Minuman manis dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari restoran, swalayan, atau bahkan di rumahmu sendiri. Itu sebabnya, masih banyak orang yang sulit untuk mengurangi minuman manis. Padahal mengonsumsi minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, diabetes, obesitas, bahkan penyakit jantung.

Meskipun terasa nikmat, minuman manis tidak dapat menghilangkan haus sebaik air putih yang lebih menyehatkan. Tubuh kamu justru akan mendapatkan kalori dan gula ekstra tanpa mendapatkan nutrisi bermanfaat.

Untuk menghindari terkena dampak buruk dari minuman manis, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi konsumsi minuman bergula tinggi.

1.  Biasakan minum air putih

Credit: Foxnews

Saat kamu menginginkan minuman manis, coba untuk menggantinya dengan putih. Membiasakan diri untuk minum air putih memang terasa sulit, tetapi kamu bisa memulainya dengan cara, seperti:

  • Menyediakan segelas air putih di meja kerja, sebelah tempat tidur, serta tempat lainnya yang diperlukan dan yang mudah dijangkau olehmu.
  • Membawa botol minum saat berpergian.
  • Menambahkan irisan buah bagi kamu yang tidak begitu menyukai minum air putih saja.

2. Mengurangi konsumsi minuman manis secara perlahan

Credit: Labmanager.com

Bagi kamu yang sudah terbiasa mengonsumsi minuman manis, cara menguranginya perlu dilakukan secara perlahan. Kamu bisa mengawali dengan mengurangi jumlah gula yang digunakan saat membuat minuman, misalnya dari 1 sendok makan menjadi 1 sendok teh.

Selain itu, batasi konsumsi minuman manis dalam kemasaan. Jika sebelumnya kamu mengonsumsi minuman manis setiap hari, cobalah untuk menguranginya menjadi tiga kali seminggu. Dan terus kerus kurangi hingga kamu semakin jarang mengonsumsinya.

3. Memilih minuman manis yang lebih sehat

Credit: Delish.com

Salah satu minuman manis yang banyak mengandung gula adalah soda, minuman berenergi, sari buah, teh dan jus kemasaan. Semua minuman ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati minuman manis. Kamu tetap bisa mengonsumsinya, tetapi ganti dengan jenis minuman yang lebih menyehatkan. Kamu bisa menggantinya dengan cokelat panas, smoothie buah dan sayur, jus buah dengan sedikit atau tanpa gula, serta susu kedelai.

4. Memperhatikan informasi nilai gizi dan komposisi minuman

Credit: Verywellfit.com

Cara ini cukup efektif bagi kamu yang ingin mengurangi konsumsi minuman manis dalam kemasaan. Caranya dengan mencermati kandungan gula yang terdapat dalam suatu produk minuman. Gula yang terdapat dalam minuman manis kemasaan bisa berupa sukrosa, glukosa, fuktosa, maltose, dekstrosa, sirup jagung, serta konsentrat sari buah.

Batas konsumsi gula dalam sehari adalah 50 gram. Jika satu minuman manis mengandung 27 gram gula, maka jumlah tersebut telah melebihi 50 persen kebutuhan gula harian.

Mengurangi konsumsi minuman manis bukanlah hal yang mustahil. Kuncinya adalah kamu harus disiplin pada diri sendiri, berkomitmen, dan sabar. Jadikan kesehatan tubuhmu di masa yang akan datang sebagai motivasi untuk memilih minuman yang lebih sehat.

 

Featured Image - Better Health Channel