Tak bisa dipungkiri, stres merupakan hal yang dapat dialami oleh siapa saja dengan penyebab yang berbeda-beda. Biasanya, perasaan stres akan timbul ketika kamu menghadapi sebuah tantangan – atau tuntutan yang berat.

Jika kamu sedang mengalaminya, penting mengetahui gejala stres yang biasanya dirasakan fisik dan mental, serta cara mengatasinya, lho. Dikutip dari ClevelandClinic, stres bisa dialami oleh setiap orang dengan penyebab yang berbeda, mulai dari hal kecil, sampai besar sekalipun.

Stres yang tidak dikelola dengan baik – atau dibiarkan begitu saja akan berujung pada masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasi dampak buruk dari stres berkepanjangan, berikut gejala yang patut kamu kenali, dan cara mengatasinya.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Gejala Stres yang Dirasakan Fisik dan Mental

Credit Image - fenesia.com

Secara alami tubuh manusia dirancang untuk mengalami dan bereaksi terhadap rasa stres. Reaksi tubuh terhadap stres mempengaruhi fisik, mental, dan perilaku. Gejala fisik dari stres di antaranya:

  • Rasa sakit dan nyeri
  • Detak jantung kencang hingga menimbulkan rasa nyeri pada dada
  • kesulitan tidur
  • Sakit kepala, pusing, dan badan gemetar
  • Tekanan darah tinggi
  • Otot mudah tegang
  • Masalah pada perut dan pencernaan
  • Sistem kekebalan tubuh melemah


Sementara gejala mental dan perilaku dari stres di antaranya:

  • Kecemasan
  • Mudah marah
  • Depresi
  • Panic attack
  • Kesedihan mendalam

Tanda-tanda stres di atas harus diatasi sedini mungkin agar tidak merambat menjadi masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan darah tinggi. Penanganan untuk cara menghilangkan stres pun harus tepat. Jika tidak, maka ada kemungkinan kamu terjebal dalam pola hidup yang tidak sehat, lho.

 

Cara Mengatasi Stres

Credit Image - kabarduniaterbaru.com

Stres yang tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan berlarut berdampak kurang baik bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik. Nah, untuk mengelola stres dengan baik, berikut ini 7 tips yang bisa diterapkan.

1. Mendengarkan musik

Memutar musik memiliki efek positif bagi otak dan tubuh. Musik dengan irama yang tenang mampu menekan kortisol, hormon yang menyebabkan stres. Kamu bisa memutar musik klasik dengan lantunan yang lembut.

Jika tidak menyukai musik klasik atau instrumen, bisa mendengarkan musik yang memutarkan suara suasana alam atau musik religi. Musik suasana alam maupun musik religi bagi beberapa orang dapat memberikan relaksasi yang sama dengan musik klasik.

 

2. Ceritakan masalah ke orang terdekat

Setiap orang biasanya memiliki satu atau beberapa sahabat yang sering diajak bertukar pikiran. Saat kamu merasa stres, sebisa mungkin ceritakan permasalahan ke orang terdekat yang Anda percaya. Bentuk komunikasi terbuka seperti ini salah satu gaya hidup sehat.

 

3. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Banyak orang saat stres melarikan diri mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat. Seperti makanan manis dan berkalori tinggi atau minuman beralkohol. Tindakan tersebut hanya dirasa efeknya sesaat namun tidak dapat mengurangi rasa stres untuk jangka panjang.

Dikutip dari WebMD, makanan sehat dapat mengurangi efek stres. Sebab tubuh membangun sistem kekebalan yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan tekanan darah. Saat stres, hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, ganti dengan makanan sehat seperti sayur dan buah.

 

4. Tertawa

Tertawa melepaskan endorphin yang berujung peningkatan suasana hati dan menurunkan kadar hormon penyebab stres kortisol dan adrenalin. Dengan tertawa kamu menipu sistem saraf yang memberikan rasa bahagia. Kamu bisa menonton film komedi atau sekedar melihat aksi komika di YouTube.


5. Tidur yang Cukup

Tidur dalam jangka waktu yang cukup salah satu cara menghilangkan stres. Pasalnya kurang tidur juga merupakan sebab seseorang mengalami stres serta membuat kesehatan tubuh – dan menyebabkan otak menurun.

Waktu tidur yang normal berkisar antara 7 hingga 8 jam. Jauhkan ponsel, redupkan lampu, dan matikan TV, berikan waktu bagi tubuhmu untuk bersantai sejenak. Biar tidur lebih nyenyak, cobalah nyalakan musik tenang – atau hidupkan aromaterapi yang menambah rasa relaksasi, serta membuat tidur menjadi lebih pulas.

 

6. Latihan Pernapasan

'Tarik napas-buang napas'. Cara melatih napas ini biasanya digunakan saat meditasi. Anda dapat melatih teknik pernapasan ini bahkan saat sedang duduk bekerja, lho.

Cara melakukannya juga mudah, kamu cukup duduk dengan posisi nyaman di kursi, pastikan kaki menyentuh lantai, lalu letakkan tangan di atas lutut. Ambil napas perlahan dari hidung, rasakan udara masuk dan mengembang pada paru-paru, lalu buang lewat mulut. Saat melakukan, bayangkan kamu membuang hal yang membuat stres.

 

7. Berolahraga

Dikutip dari Mayoclinic, disebutkan bahwa aktivitas fisik dapat menjadi salah satu cara menghilangkan stres. Dengan melakukan aktivitas fisik, hal ini juga dapat memompa hormon endorfin yang berdampak meningkatkan suasana hati.

Biar lebih maksimal, pastikan kamu memilih olahraga sesuai dengan kemampuan, ya. Selain itu, dengan rutin berolahraga – ini juga bisa membuat tidurmu semakin berkualitas. Dan akhirnya kesehatan tubuh secara keseluruhan tetap terjaga.

Bisa dikatakan bahwa stres dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidur yang cukup, dan berolahraga – kamu juga disarankan memperoleh asupan vitamin dan mineral, termasuk vitamin B kompleks yang berperan sebagai mood booster.

Asupan vitamin B kompleks bisa diperoleh dengan mengonsumsi suplemen Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai pembangkit suasana hati, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.



Wah, itulah deretan gejala stres, baik secara fisik dan mental, serta cara sederhana untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – today.duke.edu

Source – cnnindonesia.com