Ada berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan yang kamu miliki, mulai dari mempelajarinya sendiri di rumah, atau mengikuti workshop – yang belakangan waktu terakhir kerap diperbincangkan, bahkan banyak pula individu yang mengikuti kegiatan tersebut.

Workshop sendiri dapat membantu kamu memperkenalkan ide baru, memberikan inspirasi agar dapat dieksplorasi, sampai menunjukkan praktik proses yang sebenarnya. Jadi, kegiatan tersebut memang cara yang baik untuk mengajarkan suatu keterampilan secara langsung, karena bisa memberimu kesempatan untuk mencoba hal yang baru, lho.

Lalu, apakah kamu tertarik mengikutinya? Nah sebelumnya, pastikan kamu mengetahui apa itu workshop, beserta manfaat yang bisa diperoleh. Biar tak lagi penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Workshop?

Credit Image - eventkampus.com

Kalau kamu masih bingung, sebenarnya apa itu workshop? Dan mengapa kegiatan tersebut kerap digandrungi banyak orang. Kalau begitu, kamu perlu mengetahui definisi lengkapnya terlebih dahulu, nih.

Menurut Oxford Dictionary, workshop adalah pertemuan di mana sekelompok orang terlibat dalam diskusi dan aktivitas intensif tentang subjek atau proyek tertentu. Atau workshop juga bisa disebut sebagai adalah periode diskusi atau kerja praktik tentang topik tertentu di mana sekelompok orang berbagi pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki.

Sebenarnya, kegiatan ini hampir mirip dengan seminar, namun workshop memiliki lingkup yang lebih kecil. Workshop biasanya dapat menjadi elemen dari struktur konferensi dan cenderung interaktif, mendidik, dan terdapat percakapan di dalamnya.

Selain itu, workshop pun bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada sekelompok orang untuk mendalami suatu ilmu atau pelajaran tertentu. Di dalam sebuah workshop, biasanya juga terdapat diskusi sehingga menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk bertukar pikiran dan mempelajari pendapat orang lain.

 

Apa Saja Manfaatnya?

Credit Image - casaindonesia.com

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai apa itu workshop, kini saatnya kamu mengetahui manfaat dari mengikuti kegiatan yang satu ini, ya. Beberapa pengalaman berharga dapat kamu miliki ketika menghadiri workshop, lho.

Selain mempelajari hal-hal baru, dengan menghadiri workshop, kamu juga bisa membangun hubungan baru dengan orang lain, menjalin hubungan dengan orang-orang yang berpikiran sama, dan bahkan mengenal klien dan vendor secara lebih personal.

Manfaat lainnya dari workshop, yaitu kamu bisa memperoleh perspektif baru yang unik dan belum pernah sama sekali terbayangkan di pikiran kamu sebelumnya. Untuk terus bertumbuh, kamu perlu terbuka terhadap ide-ide baru, cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan cara berpikir yang baru. 

Dan, kegiatan ini juga dapat memberikanmu kesempatan diri untuk mempelajari sesuatu yang baru dari orang-orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik. Menghadiri workshop ini bisa membantu kamu agar terus terdepan dalam lingkungan yang kompetitif. 

Dengan banyaknya jenjang karir yang lebih cemerlang.

 

Jenis Workshop dan Kelebihannya

Credit Image - glints.com

Workshop sendiri bermacam-macam jenisnya, sehingga untuk lebih mempermudah memahaminya, jenis workshop dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Workshop berdasarkan waktunya

Jenis yang satu ini terbagi menjadi dua, yaitu beruntun dan berkala. Beruntun yaitu dilakukan secara berturut-turut, sedangkan berkala dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bisa jadi mingguan atau bulanan.
 

2. Workshop berdasarkan sifatnya

Workshop berdasarkan sifatnya juga terbagi menjadi dua, yaitu mengikat dan tidak mengikat. Mengikat yaitu biasanya diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan hasil dari workshop bersifat mengikat peserta yang mengikuti, sedangkan tidak mengikat adalah sebaliknya, apapun hasil dari workshop tidak wajib untuk diikuti.
 

3. Workshop berdasarkan lembaga – atau Organisasi

Workshop berdasarkan lembaga atau organisasi ini merupakan workshop yang bergantung kepada penyelenggaranya. Biasanya pembahasan di dalam workshop ini juga terbatas dalam ruang lingkup tertentu dan membahas seputar permasalahan yang muncul dan bagaimana cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.  

Dari ketiga jenis workshop tersebut ada beragam kelebihan yang dapat membantu jenjang karirmu, lho. Seperti, melatih agar peserta mampu bekerjasama dengan orang lain, berpikir terbuka – atau melatih berpikir secara ilmiah, dan juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Selain itu, mengikuti kegiatan ini juga akan memberikanmu petunjuk praktis dalam mengerjakan sesuatu hal. Sekaligus memberikan keterangan – atau informasi yang bersifat teoritis dan mendalam terkait beberapa permasalahan tertentu.

Namun yang pasti, agar kegiatan workshop yang kamu ikuti dapat berjalan dengan lancar, tetap jaga selalu energi tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, ya. Tentu saja, hal ini akan meningkatkan produktivitasmu juga, lho.

Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Wah, itulah ulasan mengenai apa itu workshop beserta manfaat dan juga kelebihannya. Jadi, apakah kamu tertarik mengikuti kegiatan bermanfaat yang satu ini?

 

 

Featured Image – collaboard.app