Apakah kamu termasuk yang sering begadang? Hati-hati, kebiasaan yang satu ini dapat menyebabkan berbagai dampak buruk, lho. Tak hanya soal kesehatan saja, tapi begadang juga bisa memengaruhi aktivitas harianmu.

Kalau berbicara soal begadang, sebenarnya hal tersebut sah-sah saja dilakukan sesekali, misalnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang tengah diburu deadline – atau ada tugas yang mesti kamu kumpul keesokan paginya. Tapi, bukan berarti begadang boleh dijadikan kebiasaan rutin, ya.

Begadang setiap hari dapat menimbulkan efek negatif yang bisa merugikan diri sendiri, sekaligus menyulitkan hidupmu. Nah, kali ini, Enervon bakal kasih tahu 5 dampak buruk dari kebiasaan tersebut. Pastikan kamu menyimak informasinya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Manajemen Waktu Buruk

Credit Image - kehidupanbiasa.id

Dampak negatif pertama, yakni manajemen waktumu menjadi buruk. Karena, kalau begadang, sudah pasti sulit untuk bangun pagi – dan akibatnya selalu kesiangan. Benar, kan? Jika sudah begini, hal tersebut bisa memengaruhi berbagai hal lainnya, lho.

Misalnya, membuatmu terlambat datang ke kantor, hingga melewatkan jam janji temu yang sudah diatur sebelumnya. Jadi, kamu tak bisa mengatur waktu dengan baik, bahkan orang di sekitar bisa merasa kesal dengan hal tersebut.

 

#2 – Kurang Semangat Bekerja

Sering begadang juga dapat menyebabkan dampak buruk lainnya, berupa gangguan ketika kamu bekerja. Biasanya, kalau kurang tidur bisa membuatmu kurang bersemangat, karena terus merasa mengantuk. Mengingat malam hari yang seharusnya digunakan untuk tidur, malah digunakan buat begadang.

Selain mengantuk, tentunya tubuh kurang prima, sehingga pekerjaan pun tak bisa diselesaikan dengan maksimal. Wah, dampak yang satu ini bisa berbahaya, lho. Pasalnya, kinerja dan performa kerjamu bakal terganggu!

 

#3 – Tak Berenergi Untuk Melakukan Kegiatan

Credit Image - health.detik.com

Apakah kamu masih punya kebiasaan begadang? Hal yang satu ini juga bakal membuatmu kurang energi, sehingga aktivitas tak bisa dilakukan dengan maksimal. Jadi, walaupun kelihatannya sepele, tapi kurang tidur punya efek yang besar.

Kebanyakan begadang membuatmu menjadi malas untuk melakukan apa-apa, yang akhirnya malah menunda-nunda. Kalau dipaksakan pun, apa yang dilakukan nantinya juga tak bisa memberikan hasil maksimal. 

 

#4 – Menjadi Mudah Sakit

Kalau sering begadang dan kurang istirahat tentunya ketahanan tubuhmu menjadi menurun dan membuatmu jadi mudah terserang penyakit, ya. Ini karena kamu tak beristirahat dengan cukup, namun tetap menggunakan energi yang banyak setiap harinya.

Ingatlah bahwa setiap manusia membutuhkan istirahat, pasalnya kamu bukan robot yang bisa aktif terus-menerus, nih. Untuk itu, kalau tidak mau gampang sakit, hindari begadang – kecuali memang benar-benar perlu. Dan, pastikan kamu sudah mengatur waktu tidurmu agar tubuh punya cukup energi, ya.

 

#5 – Kulit Wajah Pun Ikut Bermasalah

Credit Image - dream.co.id

Tidak hanya memengaruhi tubuh – dan juga aktivitas sehari-hari, tetapi sering begadang juga bakal berpengaruh pada kondisi kulitmu, lho. Terutama pada perempuan yang tingkat sensitifitas kulitnya lebih tinggi.

Jika masih sering begadang, maka kulit kemungkinan besar terlihat lebih kusam, kering, timbul lingkaran hitam di bawah mata, hingga tumbuhnya jerawat wajah. Tak ingin kan kulit menjadi rusak karena kebiasaan yang satu ini? Maka, tidurlah dengan cukup, ya!

Nah, kalau kamu sudah tahu dampak buruk dari kebiasaan begadang, kini sudah saatnya mengatasi permasalahan yang satu ini. Jika masih sulit untuk tidur, ada berbagai asupan vitamin dan mineral yang bisa membantu, lho, mulai dari vitamin C, vitamin B6, dan zinc yang bisa membantu tubuh lebih rileks – sehingga kamu lebih mudah terlelap.

Ketiga asupan nutrisi tersebut pun bisa kamu peroleh dengan mudah, yakni mengonsumsi suplemen multivitamin dari Enervon.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Dan yang pasti, kandungan vitamin C, vitamin B6, dan zinc di dalam multivitamin Enervon bakal membantumu lebih cepat terlelap di malam hari, sehingga kebiasaan begadang dapat segera teratasi!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima dampak buruk dari begadang yang bisa memengaruhi kesehatan, hingga aktivitas harianmu. Apakah kamu masih suka melakukan kebiasaan ini? Yuk, segera dihentikan, ya!

 

 

Featured Image - berkeluarga.id

Source - idntimes