Dalam kelemahan diri yang kamu miliki, sampai jenis pekerjaan yang disukai – pasti kamu pun sering mendapat pertanyaan ini, kan?

Jangan salah, jenis pertanyaan mengenai pekerjaan yang disukai menjadi salah satu andalan yang sering terlontar ketika sedang wawancara kerja, lho. Sebenarnya, tak sulit dalam menjawabnya, karena kamu dapat memberikan jawaban sesuai dengan keadaan – dan keinginanmu.

Namun, biar lebih tepat – dan pastinya pihak perusahaan menjadi tertarik, berikut ini trik menjawab pertanyaan pekerjaan yang disukai ketika proses wawancara.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

Mengapa Ada Jenis Pertanyaan “Yang Disuka dan Tidak Suka”?

Credit Image - viva.co.id

Kerap dibingungkan, mengapa sih ada jenis pertanyaan pekerjaan yang disukai – serta yang tak disukai? Seberapa penting jawaban yang nantinya dilontarkan oleh peserta wawancara kerja tersebut? Memang, sepertinya jenis pertanyaan tersebut cukup menjebak, ya.

Dilansir dari The Balance Careers, selain mencari tahu mengenai kesesuaian dirimu dengan pekerjaan yang akan dilakukan nanti, pertanyaan soal pekerjaan yang disukai – dan tak disukai sangat membantu perusahaan untuk mengenal passion kamu dalam bekerja, lho.

Ketika menjawab pertanyaan tersebut, cobalah memberikan alasan secara deskriptif, sehingga pewawancara mudah memahaminya. Selain itu, berikan juga jawaban yang logis mengapa kamu bisa menyukainya atau justru tidak.

 

Trik Menjawab Pertanyaan Pekerjaan yang Disukai

Credit Image - ekrut.com

Kalau kamu mendapatkan pertanyaan pekerjaan yang disukai, berikut ini ada 3 tips yang dapat membantumu dalam menjawabnya, lho, yaitu:

1. Beri tahu suasana kerja yang membuatmu nyaman

Ketika memberi jawaban tentang pekerjaan yang disukai, kamu bisa membicarakan lingkungan kerja. Misalnya, menyukai pekerjaan dengan suasana kerja yang kondusif dan membangun. Namun, tetap berikan alasan yang logis kenapa kamu suka suasana kerja tersebut, seperti dapat meningkatkan kecepatan kerja.

Selain itu, dengan suasana yang membangun, kamu pun bakal lebih bersemangat dalam bekerja, sekaligus mampu menghasilkan produk – dan kualitas kerja yang semakin maksimal.

 

2. Kaitkan dengan kemampuan atau passion

Selanjutnya, kamu juga bisa mengaitkan pertanyaan pekerjaan yang disukai dengan kemampuan – maupun passion yang dimiliki. Misalnya, saat melamar sebagai desainer grafis, kamu bisa mengatakan bahwa senang dengan pekerjaan yang mendorong untuk berpikir lebih kreatif.

Atau, kamu juga dapat mengatakan kepada pewawancara bahwa dirimu selalu tertantang untuk mempelajari hal – dan pekerjaan baru yang belum dipahami.

 

3. Sambungkan dengan pekerjaan yang ditawarkan

Jawaban selanjutnya, kamu dapat mengatakan mengenai pekerjaan yang dilamar. Dalam hal ini, tunjukkan bahwa dirimu memang benar menyukai pekerjaan tersebut, ya. Misalnya, kalau kamu mendaftar sebagai community relation – atau management, maka katakan dirimu senang dengan pekerjaan yang melibatkan banyak orang.

 

Bagaimana Dengan Pertanyaan Pekerjaan yang Tak Disukai?

Credit Image - lifepal.co.id

Selain pertanyaan mengenai pekerjaan yang disukai, pastinya ketika wawancara kamu pun kerap mendapat pertanyaan soal hal yang tak disukai, termasuk bidang pekerjaan. Kalau mendapat pertanyaan tersebut, gimana cara menjawabnya?

Berikut ini trik yang bisa diterapkan.

1. Jelaskan secara logis

Untuk bagian ini kamu bisa menjawab semuanya dengan logis dan sediplomatis mungkin seperti, “ Sebenarnya saya tidak begitu memiliki preferensi khusus mengenai lingkungan bekerja. Akan tetapi, saya merasa kurang nyaman bekerja dengan orang-orang yang terlalu mudah pesimis”

Dilansir dalam HubSpot, Penggunaan kata seperti “kurang” dan “agak” akan membuat jawaban kamu jauh lebih diplomatis dibandingkan dengan kata “tidak”.

 

2. Hindari jawaban yang kontradiktif dengan bidang yang dilamar

Kemudian, minimalkan jawaban yang berpotensi membuat pewawancara menjadi salah paham. Misalnya, kamu melamar pada bagian marketing atau sales, tetapi kamu menjawab bahwa kamu tidak menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang. Jadi, sangat penting untuk memahami bidang pekerjaan yang sedang kamu lamar.

 

3. Beritahu cara kerja di dalam tim

Tak bisa dipungkiri, ada banyak sekali pekerjaan yang mesti dikerjakan secara tim. Nah, dalam menjawab pertanyaan pekerjaan yang tak disukai, kamu pun bisa mengatakan “Saya kurang menyukai bekerja dengan tim yang tidak bisa bersikap profesional, karena saya lebih nyaman dengan sebuah tim yang kompak”.

Nah, sekarang sudah tahu ya berbagai cara untuk menjawab pertanyaan mengenai pekerjaan yang disukai – dan tidak disukai ketika wawancara kerja. Cukup mudah dilakukan, ya? Biar proses wawancara kerja semakin lancar, baiknya kamu tetap memerhatikan kondisi kesehatan tubuh, serta mempertahankan energi.

Kalau energi sudah terjaga, pastinya kegiatan wawancara bakalan berjalan dengan baik, kan?

Untuk itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, yang bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih. Multivitamin andalan ini mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah trik menjawab pertanyaan mengenai pekerjaan yang disukai – maupun tidak selama wawancara kerja. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – hubstler.com