Olahraga lompat tali atau skipping memang termasuk jenis aktivitas fisik sederhana yang dianggap mampu membantu menjaga kesehatan tubuh, sekaligus menurunkan berat badan. Dengan segudang manfaat yang diberikan dari olahraga ini, tak heran banyak orang yang kerap menggandrunginya.

Dikutip dari WebMD, seorang ahli kardiovaskular dari University of Connecticut Health Center, Peter Schulman menyebutkan bahwa skipping dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung – dan juga menguatkan tubuh bagian atas. Selain itu, olahraga ini pun mampu membakar kalori yang cukup banyak, lho.

Berbicara soal manfaat dari olahraga lompat tali, setidaknya ada 5 dampak baik yang bisa kamu peroleh kalau dilakukan secara rutin. Apa saja?

Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Manfaat Skipping Untuk Diet

Credit Image - klikdokter.com

Memang, olahraga lompat tali disebut efektif membantu menurunkan berat badan, meski demikian kamu tetap perlu memerhatikan konsep defisit kalori, ya. Sebuah kajian medis menyebutkan bahwa defisit kalori berarti membakar kalori lebih banyak, dibandingkan dengan kalori yang dikonsumsi sepanjang hari.

Sederhananya, kamu dianjurkan memerhatikan asupan harian dengan kalori yang dibakar ketika berolahraga. Misalnya, untuk menurunkan 0,5 kg, maka kamu perlu membuat defisit kalori sebesar 500 sampai 1.000 kalori per hatinya.

Dilansir dari Healthline, jumlah kalori yang dibakar ketika melakukan skipping bergantung pada berat badanmu ketika memulainya. Kalori merupakan ukuran energi – dan berat badan adalah ukuran gravitasi. Jadi, semakin berat badan seseorang, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar ketika berolahraga.

Selain mampu membantu menurunkan berat badan, skipping juga dapat membantu menghilangkan lemak di bagian perut, lho. Namun, pastikan kamu sudah melompat dengan tepat, lalu lakukan pula berbagai variasi lompatan. Skipping dapat membantu membakar lemak di bagian samping, bawah, tengah, dan atas perut.

 

Menjaga Kesehatan Jantung – Serta Mempertahankan Keseimbangan Tubuh

Manfaat dari lompat tali berikutnya, yakni menjaga kesehatan jantung. Ketika melakukan aktivitas fisik yang satu ini, maka detak jantung akan meningkat lebih tinggi dari kondisi normal. Latihan intensitas sedang sampai tinggi sudah terbukti dapat menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi risiko stroke, lho.

Kemudian, olahraga skipping juga mampu mempertahankan keseimbangan tubuh. Dalam melakukannya, tentu kamu memerlukan koordinasi untuk keseimbangan tubuh, kan? Nah, dengan latihan lompat tali yang konsisten, hal ini akan meningkatkan keseimbangan, serta koordinasi anggota tubuh.

 

Meningkatkan Konsentrasi

Credit Image - ekrut.com

Dengan rutin melakukan olahraga skipping, maka daya konsentrasi pun ikut meningkat, lho. Ketika melakukan aktivitas fisik ini, tentunya diperlukan tingkat fokus, sekaligus koordinasi anggota tubuh yang tepat, ya.

Untuk itu, skipping memiliki kemampuan unik dalam mengembangkan otak kiri dan kanan yang mampu membantu meningkatkan daya ingat – sekaligus konsentrasi. Dengan adanya manfaat ini, apakah kamu makin tertarik melakukan olahraga lompat tali?

 

Mampu Menguatkan Tulang

Tak hanya sekedar untuk diet, maupun menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan daya ingat saja. Namun, masih ada manfaat baik lainnya dari olahraga lompat tali, yakni dapat meningkatkan kekuatan tulang tubuhmu, lho.

Sama seperti lari, skipping merupakan olahraga yang menjadikan kaki sebagai tumpuannya. Hal tersebut akan membantu tubuh meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mengurangi potensi masalah penyakit tulang, seperti osteoporosis di kemudian hari.

 

Dapat Meningkatkan Stamina Tubuh

Credit Image - ruparupa.com

Yang terakhir, rutin melakukan olahraga lompat tali juga dapat meningkatkan stamina, sekaligus energi tubuhmu, lho. Dengan dampak tersebut, maka tubuh pun bisa lebih terhindar dari rasa lelah – dan aktivitas harian bisa dilakukan secara maksimal.

Pada dasarnya, gerakan lompat tali dapat menguatkan berbagai otot dalam tubuh. Nantinya, tubuh memang akan merasakan lelah di awal-awal kamu melakukan skipping, tetapi dengan latihan yang konsisten, maka olahraga tersebut pun akan meningkatkan stamina, sekaligus menghilangkan rasa gampang lelah.

Meski skipping bisa menjaga stamina tubuh, namun pastikan pula kamu tetap mengonsumsi vitamin dan mineral, sehingga beragam aktivitas harian pun bisa dilakukan dengan maksimal. Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, itulah kelima manfaat dari rutin melakukan olahraga skipping. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – lifehacker.com.au

Source – cnnindonesia.com