Seperti diketahui, PPKM level 1 sampai 3. Sementara itu, untuk yang masih memberlakukan PPKM level 4, siswa disarankan untuk tetap belajar daring saja.

Pemerintah memberlakukan PTM terbatas di berbagai daerah, karena berdasarkan survei dari Satgas Penanganan Covid-19, hingga Agustus silam, presentasi kesadaran masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan sudah mencapai 60 persen.

Meski demikian, masih ada beberapa hal yang mesti dipatuhi selama belajar tatap muka berlangsung, termasuk anak harus menggunakan masker selama di sekolah – dan pastinya, masker tidak boleh diturunkan ke dagu!

Lebih lengkap mengenai protokol kesehatan selama proses PTM, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Semua Pihak Perlu Pakai Masker Secara Tepat, Bukan Di Dagu

Credit Image - haibunda.com

Dilansir dari PopMama, ada sebuah video yang beredar luas, di mana terjadinya pelanggaran tata cara penggunaan masker selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam video tersebut menunjukkan pemakaian masker yang tidak benar hingga penggunaan masker sebatas dagu.

Hal itulah yang mengakibatkan dihentikannya kegiatan PTM terbatas di salah satu sekolah dibilangan Jakarta Selatan. Pemberhentian tersebut dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pasalnya, kegiatan PTM tidak dilaksanakan berdasarkan ketentuan, serta prosedur yang berlaku.

Selama masa penghentian sementara, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta juga akan melakukan proses verifikasi kembali hingga satuan pendidikan itu dinyatakan dinyatakan siap untuk melaksanakan PTM Terbatas lagi.

Oleh sebab itu, hindari penggunaan masker yang tidak benar dan patuhi protokol dengan baik bagi semua satuan sekolah dan masyarakat agar kegiatan PTM Terbatas tersebut dapat berlangsung dengan baik, serta tidak menyebarkan virus Covid-19 di klaster sekolah.

Penerapan protokol kesehatan secara tepat perlu diterapkan oleh semua pihak, baik siswa, maupun pihak sekolah yang tengah bertugas.

 

Langgar Prokes? Pembelajaran Tatap Muka Bisa Dihentikan!

Credit Image - beritasatu.com

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta No. 883 Tahun 2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pembelajaran Campuran Tahap 1 pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Dalam kata lain, apabila satuan pendidikan dalam kegiatan PTM Terbatas tidak melaksanakan kewajiban perlindungan kesehatan bagi warga satuan pendidikan, akan dilakukan penghentian sementara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Untuk itu, diharapkan hal tersebut menjadi pembelajaran agar setiap satuan pendidikan dapat mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan memenuhi kedisiplinan protokol kesehatan, terutama keamanan anak dan warga sekolah lainnya.

 

Penerapan Protokol Kesehatan Secara Tepat, Jadi Kunci Utamanya

Credit Image - xinhuanet.com

Sudah menjadi keharusan bagi orangtua untuk membimbing Si Kecil mengenai penerapan protokol kesehatan, apalagi selama PTM sudah berlangsung. Tidak hanya itu, baik guru, siswa, hingga warga sekolah juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

Hal tersebut meliputi penggunaan masker – disarankan memakai masker ganda, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Selain itu, berbagai pihak juga perlu menerapkan etika batuk dan bersin yang baik.

Yang pasti, orangtua juga perlu melakukan upaya pencegahan penularan virus terhadap anak dengan menjaga kesehatannya. Seperti diketahui, sistem kekebalan yang kuat juga dapat meminimalisir risiko infeksi virus, lho. Dalam hal ini, orangtua bisa mengajak anak menjalani gaya hidup yang sehat.

Kebiasaan hidup sehat tersebut meliputi asupan makanan bernutrisi tinggi untuk anak, pastikan waktu istirahatnya sudah cukup, dan ajak anak untuk tetap aktif bergerak. Untuk optimalkannya, kamu juga perlu memberikannya asupan vitamin dan mineral.

Kedua nutrisi tersebut dapat ditemui di berbagai sumber makanan, seperti sayur dan buah. Tetapi, agar kebutuhannya semakin terpenuhi secara optimal, dianjurkan memberikan multivitamin anak dengan kandungan vitamin lengkap.

Direkomenasikan untuk memberi memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, kamu bisa membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Menerapkan protokol kesehatan secara tepat, termasuk menggunakan masker dengan benar merupakan hal terpenting selama proses PTM berlangsung. Dengan demikian, risiko terpapar virus pun bisa diminimalisir!

 

 

Featured Image - limapagi.id

Source - popmama.com