Saat ini, apakah kamu masih menjalani risiko paparan virus.

Meski demikian, terlalu lama berada di rumah dapat membuat banyak orang mengalami kenaikan berat badan, lho. Mudahnya akses untuk mengambil makanan, serta kurangnya aktivitas – yang akhirnya bikin kamu bosan menjadi salah satu dari penyebab melonjaknya berat badan selama WFH.

Untuk itu, kamu perlu melakukan berbagai cara mencegahnya, ya. Bukan tanpa alasan, pencegahan tersebut dilakukan agar terhindar dari risiko obesitas, yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Tapi, bagaimana caranya?

Tenang, kali ini Enervon bakal kasih 6 tips yang bisa diterapkan. Yuk, simak sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Perhatikan Porsi Makan

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Yang pertama, pastikan kamu sudah memerhatikan porsi makan. Hal inilah yang kerap diabaikan, apalagi kalau makan sembari asyik menyelesaikan pekerjaan di rumah. Akhirnya, banyak yang justru makan dengan porsi berlebihan. Atau bisa saja porsi tetap sedikit, namun frekuensi makan justru semakin bertambah dalam satu hari.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena kamu punya kesempatan lebih banyak, jika dibandingkan ketika berada di kantor. Khususnya yang tinggal di rumah, hal ini kemungkinan besar bisa terjadi kepadamu.

Oleh karena itu, cobalah untuk memerhatikan kembali porsi makan, ya. Jangan sampai asupan kalori yang berlebihan nantinya justru akan tertimbun menjadi lemak yang membuatmu mengalami kenaikan berat badan.

 

#2 – Aktif Bergerak

Berada di rumah saja membuatmu seringkali malas untuk berolahraga, ya? Jangan biarkan rasa malas tersebut berlarut-larut, sebab olahraga merupakan aktivitas yang perlu dilakukan secara rutin, lho. Namun sayangnya, kegiatan ini sering dilupakan, apalagi untukmu yang punya aktivitas padat selama WFH.

Nah, cobalah menjadwalkan setiap hari kerja di mana kamu harus berolahraga. Tak perlu yang terlalu berat, yang paling penting badan aktif bergerak. Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan di tempat, push up, peregangan tangan, dan masih banyak lainnya. Kombinasikan beragam olahraga ringan ini agar kamu tidak merasa bosan.

Tapi, kalau ingin melakukan olahraga berat, sebaiknya pilihlah di hari libur. Kamu bisa memainkan olahraga berat seperti renang, badminton, dan olahraga lainnya yang lebih memakan waktu di hari libur kerja.

 

#3 – Konsumsi Protein

Credit Image - gatra.com

Memperbanyak asupan protein juga beperan penting untuk mencegah kenaikan berat badan selama bekerja di rumah, lho. Pasalnya, mengonsumsi lebih banyak protein akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Kondisi tubuh merasa kenyang lebih lama membuatmu akan tahan godaan untuk makan baik itu makanan berat – maupun camilan. Jika kondisi ini terus terjadi, berat badanmu tentunya tidak akan naik, meskipun lebih sering beraktivitas di dalam rumah saja.

Makanan dengan protein tinggi juga bisa mudah ditemukan, kok. Seperti telur, susu, daging sapi tanpa lemak, ikan, udang, dan masih banyak makan berprotein tinggi lainnya. Dan, biar tidak bosan, cobalah melakukan penjadwalan tiap makanannya. Tak hanya itu, kamu pun bisa mencoba resep baru dengan bahan baku dari bahan makan berprotein tinggi.

 

#4 – Kunyah Makanan Perlahan

Selanjutnya, kamu juga perlu mengunyah makanan secara perlahan, ya. Hal ini bisa menghindarimu dari kenaikan berat badan selama WFH, bahkan dirimu dapat lebih mawas terhadap rasa kenyang dari makanan yang disantap.

Perlu diketahui, makan terlalu cepat dapat menambah lingkar pinggangmu. Tak hanya itu, jumlah porsi makanan yang dikonsumsi akan jauh lebih banyak dari jumlah kebutuhan makanan yang harusnya terpenuhi.

Kondisi tersebut bisa terjadi akibat sinyal kenyang sendiri membutuhkan waktu untuk diterima oleh otak. Ketika sinyal tersebut muncul, kondisi yang terjadi adalah kamu sudah terlanjur makan terlalu banyak.

Jadi, mengunyah secara perlahan sangatlah penting. Selain untuk menghindarkanmu dari lingkar pinggang yang bertambah, kamu pun bisa menikmati kelezatan makanan dengan tips ini.

 

#5 – Pilih Camilan Sehat

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Camilan adalah salah satu musuh utama dalam proses penurunan berat. Tak heran jika kamu wajib cermat untuk memilih camilan agar berat badan tidak mudah melonjak naik. Memang, tak bisa dipungkiri, makanan ringan sering dijadikan sebagai teman dalam mengerjakan tugas.

Dengan fokus pada pekerjaan, kamu pun bisa dengan mudah menghabiskan banyak camilan yang sudah dibeli dalam sekali duduk, lho. Dengan demikian, hal ini akan memicu berat badanmu naik. Cara yang paling tepat adalah dengan memilih camilan yang baik dikonsumsi untuk menemanimu selama bekerja.

Camilan sehat yang bisa dipilih pun bervariasi. Mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Selain sehat, kadar gula yang rendah dan kaya serat akan baik untuk mengontrol berat badan.

 

#6 – Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin

Tak bisa dipungkiri, memenuhi kebutuhan vitamin memang penting dilakukan, termasuk di masa wabah penyakit. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh, serta dapat membantu proses pemulihan ketika sakit.

Membatasi asupan makanan selama WFH, bukan berarti kamu tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup, ya. Jadi, pastikan kamu tetap rutin mengonsumsi sumber makanan kaya akan vitamin. Apalagi, vitamin C ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga imunitas.

Selain sumber makanan, asupan vitamin C sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah keenam tips yang bisa diterapkan untuk menghindari risiko kenaikan berat badan selama bekerja di rumah. Diterapkan, yuk!

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - bobobox.co.id