Siapa di sini yang kerap merasa kehilangan tujuan dan motivasi dalam hidup? Wah, kalau dibiarkan begitu saja, hal tersebut dapat mengganggu tingkat semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, lho. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui berbagai cara motivasi diri sendiri – yang pastinya bakal dibahas di ulasan kali ini!

Memang, ada saatnya individu mengalami kegagalan, kekecewaan, hingga rasa jenuh dalam hidup yang menyebabkan hilangnya motivasi diri sendiri. Padahal, punya motivasi sangatlah penting guna membantumu mencapai segala tujuan, sampai memecahkan masalah yang tengah dihadapi, lho.

Kehilangan motivasi diri sendiri dapat mendatangkan dampak buruk terhadap kualitas hidup seseorang, termasuk menjadi penyebab timbulnya penyakit kesehatan mental, salah satunya depresi. Nah, biar kamu terhindar dari hal tersebut, berikut ini ada 5 tips yang bisa membantu.

Yuk, simak selengkapnya ya, Enervoners!

 

 

#1 – Tetapkan Tujuanmu

Credit Image - msk.org.au

Hal pertama yang bisa diterapkan guna meningkatkan motivasi diri sendiri, yaitu dengan menetapkan tujuan yang ingin kamu capai dalam hidup. Pastikan kamu menulisnya secara spesifik, jelas, objektif, dan dalam buku agenda – atau pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar maupun ruang kerja.

Jika perlu, tempelkan juga kertas berisi kalimat motivasi dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa menginspirasimu untuk terus melangkah meraih tujuan tersebut. Selain sebagai pengingat, cara ini akan membuatmu lebih semangat dan berkomitmen terhadap tujuan yang sudah kamu tetapkan, lho.

 

#2 – Susun Rencana Dengan Baik

Selanjutnya, menyusun rencana dengan baik juga penting dalam meningkatkan motivasi diri sendiri. Nah, kamu dapat membaginya menjadi beberapa tugas kecil dan sederhana – misalnya, dengan target yang dapat dicapai dalam waktu jangka pendek.

Selanjutnya, catatlah daftar tugas tersebut di buku, dan beri tanda centang pada setiap tugas yang sudah kamu kerjakan. Dengan cara ini, tujuanmu tidak akan terasa terlalu berat atau terlalu jauh untuk dicapai. Langkah ini juga bisa membantu meningkatkan self-efficacy, ya.

Yang terpenting, jaga dan pertahankan rutinitas tersebut yang sudah dibangun. Kalau kamu merasa jenuh, cobalah beralih sejenak ke rutinitas lain yang sejalan dengan tujuanmu, atau sekedar melakukan hobi untuk menyegarkan pikiran.

 

#3 – Hilangkan Rasa Takut Akan Kegagalan

Credit Image - viva.co.id

Setiap individu pasti pernah merasa takut terhadap kegagalan, kamu pun pastinya demikian. Setuju, kan? Namun, ketika kamu merasa telah gagal, ingatlah bahwa ini merupakan bagian dari proses pembelajaran. Jadi, jangan sampai ketakutan tersebut justru menurunkan motivasi diri sendiri, ya.

Setiap kali kamu gagal dalam suatu hal, ada pelajaran yang dapat dipetik, agar bisa melakukannya dengan lebih baik dan menghindari kesalahan yang sama. Ceritakanlah tujuan dan impianmu hanya kepada orang-orang yang kamu percayai. Hal ini adalah untuk menghindari terlalu banyak kritikan dari orang lain, saat kamu mengalami kegagalan.

 

#4 – Pertahankan Sikap Positif

Meningkatkan motivasi diri sendiri juga dapat dilakukan dengan mempertahankan sikap positif setiap harinya, lho. Mulai sekarang, isi hari-hari dengan percakapan, kegiatan, atau situasi dan orang-orang yang bisa menginspirasimu untuk meraih tujuan. Misalnya, mengikuti seminar, membaca buku-buku pengembangan diri dan motivasi, atau menonton konten-konten yang positif di televisi dan internet.

Lalu, yang juga tidak kalah pentingnya, penuhi hati dengan rasa syukur, serta hindari membandingkan dirimu dengan orang lain. Buang segala pikiran negatif serta yakinlah bahwa dirimu mampu mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan.

 

#5 – Beristirahat yang Cukup

Credit Image - kompas.com

Meskipun kamu sedang semangat-semangatnya dalam mencapai target, tetapi pastikan kamu tetap punya waktu untuk beristirahat – dan tidur yang cukup. Kurang istirahat dapat menurunkan energi dan fokusmu dalam mencapai tujuan, selain juga berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Jika kondisi fisik dan pikiranmu sudah terlalu lelah, jangan terus dipaksakan. Ambil jeda waktu untuk beristirahat, sebelum kembali pada tugas-tugas dan tujuanmu. Mungkin ini saatnya kamu jalan-jalan dan berlibur, lalu kembali dengan semangat baru untuk menggapai impian. Hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan motivasi diri sendiri, ya.

Selain melakukan kegiatan yang menyenangkan, menjaga energi tubuh agar motivasi diri sendiri tetap terjaga juga dapat dilakukan dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral, lho. Selain bisa mempertahankan energi, kedua asupan tersebut juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya motivasi diri sendiri pun semakin meningkat, kan? Untuk tips yang satu ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

 

Jadi, itulah kelima tips meningkatkan motivasi diri sendiri yang dapat mulai kamu terapkan. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – parapuan.co