Enervoners, kamu pasti setuju kalau vit C yang dikenal dapat meningkatkan imunitas.

Vitamin C merupakan salah satu asupan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Kekurangan vit C pun dapat mendatangkan berbagai dampak buruk, bahkan hingga membahayakan kesehatan, sampai fungsi tubuh, lho.

Setidaknya, ada 5 komplikasi yang dapat ditimbulkan ketika tubuh kekurangan vit C, nih. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Skorbut

Credit Image - klikdokter.com

Yang pertama, kalau kamu kekurangan vitamin C, maka bukan tidak mungkin mengalami kondisi yang satu ini. Dilansir dari Times of India, skorbut – atau srurvy adalah penyakit yang paling menonjol terkait dengan kekurangan vit C.

Kondisi tersebut menunjukkan kekurangan vitamin C yang akan ditandai dengan memar di beberapa bagian tubuh, gusi berdarah, merasa lemas, kelelahan, ruam, dan berbagai tanda lainnya. Namun, gejala awal yang cukup sering dialami, yaitu kelelahan tanpa penyebab, nafsu makan berkurang, mudah marah, dan nyeri sendi.

Hati-hati, kalau tidak segera diobati, skorbut dapat menyebabkan anemia, radang pada gusi, hingga pendarahan kulit, lho!

 

#2 – Hipertiroidisme

Kekurangan vit C? Waspadai, masalah kesehatan yang satu ini juga mengintai! Hipertiroidisme merupakan kondisi ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon secara berlebih. Vitamin C bersama dengan nutrisi penting lainnya penting untuk menjaga kesehatan tiroid kamu, ya.

Bisa dikatakan, kekurangan vitamin C apalagi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kelebihan sekresi hormon dari kelenjar tiroid – yang menjadi pemicu hipertiroidisme. Ada pun gejala yang biasanya ditimbulkan berupa penurunan berat badan yang tidak disengaja, jantung berdebar-debar, nafsu makan meningkat, gugup, termor, hingga perubahan pola menstruasi terhadap wanita.

 

#3 – Anemia

Credit Image - jovee.id

Berikutnya, kalau kamu kekurangan vitamin C, anemia pun kian mengintai, lho. Sebenarnya, penyakit yang satu ini cukup sering dialami. Apakah kamu pernah, Enervoners? Terlepas dari manfaat lainnya, vit C berperan dalam proses penyerapan zat besi yang penting mencegah anemia.

Anemia – merupakan hasil dari penurunan jumlah atau kualitas sel darah merah di dalam tubuh kamu. Nah, kalau mengalami anemia, biasanya ditandai dengan kelelahan, kulit menjadi pucat, sesak napas, pusing, hingga penurunan berat badan.

 

#4 – Gusi Berdarah

Kerap mengalami gusi berdarah? Mesti diwaspadai, mungkin saja ini merupakan tanda kalau kamu sedang kekurangan vit C, lho. Perlu diketahui, vitamin yang satu ini juga penting dalam menjaga kesehatan mulut.

Vitamin C dapat membantu memperkuat gigi, sekaligus melindungi gusi. Itulah mengapa memenuhi kebutuhan vit C pun akan membuat kondisi mulut tetap sehat. Jadi, ketika kekurangan asupannya, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami gusi berdarah – maupun penyakit gusi lainnya.

 

#5 – Penyakit Kulit

Credit Image - halodoc.com

Yang terakhir, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan kondisi penyakit kulit. Apakah kamu sudah mengetahui hal yang satu ini? Ya, memang salah satu peran vit C, yakni bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan – dan merupakan kunci utama dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat, seperti kulit, rambut, sendi, dan di bagian tubuh lainnya yang penting guna mempertahankan ksehatan kulit.

Wah, untuk menghindari berbagai penyakit di atas tentu kamu mesti mendapatkan asupan vit C setiap harinya, ya. Asupan vitamin ini dapat kamu temukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Bagaimana? Sudahkah kamu penuhi kebutuhan vit C harian? Kalau belum, yuk segera rutin dapatkan asupannya, sehingga sejumlah penyakit di atas dapat dihindari!

 

 

Featured Image – klikdokter.com