Enervoners, sudahkah kamu bersyukur hari ini? Meski terdengar sederhana, namun kegiatan yang satu ini punya segudang manfaat baik, lho. Apalagi, kalau kamu melakukannya secara konsisten, maka manfaat bersyukur pun bisa dirasakan bagi kesehatan tubuh, mulai dari fisik maupun mental.

Sederhananya, manfaat bersyukur bisa membuatmu kualitas tidur menjadi lebih baik. Selain itu, masih ada pula beragam manfaat bersyukur lainnya yang dapat diperoleh.

Dilansir dari Mind Body Green, berikut 5 manfaat bersyukur terhadap kesehatan fisik dan mental yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Menghilangkan Stres

Credit Image - halodoc.com

Mempraktikkan rasa syukur telah terbukti meningkatkan regulasi emosional, komponen kunci dalam mengelola stres, lho. Dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti menganalisis detak jantung peserta penelitian sebelum, selama, dan setelah mengalami rasa syukur serta mengalami kebencian.

Ketika seseorang fokus pada hal-hal yang mereka syukuri, detak jantung mereka menurun, sehingga ada perubahan yang terkait dengan ketenangan dan keadaan yang lebih sedatif. Sehingga, saat kamu bersyukur, maka pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang, alhasil bisa mengurangi beban fisik dan gejala mental stres.

 

#2 – Emosi Menjadi Lebih Positif

Manfaat bersyukur lainnya yang bisa kamu rasakan, yakni emosi menjadi lebih positif. Rasa syukur menyebabkan otak memproduksi peningkatan dopamin dan serotonin. Dopamin merupakan neurotransmiter yang terkait dengan perasaan senang dan perilaku agar lebih termotivasi.

Sementara itu, serotonin adalah neurotransmiter yang dipercaya membantu mengatur suasana hati dan perilaku sosial. Dalam arti lain, bersyukur itu mampu mengurangi rasa stres, sehingga kamu merasakan lebih banyak emosi positif.

 

#3 – Menguatkan Hubungan Sosial

Credit Image - reddoorz.com

Manfaat bersyukur juga akan membantumu mengingatkan diri bahwa kamu tidak sendirian, lho.  Sebab, masalah yang kamu alami dan rasa tidak aman yang dirasakan adalah hal yang valid dan bisa dibagikan dengan orang lain.

Dengan mengenali apa yang dialami itu, rupanya dapat memperkuat hubungan sosialmu. Bahkan, jurnal Social Psychology and Personality Science menemukan bahwa bersyukur dapat meningkatkan empati, sehingga mengurangi agresi seseorang.

Menurut penelitian tersebut, hal ini karena empati adalah kemampuan untuk peka dan memahami niat dan emosi orang lain. Ketika seseorang mampu berempati, maka ia akan cenderung tidak konfrontatif dan berperilaku secara prososial. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa salah satu manfaat bersyukur, yaitu mampu memperkuat hubungan sosial dengan lebih baik.

 

#4 – Fisik Menjadi Lebih Sehat

Seperti yang sudah disebutkan, manfaat bersyukur juga bisa dirasakan pada kesehatan fisik. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, seseorang yang lebih banyak bersyukur melaporkan kesehatan fisik yang lebih baik.

Dalam hal ini, para peneliti menemukan orang yang perasaan senang itu berpartisipasi dalam kegiatan yang lebih sehat. Studi lain dari National Institutes of Health (NIH) menganalisis aliran darah di berbagai wilayah otak pada peserta penelitian yang mengungkapkan perasaan syukur.

Para peneliti menemukan, individu yang menunjukkan lebih banyak rasa syukur memiliki tingkat aktivitas yang lebih tinggi di hipotalamus. Itu merupakan bagian otak yang mengontrol fungsi utama tubuh, seperti makan, minum, tidur, metabolisme, hingga respons stres. 

 

#5 – Kualitas Tidur Meningkat

Credit Image - klikdokter.com

Yang terakhir, manfaat bersyukur yang bisa dirasakan, yaitu membuat kualitas tidur menjadi lebih baik lagi.  Hal ini terbukti pada sebuah penelitian tahun 2011 dalam jurnal Applied Sciences: Health and Wellbeing yang meneliti para siswa yang sulit mendapatkan tidur berkualitas.

Kemudian, para siswa tersebut diminta untuk melakukan praktik bersyukur. Hasilnya siswa yang mengucap syukur sebelum tidur, cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Jadi, tak ada lagi alasan bagimu untuk tidak bersyukur, ya!

Bersyukur memang bisa menjaga kesehatan fisik maupun mental, nih. Namun, biar kesehatan semakin terjaga pastikan juga kamu sudah rutin memperoleh asupan vitamin harian. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima manfaat bersyukur yang bisa kamu peroleh. Yuk, mulai sekarang rajinlah bersyukur atas segala hal yang kamu peroleh dalam hidup, ya!

 

 

Featured Image – psikogenesis.com