Selain dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, rutin melakukan aktivitas fisik juga memiliki dampak baik terhadap kesehatan mental, sekaligus fungsi kognitif. Hal tersebut pun telah dibuktikan dalam berbagai studi – yang menyebutkan bahwa olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara mental.

meningkatnya energi dan motivasi. Selain itu, aktivitas ini juga berkaitan dengan ketahanan emosi, serta cara bersikap, lho.

Lebih lengkap mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan mental, berikut ini 5 di antaranya yang perlu kamu ketahui. Simak informasinya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Mengurangi Gejala Depresi

Credit Image - alodokter.com

Olahraga yang teratur dapat membantu mencegah depresi. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry menunjukkan 12 persen kasus depresi baru dapat dicegah jika seluruh populasi berolahraga setidaknya satu jam setiap minggu.

Dikutip dari Live Science, pada orang yang sudah depresi, olahraga juga efektif mencegah gejala yang parah maupun ringan. Penelitian dari Duke University menunjukkan olahraga sama efektifnya dengan mengonsumsi antidepresan. Olahraga dapat mengurangi gejala depresi hingga 70 persen.

 

#2 – Mengatasi Kecemasan

Selanjutnya, olahraga secara rutin juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, dalam hal ini berkaitan dengan mengatasi gejala kecemasan yang kerap muncul secara tiba-tiba. Studi meta-analisis dari 12 studi menunjukkan bahwa olahraga dapat mencegah munculnya gejala kecemasan.

Menurut peneliti, hal ini terjadi karena kecemasan berhubungan dengan adrenalin dan kortisol yang membuat otot menegang. Olahraga mampu mengendurkan otot-otot tersebut serta mengalihkan perhatian dari hal-hal yang memicu kecemasan.
 

#3 – Memperbaiki Perilaku

Credit Image - hellosehat.com

Tak hanya dapat mengurangi gejala depresi, sekaligus mengatasi gejala kecemasan saja, namun rutin berolahraga pun bermanfaat untuk memperbaiki perilaku. Dalam kasus ini, manfaat dapat terlihat optimal pada anak-anak.

Dikutip dari CNN Indonesia, studi pada anak-anak menunjukkan bahwa olahraga dapat memperbaiki perilaku mereka. Muali dari bekerja dengan lebih baik, mengurangi sifat agresif, dan lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka. Tapi, manfaat perilaku ini masih bisa dirasakan orang dewasa, lho.

 

#4 – Mengurangi Rasa Sepi

Apakah kamu kerap mengalami kesepian? Nah, kamu dapat mengatasi perasaan tak nyaman tersebut dengan rutin berolahraga, ya. Tak perlu yang terlalu berat, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan terlebih dahulu, kok.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat menghilangkan rasa kesepian dan membuat orang lebih mudah terhubung dengan lingkungan sekitar. Studi menunjukkan manfaat jangka panjang olahraga, yaitu meningkatkan kualitas dan kepuasan hidup.

 

#5 – Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Credit Image - sehatq.com

Ada pun manfaat olahraga bagi kesehatan mental lainnya adalah mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri – atau dikenal juga sebagai self-esteem. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat yang satu ini?

Olahraga mampu memengaruhi kepercayaan diri, serta harga diri. Hal ini pun sudah dibuktikan melalui studi yang menunjukkan bahwa orang yang rutin berolahraga memiliki self-esteem – dan persepsi diri yang lebih positif. Selain itu, kualitas hidup pun ikut meningat seiring dengan bertambahnya rasa kepercayaan diri yang dimiliki.

 

Nah, itulah kelima manfaat olahraga bagi kesehatan mental. Untuk memperoleh manfaat di atas, yuk pastikan kamu sudah rutin melakukan aktivitas fisik, setidaknya tiga sampai lima kali dalam seminggu – atau mudahnya, total 150 menit dalam satu minggu.
 


Featured Image – lokadata.id

Source – cnnindonesia.com