Di zaman sekarang, tak sedikit individu yang kerap menggunakan gadget untuk menunjang pekerjaannya. Memang, ada beragam urusan pekerjaan – maupun mengikuti meeting yang bisa dilakukan secara online.

Meski terbilang lebih mudah – dan praktis, namun sayangnya terlalu lama menatap layar gadget untuk bekerja dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan mata, lho. Dikutip dari American Academy of Ophthalmology, menghabiskan waktu lama, bahkan sampai seharian di depan gadget dapat membuat penglihatan sedikit buram, mata lelah, dan kering – kondisi ini juga disebut sebagai digital related eye strain atau ketegangan mata akibat paparan alat elektronik.

Tentunya, walau ada dampak yang bisa ditimbulkan, namun penggunaan gadget tidak bisa dihentikan begitu saja. Untuk itu, guna mengurangi risiko buruk, berikut ini 5 tips untuk menjaga kesehatan mata ketika harus menatap layar gadget dalam waktu lama.

 

 

1. Rajin Berkedip

Credit Image - cnnindonesia.com

Dilansir American Academy of Ophthalmology, manusia normalnya berkedip sebanyak 15 kali dalam 1 menit. Namun, studi mengatakan bahwa kita hanya berkedip 5-7 kali tiap menit ketika mengerjakan sesuatu di depan media elektronik. Berkedip sangatlah penting untuk melindungi permukaan mata agar tetap lembab.

Oleh karena itu, di saat mengetik di depan komputer atau gadget lainnya, ingatlah untuk mengedipkan mata sesering mungkin. Hal ini akan mencegah matamu dari kondisi mata kering. Jika mata terasa kering, kamu juga bisa meneteskan air mata palsu supaya terasa lebih segar.

 

2. Lakukan Metode 20-20-20

Selanjutnya, agar mata tetap sehat ada baiknya kamu beristirahat sejenak dari gadget, misalnya dengan menerapkan aturan 20-20-20. Ini berarti melihat benda sejauh 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Dan, lakukan hal ini tiap 20 menit.

Dilansir Healthline, kamu tidak perlu mengukur secara detil objek berjarak 20 kaki di depanmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengalihkan penglihatan dari gadget untuk melihat benda yang jauh di depanmu.

Mengistirahatkan mata selama 20 detik juga disarankan, karena ini merupakan waktu yang cukup untuk merehatkan mata secara keseluruhan. Selagi beristirahat, kamu bisa minum air putih agar tubuh dan mata tetap terhidrasi.

 

3. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar Gadget

Credit Image - kumparan.com

Dilansir American Academy of Ophthalmology, jika sinar layar gadget yang kamu gunakan lebih terang dibandingkan lingkungan sekitar, matamu akan bekerja lebih berat. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur tingkat kecerahan gadget supaya sesuai dengan cahaya di lingkungan sekitar.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kontras layar gadget, seperti smartphone, laptop, maupun media elektronik lainnya untuk mencegah ketegangan mata. Jadi, meski harus menatap layar gadget dalam waktu lama, kesehatan mata pun tetap bisa terjaga dengan baik.

 

4. Menggunakan Kacamata Komputer

Dilansir All About Vision, jika kamu bekerja di depan komputer dalam waktu lama, penggunaan kacamata komputer bisa jadi bermanfaat untuk mencegah ketegangan mata. Ini merupakan kacamata yang didesain khusus untuk melihat layar komputer, handphone, dan tablet.

Tapi, perlu diketahui kacamata tersebut tidak boleh digunakan untuk menyetir – atau dipakai sehari-hari, lho. Kacamata komputer bekerja dengan cara menurunkan usaha mata untuk memfokuskan penglihatan selama melihat layar gadget. Hal ini dapat mencegah ketegangan mata. Kacamata ini cocok digunakan untuk semua usia dan sangat membantu jika kamu berusia 40 tahun ke atas.

 

5. Mengatur Posisi Duduk

Credit Image - carapedia.com

Tips terakhir yang juga perlu kamu terapkan agar kesehatan mata tetap terjaga selama menggunakan gadget dalam waktu yang lama, pastikan sudah mengatur posisi duduk – yang juga punya pengaruh besar.

Dilansir American Academy of Ophthalmology, jarak ideal antara kamu dengan  layar adalah 25 inci atau 60 cm. Aturlah posisi layar komputer yang bisa dilihat dengan menunduk. Jangan memposisikan layar komputer yang membuat kepalamu mendangak untuk melihatnya

 

Nah, bagaimana? Itulah kelima tips menjaga kesehatan mata ketika harus menggunakan gadget dalam waktu yang lama. Jadi, pastikan kamu sudah menerapkan sejumlah kiat di atas, ya!

 

 

Featured Image – jurnalmilenial.com

Source – idntimes.com