Memasuki musim hujan, ada berbagai macam penyakit yang lebih mudah menyerang, salah satunya pilek. Tak bisa dipungkiri, ini merupakan penyakit yang hampir semua orang mungkin pernah mengalaminya. Saking umumnya, tidak sedikit individu yang menanggap enteng pilek, padahal kalau didiamkan begitu saja, hal ini bisa menyebabkan kondisi berbahaya, lho.

Pilek yang tidak ditangani secara tepat dapat berkembang menjadi penyakit yang cukup serius bagi sebagian orang. Untuk itu, pastikan kamu sudah melakukan cara mengatasi pilek yang baik, ya. Tak memerlukan langkah yang repot, namun ada sejumlah tips mudah yang dapat dilakukan di rumah.

Lantas, apa saja cara mengatasi pilek yang dimaksud tersebut? Berikut ini 7 di antaranya. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

#1 – Perbanyak Konsumsi Air Putih

Credit Image - alodokter.com

Cara mengatasi pilek termudah – dan pastinya sederhana, yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Diketahui, pilek dapat membuat penderitanya mengalami dehidrasi, apalagi kalau disertai dengan kondisi lainnya, seperti muntah atau diare.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapatkan cairan yang cukup, ya. Pilihan terbaiknya memang kamu dianjurkan mengonsumsi air putih saja, namun sebagai alternatif, kamu juga dapat meminum jus buah – atau minuman elektrolit, kok.

Sementara sedang sakit, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman berkafein, karena sifatnya yang diuretik. Dan, jika merasa mual, cobalah meminum sedikit demi sedikit cairan – hindari langsung meminumnya dalam jumlah yang banyak.

 

#2 – Konsumsi Makanan Hangat, Seperti Sup Ayam

Selama beberapa generasi, menyajikan sup ayam sebagai makanan hangat ketika pilek mungkin terdengar seperti tradisi. Apakah kamu setuju? Ya, ini juga termasuk salah satu cara mengatasi pilek yang sudah sering dilakukan.

Pasalnya, sup ayam disebut dapat menyembuhkan pilek. Hal ini mungkin saja, lho. Dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu mengatasi gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti flu dan pilek.

Mengonsumsi sup ayam dianggap menjadi salah satu cara mengatasi pilek, karena memiliki sifat anti-inflamasi, punya aroma maupun uap yang bermanfaat untuk membersihkan sinus, sekaligus meredakan gejala infeksi pada orang yang mengalami gangguan pernapasan, dan sup ayam pun juga kaya akan nutrisi.

 

#3 – Istirahat yang Cukup

Credit Image - kompas.com

Dalam kehidupan sehari-hari, mendengarkan tubuhmu merupakan hal yang penting. Misalnya, jika tubuh “meminta” untuk tidak berolahraga, maka hindari melakukan aktivitas fisik. Atau, kalau tubuhmu “mendesak” agar lebih banyak beristirahat, nah cobalah ikuti hal tersebut.

Intinya, hindari memaksakan diri dengan pekerjaan sehari-hari, apalagi ketika kamu sedang pilek – hingga flu yang parah. Istirahat adalah cara lain untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi, lho.

Jadi, tetap penuhi waktu istirahat dengan tepat, lalu hindari pula begadang, ya. Memiliki siklus tidur yang baik dapat membantu sistem kekebalan bekerja lebih optimal – dan dapat dijadikan sebagai cara mengatasi pilek yang efektif juga.

 

#4 – Mandi Air Hangat

Untukmu yang sedang pilek, cobalah mandi air hangat agar penyakit yang satu ini cepat mereda. Menghirup udara lembap dapat membantu meredakan hidung tersumbat, serta sakit tenggorokan yang kerap menyertai ketika sakit pilek.

Cara mengatasi pilek ini juga dianggap sebagai salah satu strategi baik untuk memanjakan diri. Nah, kamu cukup mandi air hangat beberapa kali dalam sehari – atau, dengan hanya menyalakan shower, kemudian duduk di kamar mandi selama beberapa mendit sembari menghirup uapnya.

Alternatif lainnnya, kamu dapat menggunakan alat penguap uap – atau disebut sebagai vaporizer, serta pelembap udara, ya.

 

#5 – Hirup Uap Panas

Credit Image - lifestyle.bisnis.com

Apakah kamu butuh cara mengatasi pilek yang instan? Kalau begitu, tips yang satu ini mungkin cocok untukmu, apalagi kalau hidung sedang tersumbat. Menghirup uap panas dapat meredakan rasa mampet di hidung, sehingga bisa terasa lebih nyaman.

Caranya cukup didihkan sepanci air, kemudian angkat dari api. Lalu, tutup kepala dengan handuk kecil agar uap menyebar dengan baik di sekitar hidungmu – dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 30 detik.

Namun, ketika melakukan cara mengatasi pilek yang satu ini, pastikan kamu tidak menghirup uap yang terlalu panas, ya. Sebab, uap yang terlalu panas dapat membuat lapisan rongga hidung terasa terbakar, lho.

 

#6 – Tidur Dengan Sandaran Lebih Tinggi

Credit Image - halodoc.com

Ketika pilek, hidung tersumbat pun pasti akan dialami. Tentu saja, hal tersebut membuatmu tidak nyaman, bahkan menjadi susah tidur, ya? Untuk itu, cara mengatasi pilek juga berkaitan dengan menyesuaikan posisi tidurmu.

Agar kamu tetap dapat tidur dengan nyenyak, tambahkan bantal jika diperlukan, lalu buatlah posisi sandaran kepala menjadi lebih tinggi. Posisi tersebut dapat membantu melegakan saluran hidung yang tersumbat.

 

#7 – Konsumsi Vitamin C

Mengatasi gejala pilek dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin C, lho. Diketahui, asupan vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan, sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi virus, bakteri, maupun kuman.

Untuk memperoleh asupan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, jambu biji, buah berries, mangga, dan juga nanas. Atau, vitamin C pun bisa diperoleh dari sayuran, seperti brokoli, kale, paprika, dan juga bayam, lho.

Selain itu, mengatasi gejala flu juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi asupan suplemen vitamin C, lho. Nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active, ya. Kedua multivitamin tersebut dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Gimana, nih? Sejumlah cara mengatasi pilek di atas memang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, ya? Jadi, kalau kamu sedang mengalami kondisi pilek, yuk segera coba sejumlah tips di atas agar cepat pulih!

 

 

Featured Image – elitecarehouston.com