7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Medical Check Up, Yuk Dilakukan!

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Medical Check Up, Yuk Dilakukan!

Memeriksa kesehatan secara berkala – atau rutin melakukan medical check up merupakan salah satu hal yang penting. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang menyepelekan kebiasaan baik tersebut, lho. Dengan rajin memeriksa kesehatan, maka risiko penyakit berbahaya pun bisa dihindari.

Tak hanya itu, terkadang medical check up pun dilakukan sebagai salah satu persiapan yang mesti kamu lewati sebelum masuk kerja. Bagi beberapa perusahaan, pemeriksaan kesehatan termasuk bagian dari seleksi karyawan.

Umumnya, medical check up meliputi pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan fisik, hingga laboratorium. Terkadang, kegiatan tersebut juga berkaitan dengan memeriksa tubuh dengan rontgen – serta tes buta warna.

Nah, agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar, setidaknya ada 7 tips yang perlu kamu terapkan sebelumnya. Apa saja?

Simak informasinya di bawah ini!

 

 

#1 – Tidur yang Cukup

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Medical Check Up, Yuk Dilakukan!

Credit Image - republika.co.id

Salah satu aspek yang diperiksa dalam medical check up adalah tekanan darah. Untuk menjaga tekanan darahmu tetap normal saat proses pemeriksaan, maka cobalah untuk rileks dan tidur yang cukup pada malam sebelumnya.

Tidur yang cukup akan membantu sistem sarafmu untuk rileks dan menurunkan level hormon stres, sehingga tekanan darah pun berada di batas normal. Pastikan kualitas tidur sudah baik, lalu hindari juga melakukan aktivitas yang terlalu berat di malam hari.

 

#2 – Minum Air Putih

Selain memiliki waktu tidur berkualitas, sebelum melakukan medical check up ada baiknya kamu juga sudah minum air putih yang cukup. Pasalnya, pemeriksaan kesehatan tersebut biasanya juga meliputi tes darah – dan juga urine.

Untuk itu, minumlah air putih yang cukup sebelum melakukan medical check up. Asupan air yang cukup akan memudahkan dokter atau laboran untuk mengambil sampel darah dan urine. Selain itu, hal ini juga penting untuk kesehatan ginjal, lho.

 

#3 – Hindari Olahraga Berat

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Medical Check Up, Yuk Dilakukan!

Credit Image - ispo.com

Untukmu yang gemar melakukan olahraga intensitas berat, nah sebelum medical check up hindari dahulu kegiatan yang satu ini, ya. Menurut Medical Exam, olahraga terlalu berat – dan yang menyita banyak tenaga hanya akan meningkatkan tekanan darah, lho.

Jadi, tak heran kalau menghindari jenis olahraga tersebut sehari sebelum – dan pada pagi hari ketika akan medical check up perlu masuk dalam daftar persiapan. Sebagai alternatif, gantilah rutinitas olahraga dengan jenis yang lebih ringan, misalnya jalan di pagi hari, serta yoga yang tak membutuhkan banyak tenaga.

 

#4 – Kurangi Makanan Berminyak dan Asin

Garam dan lemak dapat mempengaruhi tingkat kolesterol dan tekanan darahmu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan tersebut setidaknya dalam tiga hari sebelum medicak check up.

Sebaiknya, kamu menghindari makanan jenis ini selama seminggu sebelumnya. Akan tetapi, batas minimumnya adalah 24 jam hingga tiga hari. Jika kamu terbiasa mengkonsumsi makanan ini, cobalah menggantinya dengan berbagai makanan yang lebih sehat. Dan, alangkah baiknya kamu bisa mempertahankan konsumsi makanan sehat ini, bahkan setelah melakukan pemeriksaan kesehatan.

 

#5 – Disarankan Untuk Berpuasa Dahulu

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Medical Check Up, Yuk Dilakukan!

Credit Image - cnnindonesia.com

Jika salah satu aspek medical check up yang kamu lakukan adalah tes kadar gula darah, maka disarankan untuk berpuasa minimal 12 jam sebelum melakukan tes. Namun, mengapa persiapan ini sebaiknya dilakukan sebelum pemeriksaan kesehatan?

Tujuannya, yakni untuk menghindari kemungkinan kadar gula darah yang meningkat akibat makanan yang dikonsumsi sebelum melakukan medical check up. Jadi, berpuasa juga termasuk salah satu langkah persiapan yang wajib dilakukan.

 

#6 – Usahakan Lakukan Medical Check Up di Pagi Hari

Agar hasil pemeriksaan yang diperoleh bisa maksimal, kamu juga disarankan untuk memperhatikan waktu melakukannya. Medical check up sebaiknya dilakukan di pagi hari, sebelum kamu memulai aktivitas lainnya.

Hal tersebut akan memberimu waktu melakukan puasa di malam sebelumnya. Selain itu, biasanya di pagi hari kondisi fisik jauh lebih rileks – dibandingkan di siang hari. Biasa dikatakan, fisik berada dalam kondisi yang optimal di pagi hari.

 

#7 – Pastikan Semua Berkas Sudah Lengkap, Ya!

7 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Medical Check Up, Yuk Dilakukan!

Credit Image - tirto.id

Tentunya, sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, ada berbagai berkas yang wajib kamu persiapkan, mulai dari surat pengantar dari perusahaan, kartu asuransi, maupun berbagai dokumen penting lainnya.

Untuk itu, sebelum melakukan medical check up selalu pastikan berkas – maupun dokumen apa saja yang dibutuhkan, dan pastikan seluruh berkas tersebut sudah lengkap. Dalam hal ini, kamu bisa mengaturnya dengan klinik – atau rumah sakit tempatmu melakukan pemeriksaan.

Selain rutin melakukan medical check up, kamu juga disarankan agar menjalani gaya hidup sehat guna mempertahankan fungsi tubuh optimal – yang dapat dijadikan sebagai investasi di masa tua. Hal ini juga termasuk rutin memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Bagaimana, nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai persiapan sebelum medical check up. Untukmu yang akan segera melakukan kegiatan yang satu ini, pastikan sudah melakukan sejumlah hal di atas terlebih dahulu, ya!

 

 

Featured Image – lifepack.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!