Setiap individu pasti pernah menjadi seseorang yang mengkhawatirkan sesuatu. Pastinya, kamu juga begitu, kan? Memiliki rasa khawatir – maupun cemas memang wajar-wajar saja, asalkan tidak berlebihan. Ingatlah, segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk dirimu, ya.

Perlu diketahui bahwa orang yang merasa khawatir secara berlebihan, sekaligus terus-menerus bukanlah sesuatu hal yang baik. Nantinya, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai berpengaruh terhadap kondisi fisik.

Setidaknya, ada 5 alasan yang mendasari mengapa sebaiknya kamu menghindari rasa khawatir berlebihan tersebut. Penasaran, apa saja alasan yang dimaksud?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

#1 – Sering Berpikir Negatif

Credit Image - kumparan.com

Coba tanyakan kepada orang yang kerap mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan mengenai apa yang sedang dipikirkannya. Mungkin, orang tersebut akan menjawab kemungkinan dari yang terburuk mengenai hal yang dikhawatirkannya. Orang yang khawatir berlebihan akan selalu memikirkan kemungkinan terburuk jika ada hal yang tidak biasa terjadi. 

Misalnya, kamu mempunyai anak, kemudian menunggu anakmu pulang sekolah yang tak kunjung datang. Jika kamu khawatir berlebihan, kamu akan berpikir bahwa anakmu kecelakaan di jalan. Padahal yang sebenarnya terjadi, dia masih dalam perjalanan menuju rumah – dan semuanya baik-baik saja.

 

#2 – Kurang Tidur

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang yang kerap meremahkan waktu tidur, lho. Apalagi, oleh seseorang yang tengah mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan. Apakah kamu termasuk? Coba segera atasi masalah tersebut, ya!

Menunggu kepastian hingga larut malam dengan mata yang sudah mengantuk merupakan hal yang akan mengganggu kesehatan. Perlu kamu ketahui, kekurangan tidur bisa menyebabkan insomnia, dan penderita insomnia jauh lebih berisiko untuk menderita diabet, obesitas, stroke, hingga gangguan kesehatan mental. 

 

#3 – Lupa Dengan Diri Sendiri

Credit Image - klikdokter.com

Tak hanya masalah waktu tidur saja yang dilupakan, namun seseorang yang sedang khawatir secara berlebihan pun akan lupa terhadap dirinya sendiri, bahkan sampai kesehatan tubuhnya. Selain itu, tidak jarang kalau kamu sering melupakan jadwal makan hanya untuk menunggu sesuatu yang tidak pasti kebenarannya. 

Wah, padahal, mengkhawatirkan sesuatu pasti akan mengganggu, karena otak yang dipaksa terus-menerus berpikir. Dan pastinya, berpikir pun membutuhkan tenaga yang bisa diperoleh dari makanan, kan? Kalau sudah begini, kesehatan tubuh bisa ikut terganggu, lho!

 

#4 – Membutakan Indera

Semua indera orang yang tengah mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan akan mati – atau lebih tepatnya, tidak bisa berfungsi sementara waktu. Nah, tidak hanya menyangkut soal kesehatan mental, khawatir berlebihan bakal berpengaruh terhadap indera juga, ya.

Misalnya saja, jika kamu memanggil seseorang yang tengah overthinking, ia pun tidak akan menoleh dengan cepat seperti biasanya, karena terlalu cemas dengan sesuatu yang berbau negatif di pikirannya. Jadi, bayangkan betapa orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan pergi ke jalan raya, atau bahkan mengendarai kendaraan di jalanan yang ramai.  

 

#5 – Emosi yang Kian Meluap

Credit Image - lifestyle.bisnis.com

Yang terakhir, alasan mengapa kamu mesti segera menghilangkan rasa khawatir berlebihan, yaitu emosi yang dapat semakin meluap. Orang yang cemas cenderung memiliki tingkat emosi yang lebih tinggi, bahkan lebih mudah untuk meluapkannya, lho.

Untuk beberapa orang yang tenang jika menghadapi masalah, maka orang tersebut memiliki emosi yang sudah siap untuk dilepaskan. Karena itu, jika kamu mencoba mengganggu orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu dengan berlebihan, bukan tak mungkin kalau kamu bisa kena omelannya!

 

Nah, bagaimana? Sekarang sudah tahu ya beragam alasan mengapa kamu sebaiknya menghindari – atau segera mengatasi rasa khawatir yang berlebihan. Khawatir boleh saja, asalkan kamu tetap harus ingat kepada diri sendiri, ya.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com