Vitamin C – atau lebih mudah disebut vit C merupakan salah satu jenis vitamin yang penting dipenuhi asupannya setiap hari. Tak hanya berperan sebagai penunjang daya tahan tubuh saja, namun nutrisi tersebut juga dapat membantu memberikan energi yang cukup bagi tubuh, lho.

Diketahui, energi sangat dibutuhkan tubuh agar dapat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Kalau kekurangan energi, alih-alih bersemangat, yang ada kamu malah gampang lelah selama melakukan aktivitas. Setuju, kan?

Tak ada energi bisa menjadi tanda kurangnya nutrisi, termasuk vit C. Nah, kekurangan nutrisi tersebut bisa muncul ketika kamu berhenti mengonsumsi sejumlah makanan tertentu – atau memilih makanan yang rendah nutrisi.

Untuk itu, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya, sehingga tubuh tidak gampang merasa lelah, ya. Namun, sebenarnya apa kaitan vit C dengan energi tubuh? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Vitamin C Dapat Bantu Meningkatkan Energi Tubuh

Credit Image - indozone.id

Kamu pasti sudah tahu fungsi utama dari vitamin yang satu ini, yakni meningkatkan, sekaligus memelihara daya tahan tubuh. Namun ternyata, manfaat tersebut bukanlah satu-satunya fungsi vit C, lho. Vitamin tersebut masih punya peran penting lainnya, salah satunya untuk membantu meningkatkan energi tubuh.

Vit C juga berperan dalam mempertahankan proses metabolisme yang baik. Seperti diketahui, metabolisme merupakan proses pembentukan energi untuk tubuh, ya. Ketika kamu rutin mengonsumsi vitamin C – maka imunitas akan terpelihara secara optimal. Dengan begitu, metabolisme pun turut meningkat.

Selain itu, vitamin C juga baik untuk menyembuhkan luka, menjaga aliran darah tetap lancar, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Deretan hal tersebut, tentu memengaruhi imunitas dan metabolisme tubuh.

Dan, pastinya vit C dapat membantu proses penyerapan zinc – yang juga punya peran penting dalam meningkatkan energi tubuh. Zinc akan membantu memproduksi hemoglobin agar dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuhmu pun bakal tetap bertenaga seharian penuh, lho.

 

Waktu Tepat Konsumsi Vitamin C

Credit Image - healthline.com

Kalau kamu memilih mengonsumsi vit C dalam bentuk suplemen, ada baiknya kamu memerhatikan waktu yang tepat untuk meminumnya, ya. Sebenarnya, ada anggapan mengonsumsi suplemen vitamin C lebih baik di pagi hari, dibandingkan malam hari. Mengapa demikian?

Pasalnya, ada yang mengatakan bahwa vit C dapat menyebabkan susah tidur. Namun, hal tersebut tidaklah benar, karena belum ada bukti medis yang menunjang kesimpulan tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, suplemen vitamin C  dapat diminum sepanjang hari. Misal, di pagi hari – alias sebelum makan, dan keadaan perut masih kosong. Hal ini tidak semenakutkan itu, kok. Ada banyak sekali suplemen vit Cyang aman diminum sebelum makan.

Vitamin C – atau disebut juga sebagai L-absorbic Acid merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Mudahnya, waktu tepat untuk meminum suplemen vitamin C tablet terbaik, yaitu di pagi hari, seperti 30 menit sebelum sarapan. Atau, bisa juga 2 jam sesudah makan ketika makanan telah dicerna.

Buat kamu yang memiliki masalah perut sensitif, jangan khawatir, seperti yang sudah disebutkan, kamu tetap bisa mengonsumsi suplemen vitamin C tablet. Tetapi, direkomendasikan mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Dengan demikian, perut akan tetap terasa nyaman. Dan usahakan untuk minum vitamin C tablet di jam yang sama setiap harinya, ya.

Biar semakin nyaman, kamu juga dapat memilih suplemen yang mengandung non-acidic vitamin C – atau disebut juga sebagai kalsium askorbat. Konsumsi suplemen vitamin C tablet terbaik pilihanmu sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

Cara tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vit C oleh tubuh. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai kelebihan asupan vitamin C. Sebab, sisa zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui urin, yang penting, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu, ya.

Atau, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C tablet bersamaan asupan zinc. Perlu diketahui bahwa vitamin C dan zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Artinya, jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, manfaatnya pun dapat lebih terasa, lho.

Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vit C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc, sehingga suplemen vitamin C tablet bisa diserap secara maksimal. Nah, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

 

Sumber Terbaik Vitamin C, Yuk Dikonsumsi Rutin!

Credit Image - gulftoday.ae

Perlu diingat bahwa vit C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, ya. Untuk itu, ada baiknya kamu mendapat asupan yang satu ini dari beragam sumber makanan, sekaligus melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin secara rutin.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, bagaimana? Dari penjelasan di atas, ternyata, vit C juga punya peran penting dalam membantu proses metabolisme, sehingga tubuh mampu mendapatkan energi yang cukup, ya. Jadi, mulai sekarang, jangan lupa untuk rutin mendapatkan asupan vitamin C, termasuk dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon!

 

 

Featured Image – klikdokter.com