Tak bisa dipungkiri, kesehatan tubuh.

Memang, hampir setiap orang sudah bergantung terhadap smartphone. Pasalnya, gadget tersebut juga dapat membantu aktivitas harian, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti membalas e-mail, atau tempat mencatat agenda harian. Berbagai fitur yang tersedia dalam smartphone dapat menjawab segala kebutuhan.

Sayangnya, menggunakan telepon genggam dalam waktu yang lama, apalagi hanya karena memantau fitur media sosial dapat menyebabkan berbagai dampak buruk, terutama kalau digunakan sebelum waktu tidur.

 

 

Bermain Ponsel Sebelum Tidur Dapat Berbahaya!

Credit Image - kumparan.com

Ketika sudah siap tidur, alih-alih langsung tidur, justru banyak yang terpaku menatap layar ponsel. Biasanya, waktu tersebut digunakan untuk membuka berbagai fitur sosial media. Tak hanya satu atau dua jam saja, namun kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam, sampai akhirnya lupa pergi tidur.

Dilansir dari Pure Wow, penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur dapat mengganggu kualitas istirahat seseorang. Bahkan, gadget, seperti telepon genggam bisa mengurangi jatah tidur yang semestinya diperoleh. Padahal, tidur mengharuskan tubuh untuk bersantai – serta melakukan regenerasi sel.

Saat tidur, otak akan melalui beberapa tahapan dan waktu istirahat. Hal ini hanya bisa dilalui jika waktu tidur sudah terpenuhi dengan baik, dan tentunya tidak terpapar perangkat elektronik. Yang pertama, di tahap tidur ringan di mana seseorang terhanyut dalam waktu antara tidur dan bangun. Kemudian, tidur nyenyak yang berkaitan dengan pemulihan, pembersihan otak, perbaikan jaringan, dan pembangunan kembali otot tubuh.

Selanjutnya, tidur di tahap kedua, di mana kamu terlelap hampir sepanjang malam – hal ini berkaitan dengan proses memori. Dan, ada pula tahap tidur REM – yang terjadi menjelang pagi hari, dan ditandai dengan kedutan otot sesekali, serta gerakan mata yang cepat.

Semua tahapan tersebut tidak bisa terjadi dengan sempurna, kalau kamu menatap layar smartphone terlalu lama di malam hari, bahkan menjelang dini hari.

Jika kamu mulai menjauhi perangkat elektronik sebelum waktu tidur, pastinya akan ada dampak positif yang terasa, salah satunya tidur cepat waktu – untuk membantu menjaga kesehatan fisik dan juga mental.

Dikutip dari Psychology Today, dijelaskan bahwa ketika tidur dalam waktu yang lama – tanpa menggunakan telepon genggam sebelumnya, maka tubuh dapat memproduksi hormon melatonin yang berperan dalam proses pemulihan otak, terutama melindungi kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

Tak hanya itu, menjauhkan telepon genggam sebelum tidur juga dapat memperbaiki mood di pagi hari. Tidur yang cukup juga bisa menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes dan juga kanker.

 

Rumus Jitu Untuk Menjaga Kualias Tidur

Credit Image - wolipop.detik.com

Dikutip dari CNN Indonesia, disebutkan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas tidur tetap baik, sehingga sistem imun tubuh semakin terjaga. Apa saja? Yang pertama, dianjurkan untuk pergi tidur sebelum pukul 23.00.

Selain itu, direkomendasikan pula untuk bangun sebelum jam 05.00 – atau setidaknya jam 5 pagi tersebut. Dengan cara ini, tubuh pun dapat memperoleh tidur yang cukup, yaitu 7 jam per hari seperti yang sudah dianjurkan berbagai pihak.

Pergi tidur jam 11 malam – dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mempertahankan fungsi organ secara maksimal. Sementara, bangun sebelum – atau pukul 5 pagi akan memancing nitrit yang membuat pembuluh darah menjadi elastis.

Agar kualitas tidur dapat terjaga dengan baik, jangan lupa untuk memerhatikan asupan makanan, seperti menghindari makan terlalu berat di malam hari, menghindari makanan tinggi gula – yang bisa memicu adrenalin, membatasi asupan kafein, serta tidak makan makanan yang asam maupun pedas.

 

Jangan Lupa, Terapkan Pula Pola Hidup Sehat Lainnya!

Credit Image - indihome.co.id

Mendapatkan waktu tidur yang cukup memang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Nah, itulah informasi mengenai dampak buruk bermain gadget sebelum waktu tidur. Jadi, pastikan kamu menghindari kebiasaan buruk yang satu ini, ya.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com