Tahukah kamu bahwa meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan ngemil? Ya, tak bisa dipungkiri, mengonsumsi snack merupakan hal yang disukai banyak orang, namun biar manfaatnya baik buat kesehatan tubuh, pastikan kamu mengonsumsi makanan ringan yang sehat, ya.

Tak hanya berperan sebagai cara meningkatkan imun tubuh saja, lho. Tetapi, makanan ringan yang sehat pun dapat mudah lemas ketika melakukan aktivitias seharian penuh.

Terdengar menarik, kan? Nyatanya, cara meningkatkan imun tubuh tidak sesulit itu, kok. Dengan ngemil saja kamu sudah dapat menjaga sistem kekebalan agar dapat bekerja lebih optimal. Nah, berikut ini ada 5 rekomendasi snack yang sebaiknya dikonsumsi.

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Kuaci

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Cara meningkatkan imun tubuh memang bisa dilakukan dengan ngemil, lho. Kali ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi kuaci – alias biji bunga matahari yang mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin E yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

Hal tersebut sudah dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents tahun 2013 yang menyatakan bahwa vitamin E mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel. Dengan begitu, daya tahan tubuh juga dapat terjaga dengan baik.

 

#2 – Kacang Almond

Siapa di sini yang doyan mengonsumsi kacang almond sebagai camilan sehat? Wah, ini merupakan cara meningkatkan imun tubuh yang baik diterapkan, ya. Dalam Journal Science of Food and Agriculture tahun 2006 mengungkapkan, kalau almond merupakan jenis kacang yang kaya akan vitamin E.

Tak sampai situ saja, kacang almond juga memiliki kandungan lemak sehat – yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Agar manfaat buat daya tahan tubuh bisa kamu rasakan, sebaiknya konsumsi 46 butir almond kupas guna memenuhi jumlah vitamin, termasuk vitamin E harianmu!

 

#3 – Yogurt

Credit Image - liputan6.com

Selanjutnya, ada pula yogurt yang dapat kamu jadikan sebagai camilan sehat peningkat daya tahan tubuh. Untuk menjaga kekebalan, pastinya dibutuhkan asupan vitamin D – yang salah satunya bisa diperoleh dari secangkir yoghurt. Minuman fermentasi ini mengandung vitamin D alami yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Minuman fermentasi lainnya yang juga baik untuk daya tahan tubuh adalah kefir. Dilansir Medical News Today, kefir kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah serangan penyakit perusak sistem imunitas.

 

#4 – Dark Chocolate

Wah, memang ya, mengonsumsi sejumlah camilan sehat merupakan cara meningkatkan imun tubuh yang mudah – namun, pastinya tetap efektif dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, begitu pula dengan rutin mengonsumsi dark chocolate, lho.

Dark chocolate mengandung antioksidan jenis theobromine yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga akan melindungi kamu dari kerusakan sel penyebab radikal bebas.

 

#5 – Ubi

Credit Image - eatthis.com

Dan yang terakhir, ada pula camilan sehat berupa ubi rebus yang dapat kamu konsumsi sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh, nih. Ubi mengandung beta-karoten atau senyawa nabati yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kadar darah, dan selaput lendir di lapisan usus.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, kekurangan vitamin A bisa meningkatkan peradangan usus hingga membuat kamu mudah sakit akibat daya tahan tubuh yang menurun.

Nah, mengonsumsi sejumlah makanan penambah imun tubuh di atas memang penting, kan? Dengan begitu, kesehatan tubuh semakin terjaga. Tapi, agar kekebalan semakin maksimal, kamu juga direkomendasikan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, lho.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Ternyata, cara meningkatkan imun tubuh dapat kamu lakukan semudah dengan mengonsumsi kelima camilan sehat di atas, ya. Mulai sekarang, yuk rutin konsumsi snack tersebut!

 

 

Featured Image – runnersworld.com