Setiap orang pastinya pernah merasakan stres terhadap pekerjaan yang dijalani. Apakah kamu setuju? Ya, kondisi yang juga disebut sebagai burnout – kerap menjadi masalah yang sering dihadapi para pekerja, lho.

Burnout merupakan kondisi di mana kamu merasa stres, hingga kelelahan berlebihan karena adanya suatu tuntunan tertentu. Bukan hanya menyangkut fisik saja, namun kondisi burnout juga bisa membuatmu lelah secara mental dan emosional.

Tak bisa dipungkiri, tekanan pekerjaan dapat menyita banyak waktu, pikiran, sampai tenaga. Ketika tidak bisa mengelola stres dengan baik, maka bukan tak mungkin kamu bakal mengalami kondisi yang satu ini. Kalau dibiarkan berlarut pun, burnout dapat mengakibatkan dampak buruk.

Setidaknya ada 5 dampak buruk yang bisa disebabkan oleh kondisi burnout – dan pastinya wajib kamu waspadai, ya. Biar tak penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini, Enervoners!

 

 

1. Mengalami Gangguan Tidur

Credit Image - medcom.id

Kondisi burnout dapat mmebuatmu selalu merasa dalam tekanan, bahkan tidak dapat rileks. Ini tentu dapat mempengaruhi kualitas istirahat, kan? Selain itu, pola tidur bisa menjadi berantakan, misalnya meskipun lelah tetapi kamu kesulitan tidur, sehingga mau tidak mau akan begadang sampai pagi.

Padahal kualitas tidur itu penting untuk kesehatan, lho Tidur yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh, serta membuatmu lebih berenergi dalam menjalani aktivitas keesokan harinya. Ketika pola tidurmu berantakan, maka bukan tidak mungkin dapat memicu potensi penyakit serius!

 

2. Lelah Berkepanjangan

Kalau kamu sering merasa kelelahan juga patut diwaspadai, nih. Pasalnya, burnout juga bisa menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan. Kamu tak hanya akan merasa lelah secara fisik saja, melainkan berkaitan dengan mental dan emosional.

Tubuh akan terasa sangat letih dan rasanya ingin marah-marah terus. Walaupun sudah beristirahat, namun sayangnya rasa lelah tersebut tidak kunjung hilang – dan suasana hati juga semakin memburuk. Terlihat sepele, ya? Memang sih, namun sayangnya masih banyak yang mengabaikannya. Padahal apabila dibiarkan ini tentu akan mengganggu kesehatan. Rasa kelelahan yang teramat sangat dapat membuatmu rentan terkena penyakit.

 

3. Menurunkan Imun Tubuh

Credit Image - lokadata.id

Rasa stres dan tertekan yang dibiarkan berlarut-larut bisa juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh, lho. Sayangnya, hal ini masih sering diabaikan, padahal efek dari burnout bakal merembet ke kondisi kesehatan tubuh, baik secara mental maupun fisik.

Dengan adanya kondisi burnout, sistem imunitas tubuhmu dapat mengalami penurunan. Hal ini tentu sangat berbahaya, kan? Daya tahan tubuh yang mengalami penurunan dapat membuatmu rentan terkena penyakit, mulai dari penyakit ringan yang dapat dengan mudah disembuhkan maupun penyakit serius yang mengancam jiwa.

 

4. Memicu Depresi

Selanjutnya, burnout pun dapat membuatmu selalu tertekan – dan merasa sia-sia. Hal ini akan menurunkan semangat, serta motivasi untuk menjalani kegiatan. Selain itu, seseorang yang mengalami kondisi tersebut juga cenderung merasa tidak berdaya dan mudah menyerah.

Burnout tentu bisa membuatmu semakin merasa berantakan. Suasana hati yang buruk ditambah dengan beban kerja dan lelah yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kesehatan mental. Apabila terus-terusan seperti ini bukan tidak mungkin dapat mengarah ke depresi.

 

5. Mengalami Gangguan Kecemasan

Credit Image - health.kompas.com

Burnout yang berlarut-larut dapat membuatmu merasa gelisah, atau tertekan sepanjang waktu. Kamu mengalami rasa khawatir secara berlebihan terhadap hal-hal yang belum pasti. Kamu terlalu takut apabila tidak dapat menjalankan tuntutan dengan baik dan justru menghadapi kemungkinan terburuk.

Kegelisahan dan rasa khawatir yang berlebih dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Apabila berlanjut secara terus menerus, hal ini tentu dapat memicu gangguan kecemasan yang pada akhirnya akan menyebabkan berbagai penyakit serius.

 

Itulah kelima dampak burnout yang bisa terjadi. Memang, sekilas kondisi ini tampak sepele, meski demikian kalau dibiarkan begitu saja, beragam efek buruk untuk kesehatan pun dapat dialami, lho. Untuk itu, tetap waspadai burnout, sehingga dampaknya dapat dihindari!

 

 

Featured Image - openaccessgovernment.org

Source - idntimes.com