Kondisi mulut kering merupakan kondisi yang kerap kali dirasakan sebagian besar orang, terutama kalau sedang kurang minum – alias dehidrasi. Belum lagi, banyaknya aktivitas yang membuatmu harus berhadapan dengan cuaca kurang menentu seperti sekarang ini. Maka tak heran kalau tenggorokan ikut kering, bahkan terkadang terasa sakit.

Dikutip dari Medline Plus, kondisi ini terjadi ketika kelenjar ludah tidak menghasilkan produksi air liur yang cukup, sehingga mulut tidak terasa basah seperti biasanya.

Jadi, bisa disimpulkan kalau faktor utama yang membuat mulut kering, yaitu hal yang memengaruhi secara langsung pada area kelenjar ludahmu. Meski wajar, namun kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan, karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan lainnya.

Agar kamu dapat melakukan tindakan yang tepat, berikut ini 6 penyebab utama dari mulut kering. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Dehidrasi

Credit Image - halodoc.com

Penyebab utama mulut kering yang kerap dialami, yaitu kekurangan cairan tubuh. Ketika tubuh kehilangan banyak cairan serta kurangnya cairan yang masuk, akan terjadi kondisi yang disebut sebagai dehidrasi. Ketidakseimbangan ini dapat mengganggu fungsi di dalam tubuh.

Salah satunya adalah menjadi penyebab mulut jadi terasa kering. Nah, saat kamu mengalami rasa haus yang luar biasa serta pusing maka hal itu sudah menjadi tanda untuk menambah asupan air pada tubuh, ya.

Tidak hanya karena kurang asupan air, penyebab mulut kering yang satu ini juga bisa terjadi ketika sedang mengalami penyakit lainnya, seperti demam, keringat berlebihan, diare, kehilangan darah, serta muntah-muntah.

 

#2 – Faktor Usia

Seiring bertambah usia, mungkin kamu seringkali menemukan kondisi mulut sering. Namun, hal ini bukanlah bagian yang normal dari penuaan, lho. Jadi, kenapa faktor usia bisa menjadi penyebab kondisi tersebut?

Hal ini karena adanya penggunaan obat-obat tertentu. Ditambah dengan perubahan kemampuan tubuh untuk memproses obat serta nutrisi seiring bertambahnya usia maka risiko mulut kering bisa terjadi. Maka tak heran kalau orang lanjut usia seperti kakek, nenek, atau bahkan dirimu sendiri sendiri sering mengalami mulut kering.

 

#3 – Gaya Hidup Tak Sehat

Credit Image - kemenkopmk.go.id

Mulut kering juga bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, serta sering mengonsumsi minuman beralkohol. Keduanya merupakan dua penyebab mulut kering yang paling umum, lho. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat menurunkan produksi air liur dan memperparah gejala mulut kering.

Misalnya, efek dari alkohol yang memiliki sifat diuretik, sehingga membuat tubuh mengeluarkan cairan dari kandung kemih lebih cepat dari biasanya. Dan, apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dibarengi dengan asupan air mineral maka akan terjadi mulut kering, sakit kepala, serta pusing.

 

#4 – Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Kalau kamu sedang sering mengalami mulut kering, coba perhatikan kembali adakah jenis obat-obatan tertentu yang tengah dikonsumsi. Jika ada, perhatikan kembali, ya. pasalnya, beberapa jenis obat, khususnya obat bebas tanpa resep terkadang memiliki efek samping, sehingga bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Misalnya, mengonsumsi antibiotik, antidepresan, antihistamin, obat diare, hingga obat antihipertensi dapat menyebabkan mulut kering. Sejumlah jenis obat tersebut umumnya bisa mengakibatkan produksi air liur di dalam mulut menjadi berkurang.

 

#5 – Kerusakan Saraf

Credit Image - hellosehat.com

Cedera atau operasi di bagian kepala dan leher bisa menyebabkan efek samping berupa mulut kering. Pasalnya, saraf yang ada di kepala dan leher berperan penting untuk mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah agar mampu menghasilkan air liur.

Kalau saraf-saraf di dalam tubuh rusak, maka tidak ada lagi saraf yang mengirmkan sinyal kepada kelenjar ludah. Akibatnya, jumlah air liur pun menurun, kemudian kondisi mulut kering akan kerap dialami.

 

#6 – Penyakit Tertentu

Jika kamu mengalami mulut kering secara terus-menerus, bahkan kondisinya tidak kunjung membaik, atau semakin parah. Cobalah segera periksakan keluhan tersebut ke dokter, ya. Jadi, tindakan yang tepat bisa segera diperoleh.

Sebab, mulut kering juga bisa diakibatkan oleh beberapa penyakit tertentu, mulai dari yang ringan hingga parah. Contohnya sariawan, gondongan, rematik, hipertensi, diabetes, stroke, penyakit Alzheimer, hingga penyakit autoimun seperti sindrom Sjogren atau HIV/AIDS.

Agar kondisi kesehatan semakin terjaga, pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari multivitamin Enervon-C.

 Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Gimana, nih? Sekarang sudah tahu ya beragam penyebab mulut kering yang paling sering dialami. Kalau kamu sedang merasakan keluhan di atas, yuk segera diatasi!

 

 

Featured Image – honestdocs.id