Tak hanya soal kesehatan secara fisik saja, namun menentukan keputusan.

Bahkan, hal ini juga memiliki kaitan dengan fisik yang sehat. Misalnya, ketika stres, bukan tidak mungkin kekebalan tubuh akan menurun – dan menyebabkan tubuh mudah sakit. Jadi, kalau kesehatan mental tidak diperhatikan dengan baik, maka dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik.

Meski sama-sama penting, sayangnya kesehatan mental masih sering diabaikan. Masih banyak pula yang tak menyadari kalau kebiasaan sehari-hari pun ikut memengaruhi kesehatan mental. Nah, agar tetap merasa bahagia, ada 5 kebiasaan yang baiknya diterapkan.

Apa saja kebiasaan tersebut? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Luangkan Waktu Untuk Istirahat

Credit Image - hot.liputan6.com

Kalau kamu sering merasa kelelahan, meski terlihat sepele, namun mengabaikan rasa lelah tersebut juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh, lho. Tak hanya sekedar soal fisik saja, namun hal ini ikut berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Terlalu memaksakan diri ketika bekerja akan membuatmu terjebak dalam rasa stres – hingga kelelahan berlebihan. Kalau sudah begini, alih-alih pekerjaan selesai, justru kinerja akan semakin menurun, lho. Rasa lelah akan membuatmu selalu merasa tertekan dan tidak bahagia. Kalau kamu tipe orang yang masih suka mengabaikan rasa lelah, coba di ubah, ya!

 

#2 – Pola Tidur Teratur

Apakah kamu punya pola tidur yang tak beraturan, seperti sering tidur larut malam, lalu bangun terlalu siang? Jangan disepelekan, hal ini juga ikut memengaruhi kesehatan secara mental. Jika kamu masih sering begadang, maka cobalah ubah kebiasaan buruk yang satu ini, yuk!

Pola tidur yang teratur akan membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-hari. Dengan tidur yang cukup, rasa stres pun bisa berkurang, bahkan suasana hati juga ikut membaik. Nah, kalau mood dalam keadaan bagus, kamu juga akan merasa lebih semangat, dan berenergi dalam melakukan aktivitas harian.

 

#3 – Berpikir Positif

Credit Image - lokadata.id

Meskipun terdengar sederhana, cara berpikir ternyata sangat mempengaruhi kesehatan mental, lho. Apabila kamu termasuk orang yang suka berpikiran negatif, cobalah ubah hal yang satu ini, ya. Selalu berpikiran negatif dapat membuatmu berada dalam kecemasan dan mengganggu kesehatan mental.

Jadi, agar kesehatan mental dapat terjaga dengan baik, kamu perlu membiasakan diri untuk berpikir positif. Dengan membiasakan positive thinking, kamu pun dapat lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani kehidupan sehingga mengurangi resiko depresi dan kecemasan.

 

#4 – Luangkan Waktu Untuk Hobi

Setiap orang pasti punya hobinya masing-masing, termasuk dirimu, kan? Nah, dengan meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai dapat membawa pengaruh positif terhadap kesehatan mental, nih.  Hobi dapat mengalihkan pikiran dari depresi dan tekanan yang tidak menyenangkan. Rasa jenuh dan mood yang berantakan seolah dapat terobati, ketika kamu melakukan aktivitas yang disukai.

Melakukan hobi bisa membuat pikiran menjadi lebih segar – dan menjadi salah satu “obat” ketika sudah terlalu lelah. Ketika pikiran kembali fresh, maka kamu akan mendapatkan tambahan energi baru sehingga lebih bersemangat dalam menjalankan kegiatan lainnya.

 

#5 – Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Credit Image - indozone.id

Yang terakhir, dan tentu tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan mental, yaitu mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Ini merupakan bentuk penghargaan yang paling sederhana atas kerja keras yang sudah dilakukan selama ini. Bagaimanapun, kamu sudah berusaha keras – dan  jerih payahmu patut dihargai.

Dengan berterima kasih pada diri sendiri kamu akan merasa lebih bahagia sekaligus mendapat energi semangat baru. Semangat yang muncul akan memperbaiki suasana hati, sehingga kamu lebih berenergi dalam setiap kegiatan.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai kebiasaan baik yang bisa membantu menjaga kesehatan mental. Meski terlihat sepele, namun hal yang satu ini penting, lho. Jadi, mulai sekarang, yuk terapkan 5 kebiasaan baik di atas agar tetap merasa bahagia!

 

 

Featured Image - madiuntoday.id

Soure - idntimes.com