Pekerjaan dengan intensitas yang banyak terkadang membuat kamu kehilangan konsentrasi atau kurang fokus. Terkadang produktivitas pun akan menurun karena kurangnya hal tersebutm oleh sebab itu untuk menjaga konsentrasi ketika sedang bekerja merupakan hal yang sangat penting.

Memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi tentuya akan membuat kamu lebih mudah untuk menyelesaikan tugas-tugas penting dengan efektif dan efisien. Besar kemungkinan juga apabila kamu kehilangan konsentrasi, pekerjaan pun akan terbengkalai atau sering melakukan kesalahan.

Enggak mau kan kalau it uterus menerus terjadi di kehidupan keseharian kamu, oleh sebab itu di dalam artikel ini akan membahas cara-cara ampuh agar kamu tetap bisa menjaga konsentrasi ketika menjalani kehidupan pekerjaamu. Daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Rencanakan Tugas-Tugas

Cara Mudah Untuk Menjaga Konsentrasi Ketika Bekerja! Credit: bijibersemi.com/

Semakin baik perencanaan yang kamu miliki, maka kemungkinan pekerjaanmu selesai akan semakin besar, langkah awal yang mudah untuk dilakukan ialah dengan membuat sebuah perencanaan agar kamu tahu tugas mana yang harus diselesaikan pada hari kerja.

Merencanakan tugas-tugas dalam pikiran kamu juga bisa menjadi solusinya, tapi buat kamu yang sering lupa jangan khawatir, karena kamu bisa membuat to-do list harian. Waktu membuatnya pun bisa kamu lakukan di pagi hari atau malam hari sebelumnya.

Tugas-tugas yang memiliki kaitan erat dengan karier, finansial atau sasaran kamu pun harus menjadi prioritas. Dengan membatasi tugas-tugas penting tersebut tentunya bisa menjadi langkah yang bisa kamu lakukan, misalnya saja 3 buah per hari, agar tidak terbebani yang berlebih.

Singkirkan Pengganggu

Cara Mudah Untuk Menjaga Konsentrasi Ketika Bekerja! Credit: /twitter.com

Terkadang faktor utama yang sering mengganggu performa bekerja kamu ialah pengganggu, untuk itu pengganggu ini harus disingkirkan terlebih utama agar konsentrasi pun tidak terganggu. Tentunya ada banyak hal yang bisa dikategorikan sebagai pengganggu.

Bisa berasal dari lingkungan kerja, telefon seluler kamu atau sosial media sekalipun. Tidak terlalu sulit kok untuk bisa menyikirkan pengganggu tersebut selama kamu memiliki kemauan untuk menyingkirkannya. Paling mudahnya untuk telefon seluler kamu, coba deh untuk mengaktifkan fitur senyap.

Memiliki ruang kerja sendiri? Tentunya akan semakin mudah untuk menghilangkan penganggu ketika sedang bekerja. Dengan cara menutup pintu dan memasang label jangan diganggu dari pukul sekian ke sekian pun bisa menjadi sebuah siasat yang bisa kamu lakukan loh.

Kerjakan Satu per Satu Tugas Penting

Cara Mudah Untuk Menjaga Konsentrasi Ketika Bekerja! Credit: selipan.com

Kenyamanan pun harus kamu capai terlebih dahulu sebelum menjalani tips satu ini. Nah, setelah sudah merasa nyaman, kerjakan satu per satu tugas penting yang telah direncanakan tersebut. Kamu bisa kok memilih tugas yang paling mudah terlebih dahulu untuk membangun momentum kerja.

Bagaikan piramid, mulailah pekerjaan kamu yang paling mudah di atas pemikiran kamu, lalu sepanjang waktu atau sudah menyelesaikan tugas yang tergolong mudah tersebut, langsung saja berpindah ke tugas-tugas berikutnya yang memiliki bobot lebih berat.

Istirahat Sejenak

Cara Mudah Untuk Menjaga Konsentrasi Ketika Bekerja! Credit: yooreka.id

Ingat kalau tubuh kamu miliki itu memiliki batasan loh, sehingga jangan terlalu memaksakan pekerjaan tanpa memberikan waktu sedikit untuk kamu bisa beristirahat. Enggak perlu kok waktu yang cukup banyak untuk beristirahat ketika bekerja.

Energi dan perhatian itu terbatas, kamu harus meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak ketika kamu bekerja. Tujuannya ialah utnuk mengalihkan perhatian sejenak sehingga otak kamu menjadi segar kembali.

Ambil contoh saja, setelah satu jam bekerja, kamu memiliki waktu istirahat sekitar 10 menit dengan meminum kopi atau teh, berbicara dengan rekan atau meditasi. Selain itu gunakan waktu istirahat siang untuk makan siang dan beristirahat sejenak.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar cara untuk selalu menjaga konsentrasi kamu ketika melakukan pekerjaan? Semoga bisa menjadi salah satu panduan kamu yaa, teruslah bersemangat dan jangan mudah menyerah yaa!

Source

 

 

Featured Image: .orami.co.id