Mengonsumsi beragam sumber makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh memang penting, terutama di masa pandemi. Hal ini juga termasuk makanan kaya akan vitamin B kompleks yang juga penting asupannya sebagai penunjang imunitas tubuh.

Namun, pernahkah kamu merasa bosan, karena harus mengonsumsi makanan peningkat imun tubuh yang itu-itu saja? Sepertinya, hal yang satu ini kerap menjadi permasalahan banyak orang, ya. Tapi tak perlu khawatir, karena masih ada banyak makanan sehat lainnya – yang pasti tak kalah enak, lho.

Selain itu, kamu juga tak perlu ribet dalam mengolahnya, misalnya cukup dipanggang, atau direbus saja. Dijamin rasanya pun bikin ketagihan, lho. Untuk memastikan vitamin B kompleks di dalam makanan bisa diserap dengan baik, pastikan kamu membeli bahan makanan yang segar.

Berikut ini, ada 5 rekomendasi makanan kaya akan vitamin B kompleks yang bisa dijadikan sebagai pilihan tepat. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Omelet

Credit Image - thepioneerwoman.com

Tak bisa dipungkiri, sarapan omelet dengan cita rasa gurih dan lembut memang tidak pernah salah. Apakah kamu setuju? Biar makin nikmat, kamu juga bisa menambah keju yang juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks, lho.

Keju dan telur sama-sama makanan yang kaya akan vitamin B, apalagi vitamin B2 yang berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh. Menurut SELF Nutrition Data, dalam 50 gram telur mengandung sekitar 15 persen dari jumlah vitamin B2 harian yang disarankan. Begitu pula dengan keju yang juga mengandung vitamin B2, sehingga kombinasi menu sarapan satu ini cocok dijadikan sebagai pendongkrak kekebalan!

 

#2 – Ayam Panggang

Ayam panggang dengan daging yang lembut – dan gurih, tentu saja sangat menggugah selera. Siapa juga yang bisa menolak hidangan yang satu ini? Tak hanya nikmat, namun ayam panggang juga dikenal sebagai makanan kaya akan vitamin B kompleks.

Disebut juga sebagai roasted chicken, menu ini biasanya mesti dimasak dengan banyak rempah. Dalam campurannya kamu bisa memanggang ayam bersama bawang putih, merah, bombai, dan herbs yang juga bermanfaat baik untuk tubuh.

Dikutip dari Healthline, ayam dan kalkun terutama bagian daging putihnya tinggi akan vitamin B6, B3, dan B2. Kekayaan vitamin B tersebut baik untuk imunitas. Apalagi jika kamu memasaknya dengan bawang putih yang juga dapat membantu mencegah infeksi bakteri penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh.

 

#3 – Tiram

Credit Image - suara.com

Tahukah kamu bahwa makanan laut yang satu ini juga kaya akan vitamin B kompleks? Ya, tiram menjadi salah satu sumber vitamin B yang tepat – bahkan, disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, lho. Tak hanya mengandung vitamin B12 saja, namun tiram juga kaya akan vitamin B2 – alias riboflavin.

Dalam 100 gram tiram mengandung sekitar 26 persen vitamin B2 dari jumlah konsumsi harian yang disarankan. Selain itu, vitamin B2 dan B12 saja, tetapi tiram juga mengandung zinc yang juga tidak kalah pentingnya untuk mempertahankan daya tahan tubuhmu.

 

#4 – Salmon

Untuk yang suka masakan dengan bahan dasar ikan, wah menu yang satu ini patut kamu coba, nih! Memasak salmon dengan cara pan fried – atau digoreng di atas teflon dengan sedikit minyak sudah sangat nikmat, lho. Cukup tambahkan garam dan lada sebagai seasoning untuk meningkatkan rasanya.

Biar lebih sehat, kamu juga dapat menyajikan salmon dengan mased potato, maupun creamy spinach, ya. Bukan cuma enak, jika kamu mengonsumsi 100 gram salmon dalam sehari, sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B6, B2, B1, dan B5 yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan.

 

#5 – Keju

Credit Image - edition.cnn.com

Seperti disebutkan sebelumnya, keju juga termasuk sumber makanan vitamin B yang baik dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya bisa meningkatkan sistem imun saja, namun vitamin B kompleks pun ampuh mengoptimalkan proses metabolisme, nih.

Dalam penelitian European Journal of Clinical Nutrition tahun 2009, produk susu seperti keju, umumnya mengandung 22-25 persen dari jumlah saran riboflavin harian yang dapat dikonsumsi manusia. Maka dari itu, kamu bisa menikmati keju sebagai topping roti bakar atau saus pasta yang nikmat!

Mendapat asupan vitamin B kompleks yang tepat memang bisa memberikan manfaat yang maksimal, termasuk dalam meningkatkan kekebalan. Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapat asupannya secara rutin, termasuk dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana nih? Kini, kamu sudah mengetahui kelima jenis menu masakan yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks, ya. Jadi, jangan ditunda lagi, yuk rutin konsumsi sejumlah makanan di atas agar kesehatan tubuh semakin terjaga!

 

 

Featured Image - foodtempel.com

Source - kumparan.com