Tak hanya baik bagi orang dewasa saja, namun susah terlelap di malam hari.

Ketika kamu sudah terlalu lelah – dan mengantuk, anak masih kerap tak mau tidur, benar, kan? Tapi kamu tidak perlu khawatir, moms. Sebab, kali ini Enervon bakal kasih tahu berbagai cara cepat tidur yang bisa kamu terapkan pada anak.

Penasaran, apa saja cara cepat tidur yang dimaksud tersebut? Berikut ini 6 di antaranya. Yuk, simak informasinya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Buat Suasana Kamar yang Nyaman

Credit Image - haibunda.com

Cara cepat tidur yang bisa moms terapkan, yaitu membuat suasana kamar anak menjadi senyaman mungkin. Tips yang satu ini memang sudah semestinya dilakukan oleh semua orangtua jika ingin sang buah hati cepat terlelap.

Pastikan tidak ada lagi suara bising, televisi yang menyala, dan jauhkan dari semua mainan yang dapat menstimulus anak untuk bangun dan bermain. Setelahnya, kamu bisa mematikan lampu kamar dan menggantinya dengan lampu tidur yang lebih redup.

Jika udara di kamar cukup dingin, kenakan kepada anak baju tidur yang hangat dan lengkapi dengan selimut sebagai tambahan. Cara cepat tidur berikut ini memang terlihat sepele, namun sangat ampuh, lho!

 

#2 – Atur Jadwal Tidur

Menetapkan waktu tidur yang tepat juga termasuk cara cepat tidur yang dapat moms terapkan kepada Si Kecil. Tetapkan kapan anak mesti tidur siang dan tidur malam, ya. Kalau kamu menetapkan tidur siang di setiap pukul 13.00 sampai 15.00 – maka upayakan agar anak tidur malam di pukul 21.00. Usahakan ikuti jadwal tersebut setiap harinya.

Jika waktu tidur sudah sama setiap harinya, jam biologis anak akan terbentuk dengan baik, serta ia pun dapat belajar disiplin dengan aturan. Waktu tidur tersebut juga perlu diberlakukan di mana saja anak berada, tak hanya di rumah, moms.

 

#3 – Hindari Kegiatan Aktif

Credit Image - dream.co.id

Sebelum memasuki jam tidurnya, penting untuk mengurangi kegiatan yang terlalu aktif pada anak, ya. Misalnya, hindari kegiatan melompat, berlari, atau melakukan gerakan besar lainnya. Sejumlah gerakan tersebut dapat menstimulus tubuhnya, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur.

Hindari juga menonton televisi dan bermain video games, hal ini agar mata anak tidak terpaku terus menerus pada layar. Sebaiknya diganti dengan membacakan buku cerita guna membuat anak lebih tenang, sekaligus mengenalkan kosa kata baru padanya. Cara cepat tidur ini penting untuk diterapkan setiap malamnya, moms.

 

#4 – Lakukan Kegiatan, Seperti Mewarnai

Meskipun tidak disarankan melakukan kegiatan aktif, namun bukan berarti anak tak boleh melakukan aktivitas sebelum waktu tidurnya, moms. Cara cepat tidur berikutnya yang dapat diterapkan, yaitu mengajak anak melakukan kegiatan yang membuat pikiran tenang.

Selain membacakan buku cerita, kegiatan mewarnai juga ampuh dalam membuat anak lebih tenang – dan juga cepat terlelap, lho. Sifatnya yang membuat pikiran tenang dirasa mampu menjadi “obat tidur” terbaik untuk menenangkan pikiran yang cemas menghadapi malam.

Namun, kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memasuki jam tidur anak dan pastikan juga sudah melakukan ritual malamnya, seperti cuci kaki dan menggosok gigi. Jadi, Si Kecil pun lebih mudah dalam membentuk rutinitas tidur.

 

#5 – Memberikan Pijatan Sebelum Tidur

Credit Image - sehatq.com

Cara cepat tidur lainnya yang dapat moms lakukan kepada anak adalah memberikan pijatan. Sebelum memasuki jam tidurnya, kamu bisa mencoba memberikan sentuhan atau pijatan lembut padanya sebagai cara dalam menciptakan kondisi yang membuatnya cepat mengantuk.

Pijatan sebelum tidur terbukti dapat membantu anak merasa nyaman dan siap untuk menuju alam mimpinya. Pijatlah tubuh anak mulai dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan dan kepala dengan perlahan. Tapi, pastikan tanganmu sudah dalam keadaan bersih sebelum memijatnya, ya.

 

#6 – Berikan Minuman yang Membuat Rileks

Memang, memberikan segelas susu hangat merupakan cara cepat tidur bagi anak, ya. Diketahui, mengonsumsi minuman hangat sebelum tidur disebut ampuh dalam membuat posisi lebih rileks, apalagi ada kandungan tryptophan dalam susu dapat memberikan ketenangan padanya.

Dengan memberikan minuman hangat, maka suhu tubuhnya akan meningkat dan menjadi lebih nyaman untuk tidur. Hindari minuman hangat yang mengandung kafein ya, moms. Sebab, ini hanya akan memosisikan jantungnya untuk bekerja – dan bukannya tidur.

Anak yang mendapatkan tidur cukup memang baik dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Namun, agar pertumbuhan anak makin maksimal pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Selain memberikan asupan makanan bergizi, nutrisi juga dapat diperoleh dengan memberikan asupan multivitamin, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah deretan cara cepat tidur yang bisa moms terapkan kepada anak. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id