Enervoners, memiliki motivasi dalam hidup merupakan hal yang penting, lho. Pasalnya, poin tersebut dapat membantumu tetap semangat dalam menjalani aktivitas harian, terutama yang berkaitan dengan urusan pekerjaan. Nah, biar motivasi diri makin bertambah, informasi di bawah ini jangan sampai dilewatkan, ya!

Sejatinya, motivasi diri adalah sesuatu hal yang akan terus menggerakkan seseorang dalam mencapai tujuan hidup. Coba bayangkan, bagaimana jadinya kalau seseorang tak punya motivasi? Tak perlu diragukan lagi, pasti hidupnya tidak memiliki kejelasan.

Membangun motivasi diri pun bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan, lho. Meskipun tak semudah membalikkan telapak tangan, namun setidaknya ada 4 teknik yang dapat kamu terapkan. Dan yang terpenting, pastikan kamu konsisten dalam menjalaninya.

Sudah penasaran, apa saja sih teknik membangun motivasi diri yang dimaksud? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Menanamkan Psikologi Motivasi

Credit Image - youth-time.eu

Saat ini, banyak sekali orang yang merasakan bahwa dirinya kurang motivasi. Apakah kamu salah satunya? Yang perlu diketahui, menemukan kekuatan untuk membangun motivasi diri semuanya berawal dari kamu sendiri, lho.

Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan, yakni mengetahui dengan jelas hal yang kamu inginkan. Selanjutnya, pikirkan pula alasan tepat yang membuatmu ingin sukses – dan alasan tersebutlah yang bakal menjadi motivasi ketika segala sesuatunya tampak sulit, atau bahkan membuatmu hampir menyerah.

Selain itu, kamu juga perlu menilai emosi dan mengambil makna dari setiap keberhasilan dan kegagalan. Dengan memanfaatkan keadaan positif yang kaitkan dengan motivasi, maka kamu akan dapat memotivasi diri sendiri dengan lebih mudah dan lebih sering. Sebaliknya, kalau terlalu sering memikirkan hal negatif, ini akan membuatmu bergerak menjauhi kesuksesan.

Ya, intinya motivasi diri dapat berawal dari pikiran kamu sendiri.

 

#2 – Manajemen Waktu yang Baik

Membangun motivasi diri juga membutuhkan alat serta strategi yang tepat, lho. Hal ini berkaitan dengan manajemen waktu yang baik. Sudahkah kamu mengatur waktu dengan baik? Misalnya, kalau masih sering menunda-nunda pekerjaan, cobalah temukan cara untuk mengatasi kebiasaan tersebut. Selain itu, pelajari juga manajemen waktu yang lebih baik.

Ingat, waktu adalah sesuatu yang berharga. Untuk itu, maksimalkan waktu yang kamu miliki, sehingga motivasi diri pun kian meningkat. Tapi, gimana cara menerapkan manajemen waktu yang baik? Nah, kamu bisa membaca tipsnya di artikel Enervon ini, ya.

 

#3 – Membuat Rencana Besar

Credit Image - qubisa.com

Teknik selanjutnya dalam memiliki motivasi diri sendiri adalah membuat rencana besar. Ini merupakan langkah yang sederhana, kamu cukup menuliskan hal-hal yang diinginkan dalam hidup, identifikasi setiap tujuan, dan buat rangkaian langkah untuk mencapainya. 

Misalnya, dalam waktu 6 bulan kamu akan pergi ke luar negeri – dan merasa perlu meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Lalu, apa langkah nyata yang dapat dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut? Misalnya, kamu dapat bergabung dengan online. Atau, apapun itu langkahnya, pastikan kamu sudah membuat langkah yang nyata.

Agar semakin termotivasi, kamu bisa melihat kembali rencana yang sudah dituliskan tersebut. Hal ini akan membuat tetap semangat dikala tantangan datang – atau merasa kesulitan di tengah proses pencapaian tersebut. 

 

#4 – Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Teknik lainnya yang juga bisa kamu terapkan untuk meningkatkan motivasi diri, yaitu melihat kesuksesan dari orang lain. Namun, hal ini bukan berarti kamu boleh membanding-bandingkan, ya. Justru, kesuksesan tersebut dapat kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran – dan membuatmu semakin bersemangat.

Gunakanlah kesuksesan orang lain sebagai alat pemacu yang terus membuatmu termotivasi dan bergerak untuk mewujudkan impian. Selain itu, kamu juga bisa mengutip kalimat-kalimat dari orang sukses yang bisa dijadikan sebagai motivasi diri. Sebagai tambahan, tak ada salahnya memiliki mentor yang bisa memberi tuntunan – dan juga saran yang dapat membantu.

Kalau kamu sedang merasa kurang motivasi diri, maka cobalah menerapkan keempat teknik di atas, ya. Biar makin semangat, pastikan pula energi – dan stamina tubuh sudah terjaga dengan baik. Kalau sudah begini, pastinya motivasi diri makin meningkat, kan?

Menjaga energi tubuh bisa dilakukan dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral harian, lho. Untuk itu, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

 

Nah, itulah keempat teknik meningkatkan motivasi diri yang patut kamu terapkan. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – honestdocs.id