Berbicara soal lingkar pinggang, hal ini bukan hanya sekedar masalah estetika saja, namun bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, penting sekali bagimu untuk mengurangi timbunan lemak, termasuk di perut.

Lemak perut – atau yang dikenal sebagai lemak visceral merupakan lemak yang terletak di bawah dinding perut, serta terletak di sekitar organ, seperti hati, perut, dan usus. Ini berbeda, bahkan lebih berbehaya dibandingkan jenis lemak yang bisa dicubit.

Menurut Hardvard Medical School, jumlah lemak perut tinggi kerap dikaitkan dengan beragam penyakit berbahaya, termasuk penyakit kardiovaskular, demensia, dan kanker. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi timbunan lemak tersebut?

Berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

1. Kurangi Asupan Gula

Credit Image - tasteofhome.com

Dikutip dari Eat This, Not That! salah satu penyumbang lemak perut yang paling besar, yaitu pola makan yang tinggi akan gula tambahan – termasuk minuman manis dan karbohidrat sederhana yang dengan cepat bisa berubah menjadi gula di dalam tubuh. Fruktosa – atau gula akan menyebabkan sel-sel lemak matang lebih cepat, khususnya lemak perut.

Konsumsi soda maupun minuman yang mengandung fruktosa tidak hanya akan meningkatkan asupan kalori, tetapi memengaruhi bagaimana lemak perut berkembang. Untuk itu, disarankan mengurangi minuman tinggi gula, termasuk jus yang diberi gula tambahan. Lalu, kurangi pula makanan olahan yang bisa membantu mengurangi lingkar pinggang.

 

2. Perbanyak Gerak

Mengatur pola makan sehat saja memang tidak cukup untuk mengurangi kadar lemak di dalam perut, namun kamu tetap harus rutin melakukan aktivitas fisik – atau rajin bergerak setiap harinya. Cara ini juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Olahraga efektif dalam menghilangkan lemak perut, khususnya yang diakibatkan karena mengurangi kadar insulin yang bersirkulasi. Sebab, hal tersebut akan memberi sinyal pada tubuh untuk menahan lemak – dan menyebabkan hati menggunakan asam lemak, terutama yang dekat dengan timbunan lemak visceral.

Untuk membakar lemak perut, aktivitas sedang yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan disebut cukup efektif.

 

3. Fokus Menurunkan Berat Badan

Credit Image - scitechdaily.com

Cara termudah untuk mengurangi lemak visceral adalah dengan menurunkan berat badan, jika diperlukan. Menurunkan berat badan saja sebenarnya dapat mengurangi lemak perut secara efektif. Hal ini juga disetujui oleh kata W. Scott Butsch, spesialis pengobatan obesitas di Cleveland Clinic.

Misalnya, dengan menurunkan 10 persen dari berat badanmu, maka kamu mungkin bisa menghilangkan 30 persen dari lemak tubuh. Namun, tetap pilih rencana penurunan berat badan yang cocok – dan berkelanjutan. Ingatlah, dalam memerangi lemak perut, ini tentang kemajuan yang stabil, bukan soal kesempurnaan semata.

 

4. Kelola Stres

Stres kronis menyebabkan otak memompa kortisol, hormon stres yang mempersiapkan tubuh untuk berperang. Antara lain, kortisol memberi tahu tubuh untuk menahan lemak di sekitar perut jika diperlukan.

Dengan mengurangi rasa stres, maka hal ini akan membantu usaha kamu dalam mengurangi lemak perut. Tetap imbangi hidup sehat dengan berolahraga secara teratur – dan praktikkan teknik relaksasi, seperti mindfulness yang juga dapat membantu mengurangi stres.

 

5. Cukupi Waktu Istirahat

Credit Image - klikdokter.com

Yang terakhir, kamu juga memerlukan tidur cukup untuk mengurangi tumpukan lemak di perut. Para peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang setiap malam memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak daripada orang yang cukup tidur.

Para ahli termasuk National Sleep Foundation mengatakan kamu harus mendapatkan tujuh hingga sembilan jam semalam. Cara ini tidak hanya dapat membantu dalam memerangi perut buncit, tapi tidur berkualitas baik yang konsisten juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan demensia.

Mengurangi lemak di perut memang baik untuk kesehatan tubuh, selain untuk maksimalkan kesehatan dengan rutin mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang bisa kamu peroleh dari multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Itulah kelima tips mengurangi lemak di dalam tubuh. Selamat mencoba!

 



Featured Image – jeda.id

Source – cnnindonesia.com