Mengawali pagi dengan rutinitas yang produktif sebenarnya dapat membuat suasana hati dan kesehatan menjadi lebih baik. Meskipun begitu, bagi beberapa orang menjalani kebiasaan baik di pagi hari ternyata sulit untuk dilakukan.

Banyak orang cenderung memilih untuk mematikan alarm mereka dan kemudian melanjutkan tidur. Pada umumnya, orang sehat mempunyai kebiasaan sendiri untuk mengawali hari mereka. Mulai dari bangun pagi sampai sarapan.

Orang yang terbiasa memiliki rutinitas di pagi hari cenderung dapat mengatur waktu dan memiliki jadwal yang teratur. Lalu apa saja kebiasaan baik di pagi hari yang seharusnya dilakukan? Berikut penjelasannya.

1. Bangun lebih awal

Credit: Hello Sehat

Bangun lebih awal merupakan kebiasaan baik di pagi hari yang terkadang sulit dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, bangun lebih pagi, merupakan awal yang baik.

Kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan sekaligus meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Pada umumnya, orang yang bangun lebih pagi dapat meluangkan waktu untuk sarapan, bahkan berolahraga. Selain itu, bangun lebih awal dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta tubuhmu bisa mendapatkan energi tambahan yang bisa menambah produktivitas kamu.

2. Hindari melewatkan sarapan

Credit: IDN Times

Ketika sarapan, kamu memberikan asupan kalori yang digunakan untuk beraktivitas seharian. Jika kamu tidak sarapan dan makan makanan rendah kalori di siang hari, justru dapat membuat berat badanmu meningkat.

Sarapan dapat meningkatkan performa, daya ingat, dan membuat otak lebih sehat. Selain itu, rutin sarapan di pagi hari juga dapat membantu tubuh mendapatkan asupan serat yang lebih banyak, dan membantumu memiliki jadwal makan yang teratur.

3. Olahraga

Credit: Suara

Olahraga pagi sebenarnya dapat dilakukan sebelum berangkat kerja. Ketika bangun lebih awal, kamu memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan aktivitas. Melakukan aktivitas fisik sudah pasti memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mental, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam harinya.

Kamu bisa melakukan olahraga aerobic, seperti latihan ketahanan otot selama 30 menit. Dan jika kamu malas berolahraga sendirian, ajaklah anggota keluargamu.

4. Membuat daftar tujuan pada malam hari

Credit: Pinterest

Sebenarnya, ini bukanlah kegiatan yang kamu lakukan di pagi hari. Namun, kegiatan ini bisa membantumu untuk memiliki kebiasaan baik keesokan paginya. Sebelum tidur, biasakan untuk menuliskan daftar kegiatan yang akan kamu kerjakan pada esok hari. Hal ini, dapat membuatmu menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan pertama kali setelah bangun tidur.

5. Tidak lupa bersyukur

Credit: dreamstime.com

Salah satu kunci utama dari keberhasilan kebiasaan baik di pagi hari adalah bersyukur. Kamu bisa memiliki pikiran positif dengan bantuan meditasi, yang bermanfaat untuk meyiapkan mental dan membuat pikiranmu jadi lebih jernih.

Banyak orang mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan adalah memiliki kebiasaan baik di pagi hari. Hal ini benar adanya, karena dengan memiliki aktivitas yang teratur, tubuh akan terasa lebih segar dan suasana hatimu pun menjadi lebih stabil.

 

Featured Image - Readers Digest