Belum lama ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis definisi long Covid – atau yang kerap disebut dengan gejala berkepanjangan. Selama ini, seseorang dapat dikatakan mengalami kondisi tersebut ketika gejala Covid-19 tak kunjung berhenti dirasakan.

Meski demikian, WHO mendefinisikan long Covid dengan post-Covid-19 condition yang dapat diartikan dengan kondisi pasca Covid-19. Selain itu, WHO pun turut menginformasikan berbagai kriteria yang membuat seseorang disebut mengalami kondisi tersebut.

Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Long Covid?

Credit Image - emc.id

Istilah long Covid sejatinya mengarah pada fenomena gejala-gejala yang dialami oleh pasien setelah dinyatakan sembuh. Gejala corona berkepanjangan ini terjadi, karena masih adanya virus yang bertahan di dalam tubuh – jadi, penyintas pun terus merasakan berbagai gejala.

Kasus ini sering juga terjadi ketika pasien sudah dinyatakan negatif, baik melalui tes Antigen maupun PCR. Tak perlu khawatir, sebab kondisi ini terbilang wajar dialami. Biasanya, pasien hanya memerlukan rawat jalan saja, namun tetap perhatikan berbagai gejala yang dirasakan, karena bukan tak mungkin gejala tersebut dapat memburuk.

 

Kriteria Long Covid Menurut WHO

Credit Image - cnnindonesia.com

Dalam dokumen yang diterbitkan, WHO mendefinisikan long Covid dengan post Covid-19 – atau mudahnya, dapat disebut sebagai kondisi pasca infeksi virus corona penyebab Covid-19. Mengenai kondisi tersebut, ada sejumlah kriteria yang membuat pasien dinyatakan mengalami long Covid.

Kriterianya meliputi terjadi pada individu dengan riwayat kemungkinan – atau konfirmasi infeksi Covid-19, biasanya 3 bulan sejak awal infeksi, dan mengalami gejala yang berlangsung setidaknya selama 2 bulan, serta tidak bisa dijelaskan dengan diagnosis alternatif.

Gejala long Covid dapat meliputi kelelahan, disfungsi kognitif, dan beberapa kondisi lainnya yang dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Sejumlah gejala tersebut dapat muncul setelah pulih, atau kelanjutan dari penyakit awal. Selain itu, gejala pun bisa berubah atau kambuh seiring berjalannya waktu.

Lalu, di dalam dokumen tersebut juga menyatakan definisi long Covid yang terpisah juga diperlukan anak-anak, mengingat kondisi ini pun bisa terjadi pada pasien anak. Gejala berkepanjangan yang kerap dialami anak dapat berupa kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, gangguan tidur, gangguan sensori, gangguan konsentrasi, dan napas yang lebih pendek.

Meski demikian, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab dan faktor risiko terjadinya long Covid.

 

Untuk Menghindarinya, Lakukan Langkah Pencegahan Ya!

Credit Image - discovermagazine.com

Memang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu, pastikan tetap melakukan langkah pencegahan, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti Enervon Active dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra, serta mampu memberikan sensasi rasa segar sepanjang hari. 

Bagi yang memiliki lambung sensitifi, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat bantu menjaga imun tubuh, sekaligus mengoptimalkan stamina agar tak mudah lelah.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah merasa lemas, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kriteria long Covid yang diinformasikan oleh WHO. Untuk menghindari segala risiko berbahaya akibat Covid-19, pastikan tetap melakukan langkah pencegahan, sehingga infeksi virus dapat diminimalisir!

 

 

Featured Image – vita4you.gr

Source – cnnindonesia.com