Seperti diketahui, imunitas – aliasvirus corona Covid-19 yang masih mengancam masyarakat hingga saat ini.

Tak hanya orang dewasa saja yang perlu menjaga kekebalannya, namun, anak-anak pun mesti melakukan hal serupa, lho. Untuk itu, penting sekali memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Si Kecil, termasuk vitamin D.

Meski masih jarang diketahui, tetapi manfaat vitamin yang satu ini tak kalah pentingnya dibanding nutrisi lainnya, seperti vitamin C – yang memang dikenal sebagai vitamin untuk penambah sistem imunitas tubuh.

Selain vitamin D, anak juga masih harus memenuhi kebutuhan nutrisi penting lainya, termasuk karbohidrat, protein, serta lemak, ya. Kalau semua jenis gizi sudah diperoleh secara maksimal, maka Si Kecil punya risiko yang lebih rendah terhadap serangan penyakit.

Lantas, apa sih manfaat vitamin D terhadap kesehatan anak, termasuk dalam menjaga daya tahan tubuhnya? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Manfaat Vitamin D Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Credit Image - cnnindonesia.com

Dikutip dari Kompas, sebenarnya tidak hanya pada anak-anak saja, tetapi manfaat vitamin D untuk menjaga – dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dirasakan pada semua kelompok, termasuk remaja, dewasa, sampai lansia.

Untuk manfaat vitamin yang satu ini terbagi menjadi dua, yaitu secara klasik maupun non-klasik. Apakah hal tersebut? Secara klasik, manfaat vitamin D berfungsi untuk memaksimalkan proses pembentukan tulang. Sementara itu, manfaat vitamin D secara non-klasik berperan dalam menjaga fungsi homeostatis imunitas – atau sistem kekebalan tubuh.

Dalam fungsinya sebagai homeostatis imunitas, vitamin D mengambil peran dalam memudahkan proses penyerapan kalsium dan fosfat, sehingga tulang tetap sehat. Nah, nantinya proses modulasi sistem kekebalan tubuh akan mendatangkan manfaat, seperti:

  • Meningkatkan respons terhadap anti-bakteri dalam sistem kekebalan tubuh alamiah
  • Efek imunomodulasi, yaitu meningkatkan respons imun tubuh
  • Ekspresi reseptor vitamin D (VDR) dalam aktivasi CD4 dan CD8 limfosit T, serta antigen presenting cell
  • Efek anti-inflamasi dalam sistem kekebalan tubuh yang adaptif
  • Meningkatkan jumlah dan fungsi sel T regulator yang berfungsi untuk menekan sel-sel yang sudah rusak – atau mati
  • Sebagai agen anti-kanker yang akan memberikan efek anti-proliferatif, merangsang apoptosis – kematian secara normal, dan menghambat angiogenesis – atau pembentukan pembuluh darah yang baru

Untuk itu, pastikan selalu menjaga keseimbangan pemenuhan vitamin D, sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, kalau anak tidak mendapatkan cukup vitamin D, maka bukan tidak mungkin ada risiko gejala lain yang dapat dialaminya.

 

Tanda Kekurangan Vitamin D

Credit Image - hot.liputan6.com

Nah, kalau kamu sudah tahu berbagai manfaat vitamin D, yang juga bisa dirasakan oleh anak-anak, maupun orang dewasa, kini kamu perlu tahu gejala kekurangan vitamin yang satu ini, ya. Kalau tubuh mengalami defisiensi vitamin D, biasanya akan memicu gejala, seperti:

  1. Tulang menjadi rapuh
  2. Mudah depresi
  3. Meningkatkan risiko terkena kanker
  4. Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular – atau jantung
  5. Berisiko mengganggu kemampuan otak, hingga pikun
  6. Penyakit autoimun
  7. Penyakit alergi
  8. Timbulnya infeksi
  9. Gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak

Memang tak bisa dipungkiri, manfaat vitamin D berpengaruh besar terhadap fungsi tubuh, kan? Hal ini dapat dilihat dari berbagai dampak buruk kalau tubuh kekurangan nutrisi tersebut. Tapi tak perlu khawatir, jenis vitamin ini bisa dipenuhi kebutuhannya dengan mengonsumsi sejumlah makanan – serta diperoleh dari multivitamin, lho.

 

Sumber Terbaik Vitamin D Untuk Si Kecil

Credit Image - indiatoday.in

Perlu diketahui, mudahnya, kebutuhan vitamin D anak dapat kamu penuhi dengan mengajaknya rajin berjemur setiap pagi. Namun, bagaimana kalau cuaca sedang mendung, sehingga tak bisa berjemur? Tenang, vitamin D masih bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan, kok.

Vitamin D dapat ditemukan dalam kuning telur, ikan laut – berupa salmon, tuna, dan makarel, makanan sereal, margarin, serta produk susu dan olahannya, ya. Biar manfaat vitamin D semakin terasa, kamu juga dapat berikan multivitamin anak dengan kandungan lengkap yang dapat menjaga kesehatan Si Kecil, apalagi di masa pertumbuhannya.

Untuk multivitamin, moms direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan dalam multivitamin Enervon-C Plus Sirup dapat membantu anak tetap aktif selama masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi. Dan yang pasti, rutin mengonsumsi multivitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, sehingga ia pun tak mudah sakit!

 

Jadi, itulah manfaat vitamin D yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Si Kecil, sekaligus mengoptimalkan seluruh fungsi tubuh. Yuk, moms pastikan anak sudah mendapatkan nutrisi vitamin yang satu ini setiap harinya, ya!

 

 

Featured Image – scitechdaily.com