”.

Atau, kamu bisa menanyakan informasi mengenai tugas-tugas di kantor agar lebih yakin dalam mengerjakannya. Tentunya, setiap karyawan butuh banyak informasi yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan, ya.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari hal-hal dengan melihat – dan bertanya atas hasil observasi yang sudah dilakukan. Cobalah memerhatikan cara pimpinan bekerja, sehingga kamu dapat menyesuaikan diri. Dengan demikian, rasa kepercayaan diri pun perlahan bakal meningkat!

 

4. Pastikan Kamu Nyaman Dengan Pekerjaan, Ya

Di awal bekerja, mungkin kamu masih kurang merasa nyaman. Hal ini wajar dialami, namun pastikan kamu terus berusaha untuk membuat diri merasa nyaman. Kalau sudah merasa nyaman, pastinya rasa kepercayaan diri bisa semakin meningkat. Bahkan, kamu pun akan mulai menikmati pekerjaan yang dilakukan dengan berbagai alasan.

Ada banyak faktor yang bisa membuatmu merasa nyaman melakukan pekerjaan tersebut, seperti pertemanan di kantor, faktor gaji, atasan yang tidak ribet, dan berbagai hal lainnya yang membuat dirimu merasa senang.

Jadikan pekerjaan tersebut sebagai media pembelajaran untuk berkembang ke depannya. Selain itu, kamu juga perlu berpikir bahwa pekerjaan tersebut bisa meningkatkan jenjang karir, meski ada banyak tugas yang mesti diselesaikan.

 

5. Hargai Prestasi Kerja

Credit Image - glints.com

Yang tidak kalah pentingnya dalam langkah meningkatkan kepercayaan diri, pastikan kamu sudah menghargai diri sendiri atas prestasi yang sudah dicapai. Jangan salah, hal ini penting dilakukan untuk menimbun rasa tidak percaya diri, lho.

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, seperti menghabiskan waktu luang untuk refreshing, atau sekedar memesan makanan favorit. Tapi, jangan lupa tetap pertahankan, serta meningkatkan hasil pekerjaanmu, ya. Hindari terlalu terlena atas prestasi yang telah dicapai tersebut.

Menunjukkan kemampuan yang lebih baik ke depannya akan membantumu semakin berkembang, dan meningkatkan kepercayaan diri, lho.

Menerapkan sejumlah tips di atas memang penting untuk mendorong rasa kepercayaan diri, sekaligus membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Namun, pastikan juga kamu sudah memiliki energi yang cukup agar semakin produktif.

Biar kamu makin aktif dan produktif, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang punya berbagai kandungan vitamin lengkap – dan pastinya baik untuk kesehatan tubuhmu.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, apakah rasa kepercayaan diri sedang menurun? Tak masalah, segera lakukan 5 tips di atas, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - zonautara.com