Selama bekerja, terlebih ketika work from home, memiliki tingkat fokus yang baik memang diperlukan, lho. Kalau sering merasa susah berkonsentrasi ketika melakukan kegiatan, artinya kamu membutuhkan asupan makanan khusus yang bisa membantu meningkatkan daya fokus, nih. Jadi, jangan lewatkan informasi di bawah ini, ya!

Jangan salah, ada beragam jenis makanan yang dapat membantumu lebih berkonsentrasi ketika melakukan pekerjaan, lho. Kalau kamu masih suka terdistraksi selama work from home, ada baiknya rutin mengonsumsi keenam sumber makanan berikut ini.

Jadi, apa saja sih jenis makanan yang dimaksud tersebut? Yuk, intip ulasan lengkapnya berikut ini, Enervoners!

 

 

#1 – Cokelat

Credit Image - healthline.com

Tahukah kamu bahwa makanan lezat yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi selama bekerja? Ya, dark chocolate – atau bubuk kakao merupakan makanan yang dipercaya mampu meningkatkan fokus ketika melakukan pekerjaan, lho. Mengapa demikian?

Pasalnya, makanan yang satu ini mengandung flavonoid, kafein, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan fokus berpikir. Nah, flavonoid yang ada di dalam cokelat hitam juga mampu meningkatkan daya ingatmu, lho.

Menurut penelitian oleh Georgina E. Crichton, Merrill F. Elias, dan Ala’a Alkerwi, orang-orang yang sering mengonsumsi cokelat memiliki memori yang lebih baik daripada yang jarang memakannya. Mulai sekarang, kamu bisa mencoba mengonsumsi cokelat secara rutin, dan rasakan khasiatnya untuk meningkatkan konsentrasi!

 

#2 – Ikan

Selanjutnya, ada juga ikan yang mampu membantu meningkatkan fokus selama bekerja, termasuk ketika menjalani work from home, nih. Ikan merupakan sumber makanan yang baik untuk meningkatkan konsentrasi, berkat kandungan Omega-3 di dalamnya.

Kandungan Omega-3 merupakan asam lemak yang sangat dibutuhkan, bahkan penting untuk otak agar bisa memperbaiki struktur sel neuron. Selain itu, Omega-3 juga akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang tentunya bisa membuat kemampuan berpikir dan berkonsentrasi menjadi lebih baik lagi, ya.

Untuk mendapatkan asupan Omega-3, kamu disarankan mengonsumsi ikan salmon, makarel, tuna, dan juga sarden. Tenang, sejumlah jenis ikan tersebut mudah didapatkan di pasaran, kok.

 

#3 – Alpukat dan Kacang-Kacangan

Credit Image - epicurious.com

Selanjutnya, ada pula alpukat dan kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi agar semakin fokus ketika bekerja. Alpukat merupakan makanan yang tidak kalah baiknya, dari jenis buah lainnya, lho. Buah yang satu ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sehat untuk tubuh.

Bahkan, konsumsi alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga membuatmu berpikir lebih jernih – dan mampu mengolah informasi dengan lebih baik.

Selain alpukat, ada pula kacang-kacangan yang merupakan makanan kaya akan lemak tak jenuh, serta potein yang baik untuk meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. Kandungan ini pun bisa membuatmu tetap berenergi di siang hari. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin E dan resveratol yang menyehatkan sel-sel otak.

 

#4 – Telur

Perlu diketahui, telur mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin B6, vitamin B12, folat, dan kolin yang diperlukan oleh otak agar bisa menjalani fungsinya dengan baik, sekaligus tetap sehat. Kolin yang terkandung dalam telur digunakan tubuh kuntuk memproduksi asetilkolin, yaitu neurotransmiter yang mengatur naik turunnya suasana hati dan daya ingat.

Semakin banyak kolin dalam tubuh, maka semakin baik mood dan kemampuanmu mengingat serta berkonsentrasi. Kandungan ini paling banyak ditemukan dalam kuning telur, ya. Jadi, jangan tinggalkan bagian tersebut ketika mengonsumsi telur!

 

#5 – Brokoli

Credit Image - cookidoo.com.au

Tahukah kamu bahwa sayuran hijau yang satu ini juga bisa meningkatkan konsentrasi selama bekerja? Ya, sayangnya, masih sedikit yang mengetahui manfaat brokoli ini, lho. Bahkan, tak sedikit pula orang yang enggan mengonsumsi brokoli, karena rasanya yang cenderung pahit. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh sayur hijau ini!

Brokoli merupakan antioksidan yang banyak mengandung vitamin K yang sangat dibutuhkan otak untuk membentuk sphingolipid. Senyawa lemak ini tak hanya mampu meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir, tetapi juga melindunginya dari kerusakan yang mungkin terjadi.

 

#6 – Makanan Kaya Akan Vitamin B

Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas. Dan pastinya, tingkat konsentasi tak akan terganggu, kan?

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah keenam jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi ketika bekerja, termasuk selama menjalani WFH. Yuk, rutin dikonsumsi, Enervoners!

 

 

Featured Image - seriouseats.com

Source - glints.com