Makan dalam porsi banyak merupakan hal wajar yang dilakukan ketika sedang dalam keadaan lapar. Namun, kalau porsi makan seperti ini berlangsung terus menerus, kemungkinan kamu sedang mengalami binge eating disorder.

Binge eating disorder merupakan perilaku makan yang tidak terkendali, karena cenderung makan dalam porsi banyak dan berlebih. Bahan, orang yang mengalami ini bisa makan berkali- kali meski  baru saja makan sebelumnya. Meski begitu, tidak semua orang yang hobi makan banyak berarti mengalami binge eating. Karena, seseorang yang mengalami binge eating sebenarnya sadar dengan kebiasaannya, tapi selalu merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ini.

Bagi kamu yang mengalami hal ini, kamu bisa menerapkan aturan berikut ini agar pola makanmu bisa kembali seperti semua.

1. Makan tepat waktu

Credit: Klik Dokter

Hindari menunda makan hanya demi mencegah kemungkinan makan dalam porsi banyak. Karena, kamu justru bisa kelaparan sehingga akhirnya makan dalam porsi yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan semakin kamu menunda waktu makan, maka perut juga akan semakin merasa lapar. Dan tanpa sadar, kamu akan mengambil makanan dalam jumlah banyak sebagai pemuas rasa lapar yang tertunda.

Sebaiknya kamu makan sehari 3 kali, dimulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu, sediakan waktu untuk makan camilan selama 2-3 kali dalam sehari di sela- sela waktu makan utama.

2. Konsumsi aneka ragam makanan

Credit: Hello Sehat

Dalam memperbaiki kebiasaan binge eating ini disarankan untuk mengonsumsi berbagai sumber makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral.

Agar lebih menarik saat dimakan, usahakan untuk memilih bahan atau sumber makanan yang kamu sukai. Namun ingat, porsi tersebut tetap harus seimbang. Misalnya, membagi makanan dengan mencukupi sumber karbohidrat, protein, serat, tapi sedikit lemak. Kemudian, sumber vitamin dan mineral bisa didapatkan dari lauk, sayur, atau buah- buahan.

3. Pastikan porsi makanmu cukup

Credit: Grid.ic

Mengembalikan kebiasaan binge eating ke pola makan semula memang tidak mudah, tapi wajib untuk dilakukan. Salah satunya yaitu dengan makan dalam porsi yang cukup.

Sebaiknya, kamu makan makanan dan camilan yang disukai. Akan tetapi, dengan mengganti menu makananmu setiap hari untuk mendapatkan semua gizi yang diperlukan oleh tubuh. Lakukan hal ini disertai dengan jadwal makan teratur setiap harinya. Perhatikan porsi makan harianmu dan jangan sampai terlalu banyak.

4. Kontrol keinginan untuk makan banyak

Credit: Hello Sehat

Keinginan makan dalam porsi banyak pasti muncul kembali. Saat rasa ini muncul, cobalah sebisa mungkin untuk menahannya. Memang, di awal mungkin terasa sulit. Namun lama kelamaan, biasanya kamu akan lebih terlatih dan terbiasa untuk makan dengan porsi secukupnya.

Kuatkan niat kamu untuk tetap menerapkan pola makan sehat demi menghindari binge eating. Selain itu, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekat dengan jalan- jalan, menonton film, atau yang lainnya.

5. Terapkan pola hidup sehat

Credit: washingtonpost.com

Dalam mengubah pola makanmu, harus diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Sebaiknya, kamu juga rutin untuk berolahraga, tidur yang cukup, serta kelola stress dengan baik.

Intinya, lebih baik menerapkan pola makan yang tepat untuk mengembalikan kebiasaan makan seperti semula. Selain itu, hindari melarang atau membatasi diri untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu, karena ini dapat membuat kamu semakin menginginkannya.

 

Featured Image - Hello Sehat