Di masa pandemi, tak sedikit individu yang risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk virus corona pun bisa diminimalisir.

Menjaga kesehatan pun dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana, salah satunya rutin mengonsumsi sejumlah minuman sehat. Kalau kamu mendengar kata “minuman sehat” – mungkin, hal yang terlintas di pikiranmu, yaitu cairan yang punya banyak nutrisi, dan bermanfaat buat tubuh semakin bugar.

Meski demikian, sayangnya tidak semua minuman sehat, dapat dianggap benar-benar sehat, lho. Apalagi, kalau minuman tersebut diolah dengan cara yang salah, seperti di proses – atau diberikan tambahan tertentu.

Nah, agar tidak kehilangan manfaat baiknya, ada baiknya kamu mengetahui lima daftar minuman sehat yang bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Pastikan kamu menyimak ulasannya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Jus Dengan Gula

Credit Image - bbcgoodfood.com

Apakah kamu suka mengonsumsi jus setiap harinya? Hal ini tidaklah salah, kok. Sebab, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya memang berkhasiat buat kesehatan. Namun, kamu perlu mencermati pernak-pernik dalam jus yang dikonsumsi.

Terlebih, jika jus yang dipilih dalam bentuk kemasan – yang biasanya mengandung gula dan pengawet. Sering mengonsumsi jus kemasan bisa berpotensi menaikkan gula darah dan kalori, sehingga risiko obesitas dapat terjadi.

Jadi, cobalah minum jus dari buah segar langsung, tanpa tambahan gula. Konsumsi secara selang-seling dengan buah aslinya. Lalu, kurangi pula frekuensimu minum jus buah kemasan, ya!

 

#2 – Sport Drink

Bobot vitamin dan mineral dalam sport drink memang dapat bermanfaat untuk tubuh. Terlebih, jika kamu sedang merasakan dahaga yang cukup hebat. Meski demikian, perlu diingat bahwa sport drink sebenarnya didesain untuk olahraga, lho.

Kandungan gula dan elektrolit di dalamnya bisa membuat cairan tubuh tetap seimbang, namun setelah energimu habis digempur. Oleh karena itu, kalau sedang tidak melakukan aktivitas fisik, artinya kamu tak memerlukan minuman yang satu ini!

Alih-alih minum sport drink, ada baiknya minum air putih ketika sedang haus. Kalau masih terasa kurang puas, tambahkan es batu, maupun menambahkan jeruk nipis – sebagai alternatif yang juga bisa menyegarkan tubuh. Atau, dapat eduh teh hijau yang tidak terlalu pekat. Dengan demikian, kamu tidak perlu tambahan kalori, kan?

 

#3 – Kopi dan Teh

Credit Image - thejakartapost.com

Tak bisa dipungkiri, meminum teh atau kopi merupakan ritual yang wajib dilakukan sebelum memulai aktivitas harian. Nah, kedua minuman tersebut punya kandungan antioksidan, serta kafein di dalamnya yang dapat membantumu berpikir lebih cepat, lebih jernih, segar, dan relaks.

Namun, keduanya menjadi berbahaya jika kerap dikonsumsi bersama gula, krimer, whipped cream, sirup pemberi rasa, hingga topping, lho. Sejumlah pendamping minuman tersebut akan berkontribusi dalam penambahan kalori yang dikonsumsi.

Mulai sekarang, coba minum teh atau kopi tanpa diberi tambahan. Tapi, kalau tak suka kopi tanpa gula, boleh saja kamu menambahkannya sedikit. Sementara itu, hindari tambahan minuman yang lainnya. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan susu rendah lemak, kok.

Selain itu, sebisa mungkin jauhi juga teh dan kopi dalam kemasan siap minum. Umumnya, minuman kemasan mengandung banyak gula. Jadi, lebih baik menyeduh teh atau kopi sendiri saja.

 

#4 – Smoothies

Smoothies mengandung kalsium dari susu atau yoghurt, vitamin, mineral, dan phytochemical dari buah-buahan. Kemudian, ada juga nutrisi lain dari tambahan bahan, seperti wheatgerm, herbal, sampai antioksidan dari teh hijau.

Jadi, bisa dibilang smoothies adalah minuman yang mengandung makanan lengkap, tapi tidak diperhitungkan sebagai penambah kalori. Sebab, tidak dikunyah dan tidak mengandung banyak serat, minuman ini tidak membuatmu kenyang dalam waktu lama.

Namun anggapan tersebut bisa salah, bahkan dapat menjadi awal kalori tersembunyi yang masih ke dalam tubuh. Sebaiknya, pilih smoothies dengan kadar gula paling sedikit. Misalnya yang mengandung susu segar, plain yogurt, atau buah segar. Dan, hindari yang mengandung sirup atau gula.

 

#5 – Yogurt

Credit Image - kompas.com

Sama seperti jus, tidak ada salahnya rutin mengonsumsi yogurt, kok. Minuman yang satu ini memang bisa menjadi pereda haus, sampai menjadi alternatif sumber kalsium – kalau kamu alergi, atau tidak mengonsumsi susu.

Namun, rasa asamnya kadang-kadang dianggap kurang bersahabat bagi sebagian orang. Oleh karena itu, beberapa produsen menambahkan gula dalam jumlah banyak untuk menetralkan asamnya. Solusinya, kamu bisa pilih yoghurt yang rendah lemak. Rasa asamnya sendiri bisa kamu lunturkan dengan madu atau buah-buahan, seperti pisang, pepaya, atau mangga.

Memang, menghindari menambahkan gula maupun pemanis lainnya penting dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Tapi, yang tidak kalah pentingnya dalam mempertahankan kondisi tubuh, pastikan kamu rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan minum suplemen dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, kamu sudah mengerti ya mengapa sejumlah minuman tersebut bisa menjadi tidak sehat? Untuk itu, perhatikan kembali kandungan yang ada di dalam minuman agar kesehatan tetap terjaga, ya!

 

 

Featured Image - washingtonpost.com

Source - idntimes.com