Memasuki akhir tahun, cuaca yang tidak menentu kerap kali terjadi, seperti dari yang semula panas terik, tiba-tiba hujan lebat pun terjadi. Tentu saja, hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh, kan? Di musim ini, tak sedikit pula orang yang terserang flu, apalagi kalau daya tahan tubuh tengah melemah.

Ketika flu menyerang, ada beragam cara yang bisa kamu lakukan guna meredakan gejala yang dirasakan. Tak hanya dengan banyak beristirahat, minum air putih, dan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur yang kaya vitamin C, namun kamu juga disarankan menghindari sejumlah asupan tertentu, lho.

Pasalnya, ada makanan yang justru bisa memperburuk kondisi ketika terkena flu – termasuk yang disertai dengan batuk. Lantas, apa saja jenis makanan yang baiknya dihindari? Berikut 5 di antaranya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

 

#1 – Makanan Pedas

Credit Image - thejakartapost.com

Jenis makanan yang satu ini sepertinya memang sulit dihindari, ya? Pasalnya, makanan pedas kerap menggugah selera, bahkan bisa meningkatkan nafsu makan, lho. Tapi, kalau kamu sedang flu dan batuk, ada baiknya hindari dahulu makanan ini.

Dikutip dari Eat Well, makanan pedas dapat mengiritasi jaringan tenggorokan, kemudian membuatnya sulit ditelan. Sebagai gantinya, direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang dingin dan mudah ditelan, seperti smoothie, maupun yogurt.

 

#2 – Kafein

Bagi kamu yang suka mengonsumsi kopi – maupun teh, ada baiknya hindari dahulu jenis asupan yang satu ini ketika sedang terserang flu. Karena, kafein yang terkandung di dalamnya memiliki sifat stimulan yang perlu dihindari.

Kafein dapat menimbulkan reaksi negatif dengan obat flu maupun pilek – atau vitamin yang kamu konsumsi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. minuman berkafein seringkali juga mengandung gula dalam jumlah tinggi. Saat flu, ada baiknya kamu juga menghindari konsumsi gula berlebihan.

 

#3 – Makanan Pemicu Peradangan

Credit Image - eatthis.com

Selanjutnya, jenis makanan yang bisa memicu peradangan pun wajib dihindari dahulu, lho. Makanan seperti karbohidrat – dan juga daging olahan akan membantu mengurangi peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan.

Bahkan, ketika kamu sedang dalam keadaan sehat, mengurangi makanan penyebab peradangan dan meningkatkan makanan yang bersifat anti-inflamasi sangat disarankan. Karena, hal ini bisa membuat tubuhmu berada dalam kondisi yang prima dalam menangkal penyakit.

 

#4 – Permen Bebas Gula

Meskipun tidak mengandung gula, kamu tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya ketika tengah terserang flu dan pilek. Dikutip dari The Healthy, permen – atau permen karet yang mengandung sorbitol dapat menyebabkan masalah perut. Pasalnya, kandungan tersebut tidak dapat dicerna, serta bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.

Selain itu, sorbitol yang tidak bisa dicerna dengan baik juga berisiko menyebabkan diare – dan akhirnya menyebabkan dehidrasi. Lalu, pemanis buatan akan memicu rasa sakit kepala. Tentu saja, hal tersebut justru memperburuk kondisi ketika sedang flu, kan?

 

#5 – Makanan Keras atau Renyah

Credit Image - yahoo.com

Makanan renyah dengan tekstur kasar dapat mengiritasi tenggorokan, bahkan memperparah batuk maupun sakit tenggorokan. Sayangnya, jenis makanan yang satu ini sulit sekali dihindari, apalagi karena teksturnya yang renyah tersebut.

Makanan seperti kerupuk, kacang-kacangan, bahkan sayuran mentah sekalipun ada baiknya dihindari dulu ketika sedang flu. Sebaliknya, tetap konsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut dan mudah untuk ditelan.

Yang tidak boleh dilupakan, menerapkan kebiasaan sehat lainnya ketika sedang flu juga disarankan sehingga sistem imun dapat meningkat – dan tubuh dapat melawan virus secara maksimal. Untuk memaksimalkannya, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin  Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Kedua multivitamin tersebut dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, gimana? Cukup jelas ya ulasan mengenai sejumlah makanan yang perlu kamu hindari ketika sedang flu, pilek, dan batuk. Kalau kamu tengah mengalaminya, pastikan hanya mengonsumsi makanan yang sehat dahulu, ya!

 

 

Featured Image – nytimes.com

Source – cnnindonesia.com