Selama pandemi Covid-19, sebagian besar orang menjadi lebih sering berdiam diri di rumah. Hal inilah yang menyebabkan banyak yang berubah menjadi “kaum rebahan”, bahkan akhirnya melupakan kegiatan berolahraga. Kalau dibiarkan, kebiasaan tersebut bakal mendatangkan dampak buruk, lho!

Ketika bekerja di rumah, selalu duduk di depan komputer, nonton, ditambah lagi dengan sering memesan makanan via online – dan jarang berolahraga dapat menjadi penyebab timbulnya beragam risiko penyakit, mulai dari jantung, sampai tekanan darah tinggi.

Di sisi lain, memulai rutin berolahraga juga bukan hal yang mudah dilakukan, lho. Terkadang, ada yang justru merasa lelah berlebihan usai olahraga, sehingga merasa kapok. Nah, untuk mengatasinya, ada 4 tips jitu yang perlu diperhatikan, ya.

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

#1 – Lakukan Pemanasan

Credit Image - bola.net

Biar olahraga tak terasa menyakitkan, kamu wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu. Meski terlihat sepele, tapi langkah ini sangatlah penting, lho. Pemanasan yang baik dan benar dapat mencegah terjadinya cedera – dan membuat olahraga yang kamu lakukan menjadi lebih efektif.

Melansir National Health Service UK, rutinitas pemanasan ini harus memakan waktu setidaknya 6 menit. Kamu bisa melakukan pemanasan lebih lama kalau diperlukan. Ada dua jenis pemanasan yang bisa dilakukan, yaitu pemanasan statis – yang dilakukan dalam posisi tidak bergerak, seperti peregangan kaki dan tangan.

Selain itu, ada juga pemanasan dinamis yang dilakukan sembari bergerak, seperti lari di tempat, jalan kaki, peregangan ringan, squat, maupun jumping jacks. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan tahapan ini sebelum memasuki sesi olahraga, ya!

 

#2 – Lakukan Olahraga Ringan Dahulu

Kalau kamu pemula dalam berolahraga, ada baiknya hindari langsung melakukan olahraga yang berat, ya. Ini juga berlaku bagi kamu yang sudah lama tidak melakukan aktivitas fisik, lho. Disarankan melakukan olahraga ringan terlebih dahulu.

Perlu diketahui, tidak berolahraga atau terlalu banyak melakukan olahraga justru meningkatkan risiko kematian daripada orang yang cukup bergerak fisik. Jadi, tetap sesuaikan kemampuan tubuh dengan aktivitas fisik yang akan dilakukan.

Ada beragam jenis olahraga ringan yang bisa kamu coba, seperti jalan-jalan santai di lingkungan rumah, berlari-lari kecil, yoga, sampai menari dengan tempo lambat.

 

#3 – Lakukan Dengan Santai

Credit Image - alodokter.com

Kalau kamu sudah merasa yakin, maka sudah saatnya untuk mulai meningkatkan intensitas olahraga menjadi sedang. Tapi, ingatlah bahwa lakukan hal tersebut dengan santai, tidak terburu-buru, atau bahkan sampai memaksakan diri.

Misalnya, kamu dapat memulai dengan bersepeda – atau melakukan aerobik. Lakukan olahraga bersepeda dengan kecepatan yang sedang terlebih dahulu, ya. Hindari terlalu memforsir diri agar otot tidak tegang, atau menjadi cedera.

 

#4 – Mulai Mencoba Olahraga Berat

Kalau sudah terbiasa – dan rutin berolahraga, kamu boleh mulai meningkatkan intensitas olahraga ke yang lebih tinggi, apalagi kalau telah terbiasa dengan intensitas yang sedang. Pastikan kamu sudah yakin bahwa tubuh memang benar-benar mampu melakukannya.

Lakukanlah olahraga intensitas tinggi sebanyak satu sampai tiga kali dalam satu minggu. Misalnya, cobalah berlari cepat, bermain bulutangkis, maupun olahraga tenis. Cara ini bisa membantumu menjadi tak gampang lelah, lho.

Yang pasti, agar kegiatan kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana? Sekarang sudah tak ada lagi alasan untuk skip berolahraga, karena takut terasa sakit atau malah menjadi lemas, ya. Terapkan 4 tips di atas biar kegiatan olahraga menjadi menyenangkan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com