gaya hidup yang sehat, termasuk rutin berolahraga – dan juga memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Perlu diketahui, asupan penuh gizi tentu bisa membantu tubuh menjadi lebih kuat, tak mudah terserang penyakit, dan mampu memperpanjang usia kamu, lho. Tapi, jenis makanan apa saja yang termasuk asupan sehat? Kalau begitu, kamu perlu mengetahui sejumlah ciri-ciri makanan sehat, nih.

Dengan mengetahui ciri-ciri makanan sehat, diharapkan kamu lebih menjaga makanan yang dikonsumsi, ya. Biar tak lagi penasaran, berikut ini 5 ciri-ciri makanan sehat yang perlu diketahui.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Makanan Tinggi Serat

Credit Image - klikdokter.com

Ciri-ciri makanan sehat yang pertama, yaitu memiliki kandungan tinggi serat. Diketahui, serat baik untuk menjaga kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Selain itu, serat juga memiliki manfaat lainnya, termasuk membantu mencapai berat badan ideal, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah.

Lalu, dari mana saja kamu dapat memperoleh asupan serat? Tenang, nutrisi tersebut mudah ditemukan, kok. Mulai dari buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan pisang. Atau, beras merah, bayam, kangkung, kembang kol, gandum, kacang-kacangan, pasta, roti, dan wortel.

 

#2 – Sayuran Hijau

Ciri-ciri makanan sehat berikutnya adalah berkaitan dengan sayur, seperti bayam, bok choy, kale, brokoli, lobak, dan sawi hijau merupakan kelompok sayuran hijau yang paling tinggi akan gizi. Tentu saja, sejumlah makanan tersebut bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh kamu, ya.

Di dalam sayuran hijau terdapat kandungan beta karoten, folat, kalsium, klorofil, lutein, serat, vitamin C, dan zeaxanthin. Asupan yang memenuhi ciri-ciri makanan sehat tersebut juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meminimalisir peradangan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, dan melawan radikal bebas yang berbahaya.

 

#3 – Mengandung Omega-3

Credit Image - iputan6.com

Makanan sehat selanjutnya, yaitu masuk dalam kelompok ikan. Hewan yang satu ini memang dikenal baik untuk kesehatan otak. Di dalam ikan sendiri ada kandungan karotenoid yang berperan melindungi tubuh dari penyakit syaraf. Selain itu, ada pula kandungan Omega-3 dalam ikan seperti ikan tuna, salmon, dan sarden bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis, dan memiliki umur panjang. 

Omega-3 yang ada pada ikan berlemak dapat membantu mengurangi risiko peradangan penyebab penyakit, seperti alergi, alzheimer, kanker, dan penyakit jantung. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi ikan sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

 

#4 – Makanan Kaya Akan Antioksidan dan Lemak Baik

Ciri-ciri makanan sehat yang juga perlu diperhatikan, termasuk kaya akan antioksidan dan juga lemak baik. Buah-buahan beri seperti anggur, blackcurrant, blueberry, cranberry, raspberry, dan stroberi menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Nutrisi buah berries diperkaya oleh antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari berbagai penyakit.

Selain itu, tomat juga bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan osteoporosis karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan vitamin C.

Lalu, alpukat juga menjadi salah satu makanan sehat yang baik bagi jantung berkat kandungan lemak baik yang ada di dalamnya. Alpukat bisa menurunkan kolesterol jahat atau yang disebut Low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik – atau High-density lipoprotein (HDL) dalam tubuh sehingga bisa membuat tekanan darah normal dan organ jantung lebih sehat.

Nutrisi buah alpukat juga mengandung mineral, vitamin A, B, C, E, dan K, potasium, serta serat yang baik menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

 

#5 – Makanan Rendah Lemak Jahat

Credit Image - timesofindia.indiatimes.com

Makanan rendah akan lemak jenuh juga termasuk dalam ciri-ciri makanan sehat yang perlu kamu perhatikan, lho. Makanan berlemak jenuh seperti daging berlemak, keju, krim, kue, dan mentega bila dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Namun, kalau ingin mengonsumsi daging, sebaiknya konsumsi ikan dan daging putih. Sementara untuk keju, pilih keju rendah lemak yang lebih baik untuk dikonsumsi. Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan – seperti, kacang kedelai dan kacang kenari, serta biji-bijian, yakni biji labu, biji bunga matahari, dan wijen.

Wah, mengonsumsi sejumlah makanan yang memiliki ciri-ciri makanan sehat di atas memang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Untuk memaksimalkannya, kamu juga dianjurkan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima ciri-ciri makanan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Apakah menu makananmu sudah memenuhi kriteria di atas?

 

 

Featured Image – news-medical.net