Rasa percaya diri yang menurun memang seringkali dialami banyak individu. Apakah kamu juga termasuk? Hal ini bisa berkaitan dengan berbagai aspek dalam kehidupan, tak terkecuali urusan pekerjaan.

Jika kepercayaan diri sedang rendah, ada baiknya tidak dibiarkan berlama-lama ya, Enervoners. Bagaimana tidak? Rasa rendah diri justru dapat menghambat proses dalam mengembangkan potensi diri, lho. Untuk itu, kamu perlu melawan perasaan tersebut dengan berbagai cara – dan raih kembali rasa percaya dirimu.

Proses untuk meningkatkan kepercayaan diri tidaklah mudah, namun bukan tak mungkin. Biar semakin mudah dijalani, ada beragam kegiatan yang direkomendasikan untuk dilakukan, dan pastinya bisa bermanfaat mendongkrak kembali rasa PeDe yang hilang.

Apa saja kegiatan tersebut? Simak ulasannya sampai habis, yuk!

 

 

Memuji Diri Sendiri

Credit Image - liputan6.com

Meski terlihat sederhana, namun kegiatan memuji diri sendiri, termasuk di depan kaca bisa membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri, lho. Memang, mungkin akan terlihat aneh di awalnya, tetapi coba biasakan untuk memuji diri sendiri setiap kali bercermin, ya.

Jadikanlah kegiatan yang satu ini sebagai kebiasaan baik – dan jangan biarkan dirimu memikirkan berbagai standar yang ditetapkan orang lain, serta percayalah bahwa kamu menawan apa adanya. Ingatlah bahwa pemikiran negatif yang ada di dalam benak tiap bercermin juga perlu diabaikan, sehingga kepercayaan diri pun dapat diperbaiki dengan maksimal.

 

Mengasah Keterampilan, Belajar Hal Baru

Dengan mempelajari berbagai hal baru, sekaligus mengasah keterampilan, kamu akan merasa bangga akan wawasan yang terus bertambah. Selain itu, orang-orang di sekitar juga tidak akan lagi meremehkan dirimu – atau membuat frustasi, sehingga kehilangan kepercayaan diri.

Mungkin, proses yang dilewati tidak akan mudah, tetapi secara perlahan kamu dapat mulai mempelajari banyak hal – hindari terus mengikuti rasa ragu yang kerap menghantuimu. Pikirkan saja keuntungan yang bakal kamu dapatkan di kemudian hari.

 

Memberikan Hadiah Untuk Diri Sendiri

Credit Image - popbela.com

Untuk membangkitkan kembali kepercayaan diri, sebaiknya kamu memberikan apresiasi yang bertujuan guna menghargai dirimu sendiri. Dalam hal ini, ada beragam cara yang dapat dilakukan, mulai dari membeli barang yang diinginkan, atau membeli makanan favorit. Apapun pilihannya, yang penting sesuatu hal tersebut bisa membuatmu merasa bahagia.

Dengan memberikan apresiasi, rasa kepercayaan diri akan hadir dengan sendirinya, dan kamu pun akan beranggapan bahwa harus terus berusaha dalam mencapai tujuan yang lebih besar. Selain itu, kamu juga bakal terus melawan rasa sungkan – karena, menyadari bahwa keinginan bisa dicapai dengan usaha keras dan rasa percaya diri.

 

Ingat Setiap Pencapaian

Dalam hidup, pasti kamu sudah berhasil mencapai banyak hal penting, tak peduli seberapa besar atau kecil hal tersebut. Yang terpenting, ketika kamu berhasil menggapai keinginan, terus ingatlah pencapaian tersebut. Dan, jadikan pengalaman untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Dengan menghargai dan menganggap setiap pencapaian tersebut, kamu pun bisa meraih tujuan yang lebih besar lagi di kemudian hari. Percayalah bahwa kamu juga bekerja keras – catatlah beragam pencapaian selama ini, dan bacalah kembali ketika sedang dalam keadaan terpuruk – atau sedang ingin menyerah.

Cara tersebut akan membuat kepercayaan diri meningkat, serta tak lagi sungkan dalam menetapkan tujuan yang lebih besar.

 

Berpikir Positif

Credit Image - klikdokter.com

Yang tidak kalah pentingnya, kamu perlu terus berpikiran positif terhadap diri sendiri, serta kemampuan yang dimiliki. Dan, manfaatkan kemampuan tersebut untuk mencoba berbagai hal baru yang bisa membuatmu semakin unggul di berbagai hal.

Kalau sudah unggul, pastinya rasa kepercayaan diri tidak akan menurun, kan? Hal ini juga enggan membuatmu berpuas diri, sehingga terus mengusahakan yang terbaik.

Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan pikiran positif dengan melakukan diskusi dengan orang lain, lho. Dengan cara ini, kamu akan memahami pemikiran orang lain – dan mendapatkan wawasan baru. Berdikusi juga akan membantu mengerti pemikiran sendiri, karena segala ungkapan akan pemikiranmu biasanya terlontar secara spontan, jika sudah berada dalam keadaan nyaman dengan teman diskusi.

Melakukan sejumlah kegiatan di atas memang bisa mendorong rasa kepercayaan diri, sekaligus membuatmu semakin produktif dalam bekerja, ya. Namun yang tidak boleh dilupakan, pastikan juga kamu sudah memiliki energi yang cukup dalam melakukan aktivitas harian.

Biar kamu makin aktif dan produktif, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang punya berbagai kandungan vitamin lengkap – dan pastinya baik untuk kesehatan tubuhmu.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima kegiatan yang bisa membantu mendongkrak rasa kepercayaan diri. Jadi, apakah kamu sudah rutin melakukan sejumlah aktivitas di atas? Kalau belum, tak ada salahnya untuk mulai mencoba, lho!

 

 

Featured Image - kumparan.com