Travelling seringkali diidentikkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh orang- orang yang memiliki uang lebih. Padahal, travelling juga bisa dilakukan buat kamu yang masih muda, kuat berjalan jauh, maupun kamu yang suka melakukan kegiatan menarik lainnya selama travelling.

Jika kamu ragu travelling karena masalah budget, berikut ini rekomendasi destinasi travelling yang hemat budget.

1. Yogyakarta

Credit: The Jakarta Post

Kota ini merupakan salah satu kota yang paling sering dikunjungi. Karena, selain kamu bisa mendapatkan wisata sejarah, di Jogja kamu juga bisa berkunjung ke tempat- tempat wisata murah. Ditambah dengan harga makanannya yang cukup bersahabat.

Untuk berkeliling kota, kamu cukup menggunakan bus yang sudah terintegrasi dengan bandara dan stasiun. Bus ini juga bisa mampir ke objek wisata seperti Malioboro, Candi Prambanan, Museum Biologi, Tugu Yogya, dan masih banyak lagi.

2. Banyuwangi

Credit: Tribunnews

Kota Banyuwangi memiliki segudang objek wisata seperti Waduk Bajulmati, Gunung Raung, Gunung Ijen, Pantai Plengkung, dan lainnya. Harga tiketnya masih termasuk murah dan akses yang mudah dijangkau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner yang murah di kota ini.

3. Solo

Credit: Kumparan

Kota Solo memiliki banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, lho. Seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Museum Radya Pustaka, Kebun Binatang Taru Jurug, Tawangmangu, dan lainnya.

Solo juga sering mengadakan agenda festival yang berbeda setiap bulannya. Selain itu, Solo juga memiliki deretan angkringan murah yang menyediakan nasi kucing dengan harga Rp 2.000 saja. Dan kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Solo lainnya seperti tengkleng, Serabi Notosuman, dan gudeg ceker.

4. Malang

Credit: Radarmalang.id

Di Malang banyak objek wsata dengan tiket masuk murah yang wajib dikunjungi, seperti kampung warna- warni Jodipan, Museum Angkut, hingga Air Terjun Coban Rondo. Dan kamu juga bisa mencoba makanannya mulai dari bakso malang, wedang angsle, cwie mie malang, dan apel malang.

5. Kediri

Credit: Tribunnews

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi daerah Jawa Timur, kamu bisa jalan- jalan ke kota Kediri. Kota ini bakal membuat kamu betah liburan, karena kulinernya yang menggiurkan dengan harga yang bersahabat. Dan untuk pilihan wisatanya kamu bisa mengunjungi Kebun Bunga Matahari, Simpang Lima Gumul, Gunung Klotok, dan lain sebagainya.

6. Berau

Credit: Hipwee

Jika ingin menunjungi Kalimantan, kamu bisa singgah ke Kota Berau. Kota ini terletak di Kalimantan Timur dan memiliki banyak tempat wisata seperti salah satunya Kepulauan Derawan, yang paling terkenal. Pulau ini terkenal karena airnya yang jernih dan pasirnya yang putih.

Keindahan Pulau Derawan tidak hanya jadi incaran warga Indonesia saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Selain itu, kamu juga wajib mengunjungi Danau Labuan Cermin yang memiliki air danau sejernih kristal.

7. Lampung

Credit: Hipwee

Bagi kamu yang tinggal di Sumatera, ingin jalan- jalan tapi ke daerah yang dekat saja. Kamu bisa ke Lampung. Kota ini memiliki beragam tempat indah untuk dikunjungi, seperti Pesisir Kalianda, Pantai Gigi Hiu, Pantai Krui, dan Danau Ranau. Untuk mencapai daerah- daerah ini kamu bisa menggunakan mobil sewaan.

 

Featured Image - Pesona Travel