Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun, seiring perkembangan zaman dan semakin sibuknya aktivias, terkadang kamu jadi sering lupa untuk menjalani pola hidup sehat yang berguna untuk menjaga kesehatan tuuhmu.

Kebanyakan orang menganggap bahwa pola hidup sehat merupakan pola hidup yang sulit untuk dijalani. Padahal sebenarnya, ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga diri agar tetap sehat.

Berikut ini beberapa tips pola hidup sehat di zaman serba gadget yang mudah untuk dilakukan, dan pastinya dapat membantumu untuk jadi lebih sehat.

1. Pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi

Credit: Alodokter

Pola hidup sehat dimulai dari memilih makanan yang sehat. Kamu dapat mengongumsi makanan yang penuh gizi, seperti rendah gula, kaya serat, dan mengandung banyak vitamin. Hindari makanan berlemak dan yang mengandung pengawet. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan sebaiknya kamu mengonsumsi lima sampai enam porsi makan setiap harinya.

2. Perbanyak olahraga

Credit: Hello Sehat

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam menjalani pola hidup sehat adalah berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih fit dan pikiran pun menjadi lebih sehat. Saat ini, banyak orang yang lebih senang menhabiskan waktu dengan gadget daripada olahraga. Padahal olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

3. Istirahat yang cukup

Credit: Hello Sehat

Istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap orang berbeda- beda sesuai dengan aktivitas yang dijalani. Namun, untuk usia dewasa direkomendasikan untuk tidur 7-9 jam per malam. Bagi orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, dapat berisiko terkena penyakit jantung dan kanker.

4. Perbanyak minum air

Credit: Healthline

Di zaman serba gadget dan rutinitas yang sibuk sering membuat kamu lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih merupakan pilihan paling sehat untuk menjaga tubuh memiliki cairan yang cukup.

Selain itu, minum air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi, membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi- sendi agar tetap lentur, membantu mengendalikan asupan kalori tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf tulang belakang, dan membantu proses pembuangan sisa makanan maupun minuman melalui keringat, urine, dan kotoran.

5. Berpikir positif

Credit: News Medical

Berpikir positif merupakan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan membangkitkan aspek positif pada diri, sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal yang baik dalam kehidupan. Para peneliti menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan, seperti membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, berpikir positif dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat, dan diyakini mampu memperpanjang usia.

Jika kamu memiliki pemikiran positif, maka kamu akan merasa lebih Bahagia dan hal ini bisa memicu kamu untuk menjadi lebih produktif dalam bekerja.

 

Featured Image - IDN Times